Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara cara mencairkan tabungan emas pegadaian dengan mencairkan tabungan biasa. Anda bisa dengan mudah mencairkan tabungan emas anda melalui kantor-kantor Pegadaian terdekat. Hanya saja, karena perbedaan pada jenis tabungan yang dimiliki, anda jadi harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Seperti yang anda ketahui jika anda menjadi nasabah di tabungan emas Pegadaian, berarti anda sedang menitipkan uang anda untuk kemudian dikonversi ke dalam sejumlah emas senilai tabungan anda tersebut. Jadi pada dasarnya adalah anda membeli emas, dan Pegadaian hadir sebagai penyedia fasilitas penitipan emas yang anda beli dengan sejumlah uang tersebut. Sebagai tabungan, tentu mengetahui cara mencairkan tabungan emas Pegadaian juga perlu anda ketahui. Berikut adalah caranya.

Mencairkan Tabungan

tabungan emas

Sebagaimana penjelasan di atas bahwa dengan membuka rekening tabungan emas Pegadaian, berarti saldo tabungan anda bukanlah merupakan jumlah uang tunai, melainkan daftar jumlah berat emas yang anda miliki. Dengan demikian, ada dua cara yang bisa anda pilih untuk mencairkan tabungan anda. Apakah dengan cara mencetak emas yang anda miliki menjadi keping emas riil, atau dengan mengonversinya menjadi uang tunai. Berikut adalah masing-masing penjelasannya.

  1. Mencetak Emas

Layaknya model tabungan emas yang ditawarkan oleh PT. Aneka Tambang, Tbk, anda juga bisa mencetak emas yang anda miliki di tabungan emas Pegadaian menjadi emas batangan atau emas kepingan. Anda bisa mencetak emas anda di dalam tabungan dengan syarat anda memiliki saldo minimal 1 gram. Pegadaian menyediakan bermacam-macam pilihan cetak emas keping mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, hingga 100 gram.

Tentu saja biaya yang dikenakan atas cetak emas tersebut bermacam-macam. Semakin berat emas yang dicetak, semakin mahal pula biaya cetaknya. Sebagai gambaran, biaya cetak per 1 gram di PT. Anek Tambang, Tbk adalah Rp. 85.000. Sedangkan PT. UBS menawarkan biaya cetak lebih rendah yaitu sekitar Rp. 40.000. Pencetakan emas hanya terbatas di outlet-outlet Pegadaian yang membuka tabungan emas saja. sedangkan estimasi waktu cetak adalah sekitar 1 bulan.

  1. Dana Tunai

Bagi anda yang membutuhkan dana tunai, anda tidak perlu khawatir. Tabungan emas Pegadaian juga menyediakan alternatif lain yaitu dengan menawarkan fitur buyback. Fitur tersebut berarti Pegadaian akan membeli jumlah emas dalam tabungan anda dengan harga yang sudah ditentukan. Nantinya, anda akan menerima dana tunai atas pembelian tersebut. Anda perlu ingat bahwa tabungan anda saat ini sudah berbentuk emas.

Jadi kemungkinan harga jual akan berbeda dengan harga belinya. Pegadaian sendiri biasanya akan mematok harga lebih rendah daripada harga emas dunia. Sebagai contoh, jika anda akan menjual emas seberat 0,1 gram dengan harga rata-rata Rp. 56.100, maka Pegadaian akan membeli dengan harga Rp. 54.100. Hal tersebut tentu saja perlu anda perhatikan supaya investasi tidak merugi.

Sedangkan untuk proses berkasnya, anda hanya perlu menyiapkan buku tabungan, serta identitas diri yang masih berlaku. Silakan datangi outlet Pegadaian yang membuka rekening tabungan emas untuk mengisi formulir dan mendapatkan pengarahan dari petugas.

Setelah mengetahui cara mencairkan tabungan emas Pegadaian, anda mungkin bertanya-tanya, jadi apa kelebihan dan kekurangan menabung emas di Pegadaian?

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian

Berikut adalah daftar kelebihan dan kekurangan tabungan emas Pegadaian sebagai bahan pertimbangan anda sebelum mulai berinvestasi.

  1. Kelebihan
  • Modal Investasi Minim

Anda bisa mulai menabung di tabungan emas Pegadaian mulai dari Rp. 5.000, atau setara dengan 0,01 gram emas saja. Setiap uang yang masuk ke tabungan anda nantinya akan dikonversi secara otomatis ke dalam emas sesuai dengan harga yang berlaku.

  • Emas Bersertifikasi

Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keaslian emas yang anda beli. Semua emas yang di sediakan Pegadaian adalah emas bersertifikasi layaknya emas produksi Antam.

  • Pencairan Mudah

Investasi pada emas cenderung lebih mudah di lakukan di banding jenis investasi fisik lain seperti properti, tanah, dll. Hal tersebut sangat membantu jika anda memerlukan dana darurat.

  1. Kekurangan
  • Ketentuan Minimal Pencairan

Untuk bisa mencairkan emas anda, ada ketentuan khusus yang mengatur berat emas yang anda miliki. Yaitu anda harus memiliki saldo minimal 0,1 gram.

  • Kurs Jual Beli

Seperti penjelasan di atas bahwa Pegadaian akan menetapkan kurs jual beli saat dilakukan buyback atas emas yang anda miliki. Jadi harga emas anda jelas turun dari harga awal anda membelinya.

  • Belum Merata

Program tabungan emas Pegadaian saat ini hanya bisa ditemukan di beberapa outlet Pegadaian saja dan belum merata di seluruh Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai cara mencairkan tabungan emas Pegadaian yang bisa anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Загрузка...

Tags: bagaimana cara mencairkan tabungan emas pegadaian cara mencairkan tabungan emas pegadaian tips mencairkan tabungan emas pegadaian

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan