5 Alasan Pentingnya Investasi di Usia Muda

Pentingnya investasi di usia muda mungkin belum di sadari oleh sebagian dari anda. Padahal dengan berinvestasi sejak dini, manfaat investasi yang di dapatkan pun menjadi lebih banyak. Tanggung jawab yang dipikul pun lebih ringan karena belum memiliki tanggungan lain seperti anak juga istri. Kendala utama investasi di usia muda bisanya adalah besarnya jumlah biaya investasi.

Benar sekali, investasi selalu dikaitkan dengan biaya yang besar sehingga kalangan muda tidak bisa menjangkaunya. Padahal asumsi tersebut salah besar. Saat ini, investasi dengan platform tertentu bahkan sudah menyediakan harga yang sangat kecil hingga Rp. 100 ribu saja. Angka yang sangat kecil bagi anda yang muda dan sudah memiliki penghasilan tetap. Di bawah ini adalah beberapa alasan pentingnya investasi di usia muda untuk memperkuat niat anda.

Keuntungan Lebih besar

Investasi di Usia Muda

Keuntungan investasi yang dilakukan mulai dari umur 20 tahun dan 30 tahun tentu berbeda. Keuntungan yang dimaksud di sini bukanlah melulu soal uang. Jika anda berinvestasi di usia muda, anda memiliki kesempatan lebih banyak untuk mempelajari platform investasi mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Keuntungan waktu adalah keuntungan terbesar anda.

Jika anda gagal di satu instrumen investasi, maka anda masih memiliki banyak waktu untuk mempelajari kesalahan tersebut, atau beralih ke instrumen investasi lainnya. Sedangkan saat anda berhasil, maka anda memiliki banyak waktu mengembangkan investasi anda tersebut dan menjelajahi potensi-potensi investasi yang lain. Tentu saja untung anda akan berlipat ganda di masa depan dengan lamanya waktu yang anda miliki tersebut.

Mendisiplinkan Diri

Mendisiplinkan Diri

Mendisiplinkan Diri

Tidak dipungkiri jika masa muda adalah masa yang penuh dengan hiburan. Anda sendiri mungkin merasakan jika uang yang anda hasilkan hanya terbuang sia-sia sekedar untuk menyenangkan hati dan mendapatkan hiburan. Anda mungkin saat ini masih tertarik untuk mengikuti perkembangan fashion. Membeli sepatu atau tas terbaru supaya bisa terus mengikuti trennya. Namun hal berbeda akan anda rasakan saat memutuskan untuk berinvestasi.

Anda akan menjadi lebih disiplin karena tahu, uang-uang yang anda investasikan akan anda tuai di kemudian hari. Sebenarnya investasi adalah cara sederhana menghamburkan uang anda daripada menuruti keinginan hati semata. Saat anda memutuskan untuk menyisihkan setidaknya 20 persen dari gaji anda untuk investasi, maka rasa disiplin sudah mulai tumbuh dalam diri anda.

Jaminan Masa Depan

Pentingnya investasi di usia muda selanjutnya adalah sebagai jaminan masa depan. Di zaman yang serba cepat perkembangannya, anda tentu tidak tahu berapa banyak dana yang akan anda butuhkan di masa mendatang. Dengan investasi jangka panjang, maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan hadirnya masa tidak produktif. Anda memiliki sesuatu untuk dijadikan pegangan jika zaman menuntut perubahan mendadak.

Lalu apa perbedaan menabung dengan investasi? tentu saja sangat banyak perbedaannya. Meskipun investasi jelas memiliki risiko, namun bunga yang dihasilkan jauh lebih besar dan berkali lipat. Anda bisa memilih instrumen investasi mana yang cocok bagi karakter anda. Apakah jenis investasi riil seperti properti, tanah, dan sebagainya, atau investasi surat berharga seperti obligasi, reksadana, saham, dan lainnya. Semuanya memiliki jaminan masa depan sebagai investasi jangka panjang.

Mewujudkan Impian Jangka Panjang

 

Di usia muda, biasanya seseorang sudah memiliki mimpi-mimpi besarnya. Mulai dari menikah, memiliki rumah sendiri, sampai liburan ke tempat-tempat mengesankan. Dengan investasi semuanya bisa dengan mudah terwujud. Anda bisa memanfaatkan usia muda sebagai masa-masa yang paling produktif untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dan seperti yang sudah di paparkan sebelumnya, anda belum memiliki tanggungan seputar anak, istri, dan lain-lainnya.

Kebebasan Finansial

Alasan yang terakhir bisa jadi adalah alasan yang paling penting. Investasi di usia muda akan membuat anda menjadi pribadi yang bebas secara finansial. Kebebasan finansial adalah ketika seseorang tidak perlu lagi bekerja keras namun penghasilan pasif akan terus mengalir. Tentu saja orang dengan kebebasan finansial saat ini sangat sulit ditemukan.

Rata-rata orang saat ini pasti memiliki cicilan atau tanggungan finansial lain yang memaksanya bekerja keras untuk menutupinya. Orang-orang tersebut bekerja demi mencukupi kebutuhan hidup. Sedangkan anda yang berinvestasi di usia muda, anda bahkan bisa memilih gaya hidup yang anda inginkan hanya dari saving atau hasil investasi yang anda miliki. Bisa dikatakan jika investasi adalah cara paling cerdas untuk mengumpulkan kekayaan.

Akhirnya, menyadari pentingnya investasi di usia muda hanya bisa dijalankan oleh anda yang memiliki tujuan yang kuat. Meskipun terlihat sederhana, namun mendisiplinkan diri dengan pola pikir menyiapkan masa depan sangatlah sulit. Terlalu banyak hal yang bisa mengalihkan visi untuk berinvestasi di usia muda. Maka dari, jika anda benar-benar ingin berinvestasi di usia muda, anda harus menguatkan tekad anda terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Загрузка...

Tags: investasi di usia muda manfaat investasi di usia muda Pentingnya investasi di usia muda

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Alasan Pentingnya Investasi di Usia Muda"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan