Bingung Pilih bekerja atau berbisnis sendiri? Simak 6 Pertimbangannya Di Sini

Pilih bekerja atau berbisnis sendiri – Banyak orang terutama anak muda yang bingung ketika dihadapkan dengan dua pilihan yaitu bekerja atau berbisnis sendiri. Kedua pilihan tersebut memang sulit dan dibutuhkan waktu yang lama untuk menimbang-nimbang mana yang harus dipilih dan juga dilakukan. Bekerja dan berbisnis ini memiliki keunggulan masing-masing, sehingga tidak bisa disamakan. Memang setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda antara bekerja dan berbisnis ini, namun hasil dari survey yang dilakukan dengan sampel 100 orang hampir 55%nya memilih untuk bekerja di perusahaan lain, sedangkan sisanya memilih untuk berbisnis sendiri. Sedangkan ketika ditanya apakah memiliki pengalaman berbisnis 65% diantaranya mengaku memiliki pengalaman berbisnis dan pernah berbisnis.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa angka kesadaran dan berbisnis di kalangan masyarakat Indonesia masih rendah. Bahkan jumlah pebisnis di Indonesia masih rendah yaitu sekitar 2% saja dibandingkan dengan Singapura yang mana jumlahnya sekitar 7%, hal itulah yang membuat mengapa ekonomi di Indonesia tertinggal. Meski begitu bisnis ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, sehingga salah strategi bisa membuat harta yang dimiliki menjadi hilang bahkan bangkrut. Bagi Anda yang bingung, simak beberapa bahan yang patut dipertimbangkan berikut ini:

Apakah Anda Memiliki Hobi?

dian pelangi

Bahan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk pilih bekerja atau berbisnis sendiri pertama adalah apakah Anda memiliki hobi dan minat? Jika iya apa yang menjadi bakat dan minat Anda tersebut?.  Banyak pebisnis sukses yang mengawalinya dari hobi dan minat mereka ada pada hobinya tersebut. Jika Anda memiliki hobi maka bisa dijadikan sebagai ide bisnis. Lihatlah seberapa besar peluang yang bisa diciptakan dengan hobi Anda tersebut. Contoh pebisnis sukses yang berawal dari hobi adalah Dian Pelangi, Raditya Dika yang mana dari hobinya menulis bisa menjadi orang sukses seperti saat ini.

Pahami Karakteristik Anda

pahami karakter Anda

Yang bisa paham siapa diri Anda adalah diri Anda sendiri. Untuk bisa menentukan pilih bekerja atau berbisnis sendiri adalah diri Anda sendiri. Dari karakteristik tersebut bisa ditentukan Anda cocoknya jadi karyawan atau pebisnis. Kebanyakan orang yang suka kebebasan dan tidak suka diatur oleh orang lain cocoknya menjadi seorang pebisnis sukses.

Orang yang memiliki jiwa pemimpin bukan dipimpin juga cocok untuk menjadi pengusaha. Namun jika Anda memiliki karakteristik yang penyabar, memiliki ego yang rendah, supel, dan mampu diajak bekerja sama dalam team maka menjadi seorang karyawan bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan menjadi karyawan, Anda akan bisa mendapatkan jabatan yang prestisius dan mengagumkan berkat karakteristik yang Anda miliki. Orang yang karakteristiknya cocok menjadi pebisnis tidak akan cocok untuk menjadi karyawan karena mereka tidak ingin diatur oleh orang lain dan susah diajak bekerja sama dengan team.

Bagaimana Posisi Diri Anda?

Pertimbangan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami posisi Anda. Jika Anda belum memiliki tanggungan maka bekerja bisa menjadi pilihan, sedangkan jika sudah memiliki tanggungan seperti anak yang harus dirawat dan usianya masih kecil berbisnis sendiri bisa jadi pilihan. Alasannya adalah bisnis ini waktunya fleksibel dan bisa dilakukan meski Anda di rumah dan sedang bermain bersama dengan anak Anda. Anda tidak perlu repot pergi ke kantor untuk memenuhi kewajiban Anda sebagai karyawan. Barulah jika anak sudah besar dan mandiri Anda bisa mempertimbangkan bekerja sambil berbisnis ini.

bisnis ibu rumah tangga

Terutama bagi seorang single parent menemani anak adalah hal yang penting, karena jangan sampai anak merasa kesepian karena Anda sibuk bekerja. Hal itu dikarenakan bekerja sebagai karyawan ada jam kerja yang harus dipatuhi bahkan ada kalanya harus lembur jika pekerjaan begitu padat dan menumpuk.

Pengalaman

Pertimbangan selanjutnya adalah apakah Anda memiliki pengalaman dalam berbisnis atau tidak. Jika tidak maka menjadi karyawan bisa menjadi pilihan, hal itu dikarenakan menggeluti bisnis tanpa pengalaman seperti menceburkan diri ke kolam dalam tapi tidak memiliki kemampuan untuk berenang.  Banyak pebisnis sukses yang memutuskan untuk menjadi karyawan terlebih dahulu baru membuka bisnis secara mandiri. Anggap saja dengan menjadi karyawan ini Anda bisa memperoleh ilmu dan pengalaman yang banyak sehingga jika nanti berbisnis bisa berjalan seperti yang diharapkan. Oleh sebab itulah ilmu dan pengalaman ini sangat penting.

Kondisi Finansial

Finansial bisnis

Finansial bisnis

Kondisi finansial juga bisa menjadi bahan pertimbangan apakah Anda cocok bekerja atau berbisnis sendiri. Jika memiliki finansial yang berlebih, Anda bisa menjadikannya sebagai modal untuk membuka bisnis sendiri. Sedangkan jika finansialnya cukup Anda bisa menjadi karyawan atau bekerja terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan untuk mendirikan bisnis dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Tidak hanya itu saja modal yang terbatas hanya akan membuat operasional bisnis juga menjadi terbatas dimana hal itu tidak bagus untuk perkembangan bisnis.

Apa yang Anda Inginkan?

Pertimbangan terakhir adalah apa yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan penghasilan yang stabil bekerja ini bisa menjadi pilihan, namun jika Anda menginginkan fleksibilitas waktu maka berbisnislah.

Pilih bekerja atau berbisnis sendiri merupakan pilihan yang sulit, semoga dengan beberapa pertimbangan yang telah di jelaskan di atas Anda bisa menentukan pilihan yang tepat.

Tags: Pilih bekerja atau berbisnis Pilih bekerja atau berbisnis sendiri Pilih bekerja atau berbisnis sendiri ya Pilih bekerja atau wirausaha

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Bingung Pilih bekerja atau berbisnis sendiri? Simak 6 Pertimbangannya Di Sini"

    Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yang Menarik Diketahui
    Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) – Bank
    7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner dan Kerugiannya
    Membangun bisnis sendiri – Banyak orang yang
    Mengapa Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri? Simak Selengkapnya Di Sini!
    Mengapa wanita harus punya penghasilan sendiri –
    Pengen Buka Warung Kopi? Ketahui Rincian Modal Usaha Warung Kopi Ini
    Seiring dengan meningkatnya tren bisnis warung-warung kopi

    Tinggalkan pesan "Bingung Pilih bekerja atau berbisnis sendiri? Simak 6 Pertimbangannya Di Sini"