7 Cara Menembus Pasar Internasional bagi UKM yang Efektif dan Efisien

Cara menembus pasar internasional bagi UKM – Tidak ada yang tidak mungkin selama mau berusaha. Semua impian dan cita-cita yang diharapkan bisa terwujud dengan ketekunan dan juga usaha yang keras. Begitu pula bagi pelaku bisnis UKM, yang mana diyakini hanya bisa menembus pasar lokal dan paling menthok menembus pasar nasional saja. Bahkan untuk menembus pangsa ritel UKM banyak yang merasa kesulitan dimana mereka harus bersaing dengan produk buatan pabrikan yang sudah besar di Indonesia. Selain itu hanya sedikit saja UKM yang bisa menembus pasar internasional. Pasar internasional ini sangat potensial karena apa yang masyarakat luar butuhkan ada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa cara menembus pasar internasional bagi UKM yang efektif dan efisien:

Standar Kualitas Produk

Produk UMKM

Cara menembus pasar internasional adalah dengan meningkatkan standar kualitas produk.  Kebanyakan UKM mengeluarkan produk yang standar atau biasa dan sudah banyak diproduksi oleh pelaku usaha lain. Alasannya adalah produk tersebut banyak disukai oleh pasar, namun agar produk bisa bersaing ada baiknya jika melakukan inovasi pada produk yang disukai tersebut. Membuat produk yang sama persis akan membuat persaingan dimenangkan oleh kompetitor yang menggeluti bisnis tersebut lebih dulu.

Riset Pasar

Riset Pasar

Pelaku UKM yang begitu idealis tidak akan bisa mengembangkan bisnisnya lebih bagus lagi. Hal itu dikarenakan dia hanya berpatokan pada apa yang diyakininya tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Padahal riset ini sangat penting jangan sampai produk yang dibuat ini tidak sesuai dengan keinginan pasar. Terlebih lagi produk yang akan dibuat tersebut akan di edarkan di luar negeri.  Akan lebih baik lagi jika memiliki partner atau mitra bisnis yang memang paham dengan market yang ada di sana sehingga produk yang dibuat akan tepat sasaran.

Riset Kompetitor

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan riset terhadap kompetitor. Kompetitor ini tidak boleh diabaikan karena menjadi pesaing dalam mendapatkan konsumen.  Kompetitor ini bisa berasal dari negara yang akan menjadi target pasar dan juga pesaing di dalam negeri yang mana juga menjadikan negara tersebut sebagai target pasarnya. Jika sudah terlalu banyak kompetitornya pelaku UKM bisa mengubah rencana yang sudah ditentukan sebelumnya termasuk negara yang akan menjadi target pasarnya. Namun jika suka tantangan tidak masalah bersaing dengan kompetitor tersebut asalkan produknya bagus dan berbeda dengan produk yang sudah dibuat oleh kompetitor.

Kemasan yang Bagus

Kemasan UMKM

Cara menembus pasar internasional bagi UKM yang penting adalah buatlah kemasan yang bagus. Kemasan ini menjadi kunci apakah pembeli tertarik untuk membeli produk UKM tersebut atau tidak. Ada beberapa toko ritel yang menolak produk UKM dikarenakan mereka memiliki kemasan yang tidak menarik sehingga kurang memikat daya tarik konsumen untuk membeli produk tersebut. Oleh sebab itu bagi pebisnis skala UKM mulailah untuk memperbaiki kemasan terlebih dahulu dan buat semenarik mungkin.

Jika pelaku UKM melirik pasar global atau internasional harus membuat label produk yang menarik, tentunya tidak boleh dicetak dengan warna hitam putih saja. Usahakan label tersebut berwarna, sebutkan komposisi bahan pembuatannya apa saja, cara mengonsumsinya jika produk yang dibuat adalah makanan, dan jangan lupa untuk mencantumkan nama bisnis UKM pada kemasan. Karena pasarnya global atau internasional gunakanlah bahasa inggris.

Branding yang Tepat

Untuk membuat produk UKM dikenali penting untuk melakukan branding yang tepat. Bisnis tanpa branding ibarat menawarkan produk di dalam karung. Branding ini adalah mempromosikan produk melalui iklan dan juga bisa dengan mengikuti pameran. Memang untuk mengikuti pameran yang ada di luar negeri tidak murah, namun bisa menjadi langkah tepat untuk membuat produk yang dibuat terkenal di luar negeri.

Pahami Regulasinya

Regulasi

Cara menembus pasar internasional bagi UKM selanjutnya adalah harus mampu memahami regulasinya. Regulasi untuk ekspor impor ini memang lebih rumit, namun jika ingin sukses dengan bisnis tersebut memahami regulasinya dan tata cara teknis yang diberlakukan baik di Indonesia maupun negara yang menjadi tujuan ekspor ini sangat penting. Hal ini bisa dilakukan sejalan saat melakukan riset kebutuhan pasar agar tahu apa saja produk yang boleh diedarkan dan apa yang tidak boleh di edarkan.

Konsistensi

Langkah terakhir adalah konsistensi. Hal ini sering dialami oleh UKM yang mana memiliki keterbatasan dalam produksi. Hal ini menyebabkan pelaku UKM tidak bisa konsisten untuk menyediakan jumlah produk sesuai dengan permintaan. Masalah lainnya adalah UKM akan kesulitan mencukupi permintaan yang besar dari luar negeri dimana memerlukan modal yang besar juga untuk memenuhinya. Namun saat ini untuk bisa mendapatkan modal tidak sulit karena bisa mengajukan pinjaman ke bank. Selama aktivitas ekspor yang dilakukan UKM lancar dan berjalan sesuai dengan harapan maka bank akan mempertimbangkan untuk memberikan modal pinjaman ke UKM tersebut. Menariknya lagi bunga bank yang diberlakukan khusus untuk UKM ini lebih rendah dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Demikianlah beberapa cara menembus pasar internasional bagi UKM yang penting untuk dipahami, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: bagaimana Cara menembus pasar internasional bagi UKM Cara menembus pasar internasional Cara menembus pasar internasional bagi UKM

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Cara Menembus Pasar Internasional bagi UKM yang Efektif dan Efisien"

    Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda
    Cara meningkatkan produktivitas kerja - Menurunnya produktivitas
    6 Alasan Pentingnya BPJS bagi Pengusaha Offline dan Online
    Pentingnya BPJS bagi pengusaha – BPJS memberikan
    7 Bank dengan Suku Bunga KPR Paling Rendah Terbaru
    Bank dengan suku bunga KPR paling rendah

    Tinggalkan pesan "7 Cara Menembus Pasar Internasional bagi UKM yang Efektif dan Efisien"