6 Tips Sukses Netpreneur Untuk Bersaing dengan Kompetitor Bisnis

Ads

Tips sukses netpreneur – Sebagian besar dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih itu netrepreneur? Dilihat dari susunan katanya, netrepreneur berasal dari dua kata yakni internet dan entrepreneur. Netpreneur dapat diartikan sebagai pelaku bisnis yang menjalankan bisnis mereka dengan media internet atau secara online. Meskipun masih terdengar asing, frase netpreneur belakangan ini cukup sering mencuat di tengah perkembangan dunia web yang semakin hari semakin meningkat.

Peluang dan Keunggulan Menjadi Netpreneur

Netpreneur

Sebagai bidang usaha yang terbilang baru, menjadi netpreneur ternyata dapat memberikan banyak sekali keunggulan. Selain itu, peluang untuk netpreneur terbuka sangat lebar mengingat perkembangan internet sebagai media bisnis yang sangat cepat dan dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja. Berikut adalah peluang dan keunggulan menjadi seorang netpreneur:

  • Bisnis yang Tak Terbatas

Jika pada umumnya para pelaku bisnis pemula harus menempuh dan menguasai pasar dari bawah terlebih dahulu, hal tersebut tak berlaku untuk netpreneur. Pasalnya netpreneur dapat langsung merambah kancah nasional dan internasional dengan bantuan internet.

  • Bisnis dengan Modal Minim

Netpreneurship dapat dikatakan sebagai jenis wirausaha dengan modal dengkul. Mengapa demikian? Ini karena hanya bermodalkan koneksi internet serta device, seorang netpreneur dapat mulai menjalankan bisnis. Selanjutnya netpreneur hanya perlu duduk santai sembari berbisnis via internet.

  • Peluang yang Terbuka Sangat Lebar

Seperti halnya frasa netpreneur yang masih asing di telinga masyarakat Indonesia, peluang ini pun belum disentuh oleh banyak orang. Padahal potensi mendapatkan kesuksesan dengan menjadi netpreneur sangat besar. Beberapa entrepreneur memprediksi bahwa netpreneur akan sukses di masa depan mengacu pada perkembangan teknologi yang kian pesat serta menurunnya popularitas bisnis online.

Tips Menjadi Seorang Netpreneur

Anda telah mengetahui beberapa kelebihan dan peluang bisnis di bidang netpreneurship. Kini saatnya mengetahui apa saja tips sukses netpreneur sehingga Anda tak menyiakan kesempatan dan peluang emas ini. Tipsnya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Jenis Bisnis yang akan Dijalankan

Seperti halnya kegiatan bisnis yang lain, sebelum menjadi netpreneur Anda harus menentukan bisnis seperti apa yang akan dijalankan. Minimal tentukan Anda akan berjualan barang fisik dengan teknik pemasaran via internet atau berjualan software, trik-trik internet, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda dapat melangkah lebih jauh dalam meniti kesuksesan dengan menjadi seorang netpreneur.

2. Cari Perbedaan dengan Kompetitor

Tips sukses netpreneur yang selanjutnya adalah Anda harus berbeda dengan netpreneur yang lain. Pasalnya hampir semua netpreneur yang sukses adalah mereka yang bergelut pada sebuah bidang bisnis yang sebenarnya memiliki banyak kompetitor. Satu-satunya tangga kesuksesan yang dimiliki oleh seorang netpreneur adalah mereka harus menyajikan sesuatu yang berbeda dalam bisnis.

Contohnya adalah ketika Anda memutuskan untuk berjualan kaos. Maka tonjolkan semua keunggulan serta karakteristik dari produk kaos yang akan dijual. Anda dapat melakukannya dengan memberikan harga miring, respon cepat, hingga menyediakan kaos yang memiliki desain dan gambar sesuai pesanan konsumen.

3. Memberikan Tampilan Gambar Produk yang Bagus

Salah satu kelemahan dari semua netpreneur pemula adalah tidak peduli dengan adanya gambar dari produk yang akan dipasarkan. Bahkan tak sedikit pula netpreneur yang hanya sekedar mengambil gambar dari internet. Padahal dalam dunia bisnis online, dimana konsumen tak dapat merasakan secara langsung produk yang akan dibeli, gambar produk menjadi senjata utama untuk memikat konsumen. Untuk itu, sebisa mungkin cobalah menerapkan tampilan gambar asli dan sesuai dengan produk Anda sendiri. Dengan begitu, ketika konsumen menerima pengiriman produk tersebut, mereka tidak akan kecewa jika ternyata pesanan dan gambar tidak sesuai.

4. Informatif dan Simple

Tips sukses netpreneur yang keempat adalah Anda harus memberikan penjelasan yang simple, padat, dan informatif untuk deskripsi produk. Ini karena tak sedikit pula netpreneur yang malas dalam mendeskripsikan produk mereka dengan simple dan informatif. Dalam hal ini, tak perlu memberikan deskripsi yang terlalu panjang. Cukup berikan informasi produk yang sekiranya benar-benar dibutuhkan oleh calon konsumen.

5. Berikan Layanan Tambahan

Pada dasarnya, setiap konsumen pasti ingin mendapatkan pelayanan lebih dari seller. Bahkan tak sedikit konsumen yang rela membayar lebih hanya sekedar untuk mendapatkan layanan ekstra. Inilah yang menjadi salah satu rahasia sukses netpreneur. Contohnya adalah dengan memberikan layanan konsultasi untuk menjawab semua keraguan dan pertanyaan dari konsumen. Selain itu, Anda juga dapat merekomendasikan produk lain yang mungkin cocok dengan mereka.

6. Lakukan Promosi

Semua jenis bisnis pasti membutuhkan promosi untuk mengenalkan produk yang ditawarkan agar lebih diperhatikan oleh konsumen. Hal ini juga berlaku bagi netpreneur. Seperti yang dijelaskan di atas, bisnis online masuk dalam kategori bisnis dengan jangkauan global sehingga apabila tak ada langkah promosi yang dilakukan, dapat dipastikan bahwa bisnis Anda akan kalah saing dengan kompetitor yang aktif berpromosi.

Berbeda dengan bisnis konvensional, dengan menjadi netpreneur Anda dapat dengan mudah mempromosikan produk di website, media sosial, toko jual beli online, dan sebagainya. Dengan begitu, calon konsumen dapat memperoleh update dan memberikan penilaian terhadap produk-produk Anda.

iklan

Itulah beberapa tips sukses netpreneur yang dapat Anda coba lakukan, semoga bermanfaat.

Tags: Tips sukses netpreneur Tips sukses netpreneur 2018 Tips sukses netpreneur untuk pemula

Posting Terkait "6 Tips Sukses Netpreneur Untuk Bersaing dengan Kompetitor Bisnis"

Franchise atau Usaha Sendiri, Mana yang Lebih Menguntungkan?
Memilih franchise atau usaha sendiri? Mungkin ini
7 Daftar Startup Indonesia dengan Jasa Pasang Iklan di Mobil dan Motor
Daftar Startup Indonesia dengan jasa pasang iklan
7 Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi yang Layak Dicoba
Cara mendapatkan uang dari mobil pribadi –

Tinggalkan pesan "6 Tips Sukses Netpreneur Untuk Bersaing dengan Kompetitor Bisnis"