8 Contoh Bisnis Kerajinan Tangan dengan Modal Minim

Contoh bisnis kerajinan tangan – Bisnis kerajinan tangan memang masih masih memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan dan laris manis. Mengapa demikian? Salah satu alasannya adalah karena bisnis kerajinan memiliki sifat unik, menarik, penuh dengan kreatifitas serta umumnya dibanderol dengan harga terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan masyarakat. Di samping itu, aneka sumber daya yang ada di Indonesia memudahkan para pelaku bisnis untuk membuat bebagai macam kerajinan tangan.

Contoh Ide Kreatif untuk Bisnis Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang tetarik dengan bidang bisnis ini, ada banyak sekali ide dan contoh-contoh bahan dasar yang dapat digunakan untuk kerajinan tangan. Misalnya menggunakan bahan jadi yang dapat diperoleh di toko-toko, bahan dari alam, hingga memanfaatkan barang bekas. Berikut adalah beberapa contoh bisnis kerajinan tangan yang mungkin dapat menjadi inspirasi untuk Anda.

1. Kerajinan Tangan dari Bambu

figura foto dari bambu

figura foto dari bambu

Seperti yang kita tahu, bambu merupakan salah satu bahan dasar dari alam yang sering digunakan untuk kerajinan tangan. Bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan, pasti akan sangat mudah menemukan bambu yang dapat digunakan untuk bahan dasar kerajinan tangan. Ada banyak sekali contoh kerajinan tangan dari bambu seperti anyaman, pigora foto, kursi, rumah-rumahan, dan lain sebagainya.

2. Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

ornamen lampu kardus

Selain bambu, Anda juga dapat memanfaatkan barang bekas seperti kardus untuk diolah menjadi kerajinan tangan. Jadi daripada dibuang secara percuma, lebih baik Anda menggunakan kardus untuk kerajinan tangan. Contoh kerajinan tangan dari kardus adalah kotak makanan dan minuman, pigora foto, robot-robotan, tempat penyimpanan buku, ornament untuk lampu, dan masih banyak lagi. Semakin kreatif Anda, maka akan semakin banyak pula inovasi yang mampu diciptakan untuk kerajinan tangan dari bahan kardus.

3. Kerajinan Tangan dari Botol Plastik Bekas

pot dari plastik bekas

pot dari plastik bekas

Bagi mereka yang memiliki pikiran kreatif, tentu mampu melihat potensi besar dari kerajinan tangan menggunakan botol plastik bekas. Dengan bahan dasar yang mudah didapatkan, Anda pun tak perlu takut kehabisan bahan untuk menciptakan berbagai kerajinan tangan yang satu ini. Beberapa contohnya adalah pot dan vas bunga, tempat pensil, tempat untuk bumbu, aneka mainan anak kecil, ornamen penghias ruangan, tempat lampu, dan masih banyak lagi.

4. Kerajinan Tangan dari Kain Flanel

kerajinan tangan kain fanel

Usaha kerajinan kain fanel memang sudah sangat terkenal. Tak sedikit pelaku bisnis yang menciptakan berbagai produk unik, indah, dan kreatif memanfaatkan kain flanel. Di samping itu, animo masyarakat Indonesia untuk kerajinan kain flanel yang besar. Jadi bukan hal yang aneh apabila terdapat banyak sekali pengrajin kain flanel yang sukses dari bisnis ini. Adapun contoh bisnis kerajinan tangan dari kain flanel adalah boneka, bendera, mainan anak, bantal, aksesoris, dan lain sebagainya.

5. Kerajinan Tangan dari Stick Es Krim

Stick es krim bukan menjadi sebuah barang yang langka untuk ditemukan. Barang yang satu ini bahkan kerap dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan aneka kerajinan tangan. Dengan harga yang sangat terjangkau dan mudah didapatkan, Anda pun dapat mencoba peruntungan menjalankan bisnis kerajinan dari stick es krim. Beberapa contoh ide kerajinan tangan dari stick es krim adalah rumah-rumahan, papan pigora, tempat pensil, perahu mainan, pesawat, tempat tisu, dan sebagainya.

6. Kerajinan Tangan dari Bahan Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan

Siapa yang tak tahu sedotan? Alat yang satu ini umumnya digunakan untuk minum es. Selain fungsinya tersebut, ternyata sedotan juga dapat digunakan sebagai kerajinan tangan yang menarik, unik, dan memiliki nilai jual tinggi. Meski sudah banyak pelaku bisnis kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar sedotan, namun tak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan kesuksesan dari bisnis ini. Kunci penting yang harus dimiliki adalah kreativitas serta promosi yang masif. Contoh produk kerajinan tangan dari bahan sedotan adalah kalung, gelang, vas bunga, gantungan kunci, pigora foto, mainan anak, dan masih banyak lagi lainnya.

7. Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Tali Sepatu

kerajinan tangan dari tali sepatu

kerajinan tangan dari tali sepatu

Pernahkah Anda berpikir bahwa tali sepatu juga dapat dimanfaatkan dalam menciptakan kerajinan tangan? Saat ini memang sedikit pengrajin yang menggunakan tali sepatu sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Namun kondisi tersebut dapat sekaligus menjadi peluang bagi Anda dalam menciptakan brand baru. Contoh kerajinan tangan berbahan dasar tali sepatu adalah kalung, boneka mainan, dan sebagainya.

8. Kerajinan Tangan dengan Batok Kelapa

Kita semua tahu bahwa kelapa merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Hal ini karena bagian-bagian dari pohon kelapa juga kerap dimanfaatkan sebagai peralatan rumah tangga seperti sapu ijuk. Bagian lain dari pohon kelapa yang dapat Anda manfaatkan untuk kerajinan tangan adalah batok atau tempurung buah kelapa.

kerajinan tangan dari batok kelapa

Batok kelapa juga menjadi salah satu limbah penjual es kelapa. Jadi daripada tidak digunakan sama sekali, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan. Contoh kerajinan tangan dari batok kelapa adalah mobil-mobilan, kalung, kelang, hingga kapal mainan.

Itulah beberapa contoh kerajinan tangan yang memanfaatkan bahan bekas ataupun bahan yang mudah dijumpai di sekitar Anda. Harapannya agar Anda tidak kesulitan menemukan bahan-bahan tersebut untuk diolah menjadi kerajinan tangan. Semoga penjelasan mengenai contoh bisnis kerajinan tangan di atas bermanfaat bagi Anda.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

usaha kerajinan -usaha kerajinan tangan -kerajinan tangan -contoh usaha kerajinan -bisnis kerajinan -bisnis kerajinan tangan -bisnis kerajinan tangan unik -kerajinan tangan dari kardus bekas -contoh usaha kerajinan tangan -kerajinan rumahan -

Tags: contoh bisnis kerajinan tangan contoh bisnis kerajinan tangan terbaru contoh bisnis kerajinan tangan untuk ibu rumah tangga

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "8 Contoh Bisnis Kerajinan Tangan dengan Modal Minim"

    Pengen Buka Warung Kopi? Ketahui Rincian Modal Usaha Warung Kopi Ini
    Seiring dengan meningkatnya tren bisnis warung-warung kopi
    Langkah-langkah dan Rincian Biaya Memulai Bisnis Travel Wisata
    Memulai bisnis travel wisata – Tidak dipungkiri,
    Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Lengkap dengan Perhitungannya
    Sama seperti tren bisnis-bisnis lainnya, bisnis rental
    5 Tips Menyewa Ruko Untuk Usaha yang Benar
    Tips menyewa ruko untuk usaha – Ruko

    Tinggalkan pesan "8 Contoh Bisnis Kerajinan Tangan dengan Modal Minim"