6 Tips Membuat Foto Produk Bisnis Online Maksimal

Membuat foto produk bisnis online maksimal – Bukan menjadi sebuah rahasia jika foto dalam bisnis online sangat berpengaruh terhadap performa bisnis. Hal itu dikarenakan foto produk akan berpengaruh terhadap keputusan pembeli apakah mereka akan membeli produk itu atau tidak. Pembeli barang melalui online tidak bisa tahu seperti apa produk yang dijual secara pasti sehingga mereka hanya bisa memberikan penilaian melalui fotonya saja. Jika foto yang dipajang maksimal dan menggunakan teknik fotografi yang tepat, closing itu akan sangat mudah. Namun berbanding terbalik dengan foto kualitas buruk dimana akan membuat gagal closing. Mulai saat ini untuk meningkatkan penjualan di toko online Anda belajarlah untuk memaksimalkan foto produk bisnis online Anda. Berikut ada beberapa cara membuat foto produk bisnis online maksimal yang wajib Anda lakukan:

Kamera dengan Resolusi Tinggi

Kamera dengan Resolusi Tinggi

Kamera dengan Resolusi Tinggi

Tips membuat foto produk bisnis online maksimal yang pertama adalah gunakanlah kamera resolusi yang tinggi. Mengapa harus menggunakan kamera dengan resolusi yang tinggi?, hal itu dikarenakan kamera dengan resolusi yang rendah akan menciptakan banyak noise. Noise akan menyebabkan hasil jepretan kurang berkualitas. Ketika di zoom atau diperbesar foto tersebut akan menjadi pecah. Kamera dengan resolusi yang tinggi ini tidak hanya dari DLSR saja namun bisa juga dari mirrorless, pocket bahkan smartphone pun ada yang memiliki resolusi yang tinggi. Kamera tersebut didukung dengan perangkat yang sudah maksimal sehingga foto yang dihasilkan pun akan baik.

Tata Background

Foto yang bagus dan maksimal tidak dihasilkan dengan cara yang apa adanya. Sehingga jangan harap foto produk Anda akan terlihat istimewa jika Anda memotretnya dengan apa adanya. Salah satu hal yang bisa membedakan mana foto yang dipotret dengan apa adanya dan dengan teknik fotografi yang baik adalah latar belakang atau backgroundnya. Produk yang difoto dengan teknik fotografi akan memiliki background yang bagus dan ditata menarik. Jangan menggunakan background yang terlalu meriah justru akan membuat konsumen tidak tertarik untuk membelinya.

Foto produk

Background yang baik diatur dengan warna yang netral seperti putih, hitam, dan juga abu-abu. Warna netral tersebut bisa merefleksikan objek yang ada di dekatnya dengan baik. Untuk mengatur background dengan warna seperti itu Anda bisa menggunakan karton putih, dinding ruangan yang memiliki warna netral atau kain yang tebal tanpa tekstur. Selain itu Anda juga bisa menggunakan background berupa pemandangan misalnya meletakan produk Anda di atas bebatuan dengan latar belakang pemandangan, dan lain sebagainya. Buatlah produk yang akan Anda jual secara online itu lebih menonjol dengan penataan background yang bagus.

Cahaya

Tips membuat foto produk bisnis online maksimal adalah harus menggunakan cahaya yang bagus. Cahaya ini menjadi hal yang penting untuk foto produk secara maksimal. Sebagus apapun kamera yang digunakan jika tidak didukung dengan cahaya yang bagus foto pun tidak akan terlihat. Untuk mendukung pencahayaan yang cukup Anda bisa menggunakan lampu pijar, cahaya matahari langsung, atau flash kamera. Anda bisa menggunakan sumber cahaya sesuai dengan objek yang akan difoto misalnya saja akan memotret produk dengan bahan kaca Anda tidak akan bisa menggunakan flash untuk memotretnya. Asal cahaya ini juga harus tepat misal dari atas, depan atau belakang. Jangan memotret dengan asal cahaya yang bisa menimbulkan bayangan yang membuat keindahan foto menjadi terganggu.

Ambil Dari Berbagai Sisi

Ambil dari berbagai sisi

Untuk bisa menghasilkan foto produk yang maksimal Anda bisa mengambil gambar object tersebut dari berbagai sudut. Tidak hanya satu sudut saja namun pembeli pun ingin melihat foto produk tersebut dari berbagai sudut. Dengan memotret foto produk dari berbagai sisi ini Anda akan bisa menemukan foto terbaik untuk dipajang di toko online.

Edit Foto

Melakukan pengeditan foto sebelum di upload di toko online ini sangat penting karena ada beberapa efek yang bisa membuat foto terlihat semakin sempurna. Anda bisa melakukan pengeditan foto menggunakan aplikasi yang tepat seperti adobe photoshop dan lain sebagainya. Saat mengedit foto menggunakan aplikasi yang harus Anda ingat adalah jangan membuat foto produk dengan aslinya beda jauh. Banyak pembeli yang akan komplain jika aslinya dengan yang di foto beda jauh.

Ukuran Foto

Sebelum di upload ke toko online atau media sosial yang harus Anda perhatikan adalah ukuran fotonya. Mengapa ukuran foto ini penting?, sebab untuk menampilkan foto dengan jelas dibutuhkan ukuran foto yang sesuai. Usahakan foto yang Anda upload ke toko online memiliki ukuran lebih dari 800 pixel.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan bisnis yang maksimal Anda perlu untuk memaksimalkan foto produk yang maksimal pula. Foto ini sangat penting untuk menunjang penjualan, sebab hal pertama yang dilihat oleh pembeli adalah fotonya. Jika selama ini Anda merasa belum memotret foto dengan maksimal lakukanlah beberapa tips membuat foto produk bisnis online maksimal seperti yang sudah disebutkan diatas dimana bisa membuat penjualan menjadi maksimal pula.

Tags: cara Membuat foto produk bisnis online maksimal Membuat foto produk bisnis online maksimal Membuat foto produk bisnis online maksimal dengan benar

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Tips Membuat Foto Produk Bisnis Online Maksimal"

    Ketahui Manfaat Kredit Mikro Untuk Usaha Kecil
    Manfaat kredit mikro untuk usaha kecil –
    Ketahui Perbedaan Kredit Usaha Mikro dan Kredit Usaha Makro
    Bagi anda yang mungkin sedang tertarik untuk
    6 Ide Bisnis Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia
    Mau buka bisnis tapi bingung, kira-kira ide

    Tinggalkan pesan "6 Tips Membuat Foto Produk Bisnis Online Maksimal"