4 Kesalahan Fatal Bisnis Startup yang Harus Dihindari

Kesalahan fatal bisnis startup – Startup ini menjadi bisnis yang banyak di lirik terutama oleh kawula muda yang memiliki bakat atau skill dalam teknologi dan informasi. Di Indonesia sudah banyak perusahaan startup yang meraih kesuksesan seperti Grab, GO-JEK, dan lain sebagainya. Melihat kesuksesan perusahaan startup tersebut mendorong keinginan perusahaan startup lain juga untuk mengikuti kesuksesan perusahaan tersebut. Meski terlihat mudah, namun menggeluti bisnis startup ini tidak mudah. Karena ada blunder atau kesalahan fatal yang dilakukan oleh perusahaan startup yang bisa membuat bisnis tersebut menjadi gagal dan tidak seperti yang diharapkan. Menurut majalah Forbes, angka kegagalan dari startup ini bisa mencapai 90%. Dilihat dari persentase kegagalannya bisa dikatakan membangun bisnis startup ini bukanlah hal yang mudah.

Startup yang saat ini sudah meraih kesuksesan pun tidak langsung meraih kesuksesan. Ada cerita panjang yang menyertainya dan tentunya banyak pula cerita di dalamnya. Berkaca dari kisah perjalanan startup, ada beberapa kesalahan fatal yang harus dihindari. Simak kesalahan fatal bisnis startup yang harus dihindari berikut ini:

Membangun Tanpa Perencanaan

Startup planning

Kesalahan fatal bisnis startup yang pertama adalah asal membangun tanpa menggunakan perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang ini menjadi syarat penting dalam membangun bisnis startup maupun bisnis yang lainnya. Banyak yang mendirikan bisnis startup ini dikarenakan memiliki hobi dalam bidang teknologi informasi tanpa menganalisa kebutuhan pasar yang ada. Memang tidak salah menggeluti bisnis berdasarkan hobi namun ada baiknya jika hobi tersebut dibarengi dengan kemampuan dalam menganalisa kebutuhan pasar. Analisa kebutuhan pasar ini termasuk dalam perencanaan bisnis. Bisnis tanpa perencanaan adalah bagaikan rumah yang didirikan tanpa perhitungan. Memang pembangunannya akan mudah dan cepat namun lihatlah beberapa tahun mendatang, dimana rumah tersebut akan mudah roboh dikarenakan tidak memiliki perhitungan yang tepat berbeda dengan rumah yang didirikan dengan  perhitungan yang matang yang lebih kokoh dan awet.

Karyawan Tidak Kompeten

Karyawan tidak kompeten

Karyawan tidak kompeten

Kesalahan yang harus dihindari selanjutnya adalah salah memperkerjakan karyawan. Karyawan yang tidak kompeten tidak bagus untuk bisnis ke depannya. Ada bisnis startup yang dimulai dari nol dimana mereka memperkerjakan karyawan hanya berdasarkan kedekatan atau hubungan keluarga. Tidak hanya itu saja karyawan yang direkrut pun kadang hanya sebatas rekomendasi dari kerabat, teman dekat, maupun anggota keluarga lainnya. Padahal supaya bisa mendirikan bisnis startup ini Anda harus memperkerjakan karyawan yang benar-benar kompeten dan bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Minimal karyawan tersebut paham akan teknologi dan informasi sehingga Anda tidak perlu mengajarinya dari nol atau awal.

Kurang Inovatif

Inovasi merupakan hal yang penting dalam berbisnis. Tanpa adanya inovasi bisnis tidak akan bisa berkembang dan bertahan di tengah gempuran persaingan bisnis yang ketat. Dengan adanya inovasi ini masyarakat bisa membedakan produk Anda dengan produk kompetitor. Dalam melakukan inovasi tersebut cobalah untuk membuat ciri khas produk Anda sendiri sehingga produk tersebut akan selalu melekat dengan bisnis Anda.

Salah Memilih Platform

e–commerce

Anda harus menghindari memilih platform yang tidak tepat. Jika salah dalam memilih akan membuat Anda kehilangan pengguna. Sebagai contohnya adalah startup Anda membuat suatu e-commerce dengan platform yang salah. Akibatnya server bisa menjadi lambat. Pengunjung yang akan mengakses situs e-commerce Anda harus menunggu waktu yang lama untuk membuat halaman situs terbuka. Ada juga pengunjung yang tidak sabar sehingga langsung menutup situs Anda dan beralih ke situs e–commerce yang lainnya. Oleh sebab itu jangan pernah mengabaikan platform ini dikarenakan menjadi bagian penting dalam bisnis startup untuk bisa tumbuh dan kemudian berkembang.

Pentingnya Menganalisa Peluang

Go jek

Setelah mengetahui kesalahan fatal bisnis startup, Anda yang akan menggeluti bisnis ini harus tahu bagaimana cara menggeluti bisnis startup yang tepat. Salah satu cara yang penting untuk Anda perhatikan adalah menganalisa peluang dengan tepat, startup yang sudah sukses seperti saat ini dikarenakan mereka bisa menganalisa peluang dengan tepat. Sebagai contohnya adalah GO-JEK. Di tengah kemacetan kota besar banyak yang tidak suka mengendarai kendaraan sendiri sehingga hadir lah GO-JEK ini. Dengan sistem yang berbeda, GO-JEK ini mudah memikat hati masyarakat karena mereka tidak harus datang ke pangkalan ojek, namun driver GO-JEK yang akan menjemput mereka. Tidak hanya untuk transportasi saja namun kini layanan GO-JEK pun lebih beragam seperti Go-Food, Go-Car, dan lain sebagainya yang mana semakin membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis startup ini analisa peluang terlebih dahulu, kemudian rencanakan bisnis secara matang.

Bisnis startup akan menjanjikan jika Anda tahu bagaimana cara menggelutinya. Hindarilah beberapa kesalahan fatal bisnis startup yang sudah dijelaskan di atas supaya bisnis bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Tags: Kesalahan fatal bisnis startup Kesalahan fatal bisnis startup 2018 Kesalahan fatal bisnis startup terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Kesalahan Fatal Bisnis Startup yang Harus Dihindari"

    Pengen Buka Warung Kopi? Ketahui Rincian Modal Usaha Warung Kopi Ini
    Seiring dengan meningkatnya tren bisnis warung-warung kopi
    Langkah-langkah dan Rincian Biaya Memulai Bisnis Travel Wisata
    Memulai bisnis travel wisata – Tidak dipungkiri,
    Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Lengkap dengan Perhitungannya
    Sama seperti tren bisnis-bisnis lainnya, bisnis rental
    5 Tips Menyewa Ruko Untuk Usaha yang Benar
    Tips menyewa ruko untuk usaha – Ruko

    Tinggalkan pesan "4 Kesalahan Fatal Bisnis Startup yang Harus Dihindari"