Ide Bisnis bagi Tunarungu yang Dapat Dijalankan dengan Mudah

Ide bisnis bagi tunarungu – Tunarungu merupakan kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada fungsi pendengaran yang sifatnya sementara ataupun permanen. Hal ini karena terkadang munculnya penyakit tunarungu dapat muncul ketika seseorang beranjak dewasa akibat kecelakaan ataupun masalah yang lainnya. Penyandang tunarungu memang dikategorikan sebagai pengidap disabilitas atau difabilitas. Namun bukan berarti mereka tak berhak menjalankan kegiatan lain seperti orang normal pada umumnya, contohnya adalah melakukan bisnis.

Berbagai Ide Bisnis yang Dapat Dilakukan oleh Penyandang Tunarungu

Tunarungu sebenarnya bukan menjadi masalah atau penghambat seseorang dalam menjalankan bisnis. Hal ini karena kegiatan bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, tak peduli bagaimana pun kondisi kesehatan seseorang. Hanya saja sebagian besar orang beranggapan bahwa seorang tunarungu hanya dapat mengerjakan kegiatan bisnis yang tak berhubungan langsung dengan pelanggan.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang beberapa ide kreatif dalam bidang bisnis yang dapat dilakukan oleh tunarungu. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Daur Ulang Sampah Menjadi Kerajinan

Daur Ulang Sampah Menjadi Kerajinan

Daur Ulang Sampah Menjadi Kerajinan

Ide bisnis bagi tunarungu yang pertama adalah dengan melakukan kegiatan bisnis daur ulang sampah yang nantinya dapat menghasilkan sebuah kerajinan. Anda pasti sadar bahwa sudah ada beberapa orang yang melakukan bisnis ini dengan berbagai alasan yang mendasari, mulai dari memanfaatkan bahan bekas hingga membantu membersihkan lingkungan.

Ide yang satu ini pun dapat dilakukan oleh tunarungu. Konsepnya adalah setiap sampah plastik yang telah dikumpulkan diolah kembali menjadi sebuah kerajinan ataupun barang-barang yang dapat dipakai untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah tas, vas bunga, pigora, dan lain sebagainya.

Mengapa ide bisnis kreatif yang satu ini cocok untuk penyandang tunarungu? Ini karena bisnis daur ulang sampah menjadi kerajinan hanya butuh ketekunan, ketelitian, dan kreatifitas. Sedangkan, untuk masalah pemasaran dapat dihandle oleh orang lain.

2. Bisnis Produk Kecantikan

Bisnis Produk Kecantikan

Bisnis Produk Kecantikan

Ide bisnis untuk tunarungu yang juga dapat dilakukan adalah dengan menjalankan bisnis produk kecantikan. Siapa bilang tunarungu tak bisa bergelut dengan produk kecantikan? Penyandang tunarungu memang memiliki keterbatasan pada fungsi pendengaran. Namun bukan berarti mereka tidak berhak untuk berbisnis produk-produk kecantikan.

Ide bisnis yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh penyandang tunarungu yang memang memiliki ketertarikan dengan produk kecantikan. Dalam hal ini, penyandang tunarungu dapat memproduksi alat atau bahkan bahan kecantikan seperti make up, pemutih wajah, dan lain sebagainya sebagai produk bisnis mereka. Selama produk kecantikan yang diproduksi tidak berbahaya, batasan berupa difabilitas yang dialami oleh tunarungu bukan lagi jadi masalah.

3. Bisnis Kue Basah Rumahan

Ide bisnis bagi tunarungu  yang selanjutnya adalah dengan menjalankan bisnis kue basah yang dijual di rumah. Bisnis ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang suka membuat kue, termasuk seorang tunarungu. Jadi selain dapat menyalurkan hobi, seorang penyandang tunarungu pun dapat menghasilkan uang dari kemampuan mereka membuat kue basah yang enak.

Kue Basah

Kue Basah

Pertanyaannya, bagaimana cara menjual kue tersebut sedangkan seorang penyandang tunarungu tak dapat mendengar ketika seseorang membeli kue basah mereka? Tak perlu khawatir. Ada dua pilihan yang dapat dilakukan. Pertama adalah memperkerjakan orang lain sebagai penjual sehingga tugas penyandang tunarungu adalah untuk memproduksi kue basah tersebut. Kedua adalah dengan menjualnya sendiri. Mengenai masalah harga, berikan label atau keterangan pada setiap kue yang dijual. Dengan begitu, maka tidak akan ada lagi masalah terkait proses jual beli kue basah tersebut.

4. Bisnis Membatik

Bisnis Membatik

Bisnis Membatik

Ide bisnis lain yang juga dapat dilakukan oleh seorang penyandang tunarungu adalah membatik. Ide bisnis yang satu ini memang terbilang cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang. Namun faktanya, terdapat seorang tunarungu yang sukses dan meraup banyak keuntungan dari bisnis pakaian batik yang diproduksinya sendiri.

Salah satu daya tarik yang harus dimunculkan ketika menjalankan bisnis membuat batik adalah keunikan dan ciri khas yang dimiliki oleh batik tersebut. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki banyak sekali jenis batik sehingga penyandang tunarungu dapat mengkompariskan motif batik tersebut dan menjadikannya sebagai motif yang unik dan enak dipandang.

Itulah beberapa ide kreatif yang dapat dijalankan oleh penyandang tunarungu. Dengan kata lain, keterbatasan bukanlah menjadi halangan bagi mereka yang ingin terus bekerja dan bekarya. Semoga ulasan mengenai ide bisnis bagi tunarungu di atas bermanfaat bagi Anda.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara usaha bagi tunarungu -contoh usaha tunarungu -peluang usaha untuk tunarungu -Usaha apa yg cocok buat saya tunarungu -usaha tuna rungu -usaha yg cocok buat penyandang tuna rungu -

Tags: contoh Ide bisnis bagi tunarungu Ide bisnis bagi penyandang tunarungu Ide bisnis bagi tunarungu

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Ide Bisnis bagi Tunarungu yang Dapat Dijalankan dengan Mudah"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan