Peluang Usaha Cafe Hotspot dan Modal yang Dibutuhkan

Peluang usaha cafe hotspot memang terbilang sangat menggiurkan. Selain mudah untuk dikelola, bisnis cafe hotspot memiliki pangsa pasar yang luas. Adapun target pasar yang umumnya dituju untuk bisnis cafe hotspot adalah remaja. Pasalnya cafe yang memiliki wifi kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama teman ataupun pasangan.

Pada dasarnya, untuk menjalankan cafe hotspot, dibutuhkan sebuah riset terlebih dahulu. Tanpa adanya riset, tentunya Anda akan mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi, melihat patokan harga, memilih lokasi strategis, hingga berapa besaran modal yang dibutuhkan untuk cafe hotspot tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap mengenai trik dan tips usaha cafe dengan fasilitas hotspot dan rincian modal yang dibutuhkan.

Tips Membangun Sebuah Cafe Hotspot yang Ramai Pengunjung

Cafe Hotspot

Cafe Hotspot

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memanfaatkan peluang usaha bisnis cafe hotspot agar sukses. Meskipun saat ini sudah banyak sekali cafe yang menawarkan fasilitas hotspot, namun Anda tak perlu khawatir. Dengan menerapkan strategi yang tepat, maka Anda dapat menghadapi para pesaing di bisnis serupa. Adapun tips yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Target Pasar

Pada penjelasan di atas diungkapkan bahwa target pasar potensial untuk cafe hotspot adalah remaja. Namun Anda pun dapat membidik pangsa pasar lain sebagai pengunjung cafe. Misalnya orang dewasa atau bahkan lebih mengarah ke pasangan muda-mudi. Di samping itu, tentukan pula apakah bisnis cafe hotspot yang akan Anda jalankan menargetkan pangsa pasar menengah ke bawah atau ke atas.

2. Melakukan Analisa Tingkat Persaingan

Tips yang selanjutnya adalah melakukan sebuah analisa terkait tingkat persaingan peluang usaha cafe hotspot. Seperti yang kita tahu, dalam dunia bisnis selalu terdapat persaingan yang tentunya tak dapat dihindarkan. Jenis usaha apapun yang Anda lakukan pasti memiliki pesaing. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah memilih lokasi strategis dan jauh dari para pesaing. Mengapa? Karena ketika Anda membuka sebuah cafe hotspot berdekatan dengan pesaing yang lebih dahulu menjalankan usahanya, tentu saja kemungkinan untuk bersaing akan semakin tinggi.

Di samping itu, Anda juga dapat melakukan sebuah analisa terkait kelemahan yang dimiliki oleh para pesaing. Manfaatkan kelemahan tersebut sebagai kekuatan Anda dalam membangun usaha cafe hotspot.

3. Memilih Sistem Wifi yang akan Digunakan

Sebagai peluang usaha yang membutuhkan wifi atau koneksi internet, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan sistem wifi seperti apa yang nantinya diterapkan pada cafe Anda. Setidaknya terdapat beberapa sistem wifi yang umumnya digunakan di setiap cafe. Di antaranya adalah:

  • Premium Wifi

Pada sistem yang satu ini, cafe Anda memiliki wifi dengan kecepatan di 10 Mb/s. Setelah itu, para pengunjung yang datang ke cafe harus membayar uang ketika menggunakan wifi tersebut. Biayanya tergantung dari berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung saat menggunakan wifi.

Meskipun pengunjung harus membayar, namun dengan kecepatan internet yang sangat stabil, hal tersebut masih terbilang worth sehingga Anda tak perlu khawatir.

  • Commercial Wifi

Untuk commercial wifi, sistem yang diterapkan sebenarnya hampir sama dengan premium wifi. Hanya saja, pengunjung membayar wifi dalam durasi waktu yang telah ditentukan. Biasanya dengan hitungan setiap jamnya.

  • Free Wifi

Ini adalah sistem yang paling digemari oleh siapa saja yang hobi nongkrong di cafe wifi. Dengan wifi gratis, seseoang dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk memesan minuman sekaligus nongkrong hingga bosan. Bagi Anda yang baru membuka cafe hotspot, sebaiknya menerapkan sistem free wifi untuk menarik pengunjung.

Perkiraan Modal yang Dibutuhkan untuk Usaha Cafe Hotspot

Setelah mengetahui tentang peluang usaha cafe hotspot, hal penting lain yang perlu diperhitungkan adalah besaran modal yang harus dipersiapkan untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Untuk usaha cafe hotspot sendiri, modal yang dibutuhkan sebenarnya tidaklah besar, berbeda dengan jenis usaha yang lainnya. Adapun gambaran rincian modal usaha cafe hotspot adalah:

  1. Sewa tempat                                                 = Rp 10.000.000/tahun
  2. Renovasi tempat                                          = Rp 3.000.000/bulan
  3. Pembelian bahan makanan/minuman    = Rp 1.500.000/bulan
  4. Bayar Wifi 20 Mbps                                     = Rp 415.000/bulan

Itulah modal utama yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis cafe hotspot. Dengan modal yang relatif kecil, siapapun dapat menjalankan bisnis yang satu ini. Itulah sedikit ulasan mengenai peluang usaha cafe hotspot, semoga bermanfaat.

 

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

modal usaha cafe hotspot -modal buka cafe wifi -modal bisnis cafe -Bisnis cafe wifi -cara bisnis cafe wifi -cara membuat kafe wifi -wifi untuk usaha kafe -cara buka cafe wifi -Cara bisnis wifi tanpa modal -bisnis cofee wifi -

Tags: peluang usaha cafe hotspot peluang usaha cafe hotspot terbaru rincian peluang usaha cafe hotspot

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Peluang Usaha Cafe Hotspot dan Modal yang Dibutuhkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan