7 Peluang Usaha Lulusan Sarjana Pertanian yang Potensial

Peluang usaha lulusan sarjana pertanian – Indonesia merupakan negara agraris karena sektor pertanian yang luas. Sayangnya di lapangan menemukan fakta jurusan pertanian ini mendapatkan penurunan peminat. Alasannya menganggap di masa depan prospek dari sarjana pertanian ini tidak sebagus dengan jurusan yang lainnya. Padahal pertanian bagi suatu negara ini sangat penting. Bagaimana nasib pertanian di masa depan jika tidak ada SDM unggul yang mengelolanya.

Ke depannya dibutuhkan tenaga muda yang terampil, kompeten, dan memiliki ilmu yang mumpuni untuk bisa mengelola pertanian di Indonesia dengan baik salah satunya dengan masuk ke sarjana pertanian. Sarjana pertanian pun bisa menggeluti dunia bisnis yang lebih mandiri. Berikut ini ada beberapa peluang usaha lulusan sarjana pertanian yang menggiurkan untuk digeluti:

Konsultan Pertanian

Konsultan Pertanian

Konsultan Pertanian

Peluang usaha pertama yang cocok digeluti oleh sarjana pertanian adalah menjadi konsultan pertanian. Konsultan pertanian ini dibutuhkan untuk mengatasi masalah pertanian yang ada. Berbekal dengan ilmu yang dimiliki selama di bangku kuliah diharapkan lulusan sarjana pertanian bisa menjadi konsultan yang andal. Untuk menjadi konsultan pertanian ini dibutuhkan hipotesis yang akurat untuk menyimpulkan dugaan sementara tentang masalah yang dihadapi. Sebagai contohnya adalah pertanian di desa mengalami gagal panen berkali-kali, di sini peran konsultan pertanian diperlukan. Konsultan akan mengumpulkan hipotesis apa yang menyebabkan desa tersebut mengalami gagal panen berkali-kali. Dari hipotesis tersebut akan dilakukan penelitian untuk menyimpulkan penyebab pasti mengapa sering mengalami gagal panen. Baru setelah mendapatkan penyebab pasti bisa dilakukan tindakan untuk mengatasinya.

Usaha Hortikultura

Usaha Hortikultura

Usaha Hortikultura

Bagi sarjana pertanian yang ingin membuka bisnis salah satu usaha yang bisa digeluti adalah hortikultura. Hortikultura merupakan pembudidayaan tanaman kebun. Meski begitu istilah untuk menyebut hortikultura ini lebih luas pengertiannya tidak hanya berkutat pada tanaman yang dibudidayakan namun juga meliputi pembenihan, pembibitan, produksi tanaman, hama dan penyakit panen, dan masih bayak lagi lainnya.

Hortikultura merupakan cabang dari agronomi. Namun yang berbeda hortikultura ini fokus kepada budidaya tanaman seperti buah, sayuran, bunga, dan juga obat-obatan. Dengan menanam berbagai macam jenis tanaman tersebut lulusan pertanian akan mendapatkan keuntungan karena banyak yang membutuhkan tanaman tersebut.

Mesin Pertanian

Usaha Mesin Pertanian

Usaha Mesin Pertanian

Usaha yang cocok untuk lulusan pertanian yang bisa digeluti adalah membuat mesin pertanian. Di saat zaman serba canggih seperti saat ini dibutuhkan mesin pertanian yang membuat tugas petani menjadi semakin ringan. Salah satu contoh mesin yang dibutuhkan oleh petani adalah mesin penanam padi otomatis. Belum banyak petani yang menggunakan mesin tersebut dikarenakan harganya yang mahal. Jika lulusan sarjana pertanian bisa membuat mesin tersebut dengan harga yang lebih terjangkau bisa dipastikan akan lebih banyak petani yang bisa menggunakan mesin tersebut. Tidak hanya penanam padi otomatis saja, namun mesin permanen padi otomatis pun akan bisa diciptakan seiring dengan majunya teknologi saat ini. Mesin panen padi tersebut baru ada di jepang karena negara tersebut sudah mengedepankan pertanian modern. Namun bukan tidak mungkin dengan tangan-tangan ahli yang ada di Indonesia, suatu saat kedua mesin tersebut bisa hadir di negeri ini.

Jasa Agronom

Peluang usaha yang bisa dijalani oleh sarjana pertanian adalah membuka jasa agronom. Masih banyak yang asing dengan jasa agronom karena sifatnya yang masih sangat terbatas. Agronom adalah jasa dengan melakukan berbagai percobaan untuk bisa mendapatkan hasil panen yang terbaik. Jasa agronom juga akan mencari metode yang tepat untuk bercocok tanam agar produktivitas meningkat.

Jasa Agronom

Jasa Agronom

Profesi agronom ini sering bekerja di lapangan sehingga dekat dengan lokasi pertanian dan perkebunan. Perbedaannya dengan konsultan pertanian adalah agronom sering digunakan jasanya meski tidak ada masalah pertanian yang dihadapi, selain itu agronom ini juga bekerja di bidang perkebunan. Tujuan dari agronom dan konsultan pertanian ini berbeda dimana agronom digunakan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perkebunan, sedangkan untuk konsultan ini lebih ke mengatasi masalah pertanian yang dialami.

Penjualan Bibit Tanaman

Bibit Tanaman

Bibit Tanaman

Peluang usaha lulusan sarjana pertanian yang menggiurkan adalah menjual bibit pertanian. Jika sarjana pertanian bisa menghasilkan bibit pertanian yang menarik hasil dari penelitiannya pasti akan banyak petani yang menginginkannya. Selain itu sarjana pertanian bisa menjual berbagai macam jenis bibit yang dibutuhkan di dalam pertanian, semakin lengkap dan berkualitas bibit yang dijual maka semakin bagus untuk bisnis. Berikanlah harga yang kompetitif supaya banyak konsumen yang datang.

Pupuk Pertanian

Pupuk tanaman

Pupuk tanaman

Sarjana pertanian bisa berinovasi dengan membuat pupuk yang bermanfaat untuk petani. Semakin bagus pupuk tersebut bagi tanaman maka semakin banyak yang membutuhkannya.

Blogger

Bisnis atau usaha sampingan yang bisa dijalani oleh lulusan sarjana pertanian adalah menjadi blogger dengan niche pertanian. Blogger ini akan memiliki penghasilan yang lumayan terutama jika blog tersebut tersambung dengan PPC atau pay per click. Semakin banyak click yang didapat maka semakin banyak penghasilan yang akan didapatkan. Tugas yang harus ditanggung oleh blogger dengan niche pertanian adalah membuat konten blog yang menarik minat pembaca sehingga traffic blog menjadi meningkat.

Demikianlah beberapa peluang usaha lulusan sarjana pertanian yang bisa digeluti, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

sarjana pertanian -sarjana pertanian yang sukses -lulusan sarjana apa saja yang membuka usaha -lulusan sarjana pertanian -bisnis untuk sarjana pertanian -lulusan pertanian sukses -kunci suskses serjana pertanian -jurusan pertanian untuk mengolah pupuk -usaha yang menjajikan untuk sarjana pertanian -di bidang apa saja sarjana pertanian di butuhkan -

Tags: apa saja Peluang usaha lulusan sarjana pertanian daftar Peluang usaha lulusan sarjana pertanian Peluang usaha lulusan sarjana pertanian Peluang usaha lulusan sarjana pertanian 2018 Peluang usaha lulusan sarjana pertanian terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Peluang Usaha Lulusan Sarjana Pertanian yang Potensial"

    Kisah Sukses Pebisnis Muda yang Kaya Raya Sebelum Usia 25 Tahun
    Kisah sukses pebisnis muda memang banyak yang
    Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yang Menarik Diketahui
    Pengertian GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) – Bank
    7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner dan Kerugiannya
    Membangun bisnis sendiri – Banyak orang yang

    Tinggalkan pesan "7 Peluang Usaha Lulusan Sarjana Pertanian yang Potensial"