Begini Cara Investasi Emas Yang Benar, Jangan Sampai Salah Langkah Jadi Rugi!

Cara investasi emas yang benar mungkin belum banyak diketahui orang. Banyak orang yang menyangka bahwa investasi emas kurang menggiurkan dibandingkan jenis investasi lainnya seperti saham ataupun properti. Walaupun demikian, memiliki emas sebagai sarana investasi masih menjadi pilihan banyak orang sampai saat ini.

Alasan kenapa emas masih menjadi primadona sampai saat ini karena cara investasi emas itu memang sangat mudah, tidak memerlukan modal uang yang banyak. Salah satu kunci sukses berinvestasi emas adalah kedisiplinan. Jadi walaupun yang Anda beli hanya 1 gram setiap bulannya namun asalkan rutin, Anda pun dapat memiliki ratusan gram bahkan kiloan dalam beberapa tahun ke depan.

Saya pribadi lebih senang menabung uang dalam bentuk emas, untuk kemudian bila sudah cukup, emas tsb dapat dijual untuk diinvestasikan pada produk lain seperti properti. Daripada menabung dalam bentuk uang yang memiliki nilai beli cenderung menurun, justru menabung emas malah dapat menahan uang kita agar tak tergerus inflasi.

Selain kebal inflasi, kelebihan investasi emas lainnya adalah modal relatif kecil, nilai jual yang terus cenderung meningkat tiap tahunnya, tidak mudah rusak, barangnya liquid / mudah ditukarkan atau diperjualbelikan. Cara investasi emas pun sangat mudah, Anda dapat membelinya di toko emas, pegadaian, bank-bank syariah, kantor pos, ataupun di kantor ANTAM.

Walaupun mudah, namun jangan pernah menyepelekan cara investasi emas yang benar ya. Karena bila salah langkah, bukannya untung, Anda bisa saja buntung. Jangan pernah tergiur tawaran investasi emas bodong yang menjanjikan keuntungan “wah”. Nah agar Anda terhindar dari kerugian, yuk simak tips sukses berinvestasi emas yang baik dan benar berikut ini hanya di CaraInvestasiBisnis.com ..

cara investasi emas yang benar

cara investasi emas yang benar (image: money.cnn.com)

Baca juga: 12 Keuntungan Investasi Emas yang Menggiurkan

Tips dan Cara Investasi Emas Yang Benar Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah 6 langkah berinvestasi emas yang tepat, yaitu:

Pilih Emas Batangan

Ada beberapa jenis emas yang dapat Anda beli di pasaran, seperti dalam bentuk emas perhiasan (gelang, kalung, cincin, dll), koin emas, dan emas batangan.

Nah agar menguntungkan, pilihlah emas batangan sebagai cara investasi emas yang benar. Membeli emas perhiasan tidaklah salah, namun ingat ada biaya cetak yang lumayan besar pada emas perhiasan sehingga nilai jual kembali (buy back) nya cenderung lebih rendah dibandingkan emas batangan.

Baca juga: 3 Tips Memilih Investasi Emas Perhiasan atau Batangan  

Tetapkan Tujuan Berinvestasi Emas dan Buat Rencananya

Menetapkan tujuan berinvestasi merupakan cara investasi emas yang benar berikutnya. Sebaiknya tetapkan target yang spesifik dan bisa dilakukan. Tujuan ini akan membuat Anda termotivasi. Tuliskan tujuan investasi emas Anda sejelas-jelasnya, misalnya target beli emas 5 gram tiap bulan dalam 3 tahun, 5 tahun, ataupun 5 tahun. Sebagai contoh, Anda ingin membeli rumah, tanah dalam, mobil dalam 10 tahun ke depan, atau misalnya ingin  melakukan umroh ataupun menunaikan ibadah haji dalam waktu 3 tahun ke depan.

Tanpa tujuan yang jelas, biasanya orang akan cenderung malas dan akhirnya niatan berinvestasi pun tak pernah terwujud. Namun ingat, tujuan / target yang Anda buat pun harus sesuai kemampuan. Bila Anda hanya dapat membeli emas 5 gram tiap bulannya, maka buatlah rencana membeli 5 gram emas. Bila Anda hanya mampu mengumpulkan uang untuk membeli emas setiap 2 bulan sekali juga tidak masalah, yang penting konsisten. Target yang terlalu ketinggian justru akan membuat Anda frustasi. Bila Anda tergiur untuk menjual emas, ingat kembali target yang telah Anda tetapkan tadi.

Ada beberapa cara memiliki emas, apakah membelinya secara tunai atau mencicilnya / kredit. Namun sebaiknya membelinya secara tunai saja, karena fasilitas cicilan akan dikenakan biaya juga. Nah bila uang yang Anda miliki terbatas, Anda dapat menabung uang Anda dulu untuk kemudian dibelikan emas bila sudah cukup dananya. Bank syariah maupun Pegadaian merupakan lembaga yang membantu masyarakat untuk memiliki emas dengan cara mudah, keduanya menyediakan layanan tabungan emas maupun cicilan emas. Nah tergantung cara investasi emas batangan mana yang Anda pilih, yang penting Anda konsisten.

Sebelum Beli Cek Dulu Harganya

Cara investasi emas yang benar berikutnya adalah ketahui dulu harganya. Seperti Anda ketahui, harga emas biasanya berbeda setiap harinya. Bila Anda ingin mengejar keuntungan, sebaiknya beli emas saat harga turun dan jual emas saat harga tinggi. Anda dapat mengecek harga pasar emas batangan di tempat pilihan Anda atau bisa melalui bantuan internet. Harga paling murah dapat Anda peroleh di pusat penjualan emas ANTAM Pulogadung karena harga jual yang ditetapkan adalah harga pabrik. Nah bila lokasi Anda jauh dari Pulogadung, Anda dapat membeli emas batangan ANTAM ini di toko emas, Pegadaian, Kantor Pos, ataupun butik emas ANTAM yang tentunya dengan harga agak tinggi tapi masih kompetitif.

Pilih Tempat Beli Emas Yang Terpercaya

Sebelum membeli emas, sebaiknya ketahui dulu tempat membeli emas yang terpercaya, sudah diyakini kredibilitasnya. Maraknya penipuan emas sudah sewajarnya membuat Anda lebih berhati-hati. Pastikan hanya membeli emas ANTAM di tempat resmi terpercaya sebagai cara investasi emas yang benar dan menguntungkan.

investasi emas antam

Berikut ini adalah beberapa tempat membeli emas ANTAM resmi dan terpercaya, yaitu:

  1. Langsung beli di ANTAM – Saat ini Anda dapat membeli emas di Unit Bisnis Antam Pulogadung Jakarta Timur dengan harga pabrik. Nah bila lokasi Anda jauh, Anda dapat membeli emas Antam dengan harga agak tinggi di butik emas ANTAM yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Untuk alamatnya di mana saja silahkan cek di logammulia.com
  2. PT PegadaianCara investasi emas di Pegadaian merupakan pilihan terutama bagi Anda yang tak bisa datang langsung ke ANTAM. Kantor cabang Pegadaian ini malah sudah masuk ke daerah pedesaan. Anda dapat membeli emas ANTAM di Pegadaian baik secara cicil maupun tunai.
  3. Bank Syariah – Selain kantor ANTAM maupun Pegadaian, Anda pun dapat membeli emas resmi Antam di bank-bank syariah terdekat di kota Anda seperti BRI syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dll.
  4. PT Pos Indonesia – Membeli emas di kantor pos yang bekerja sama dengan ANTAM juga merupakan cara investasi emas ANTAM yang dapat Anda jadikan pilihan alternatif. Anda dapat membeli emas di PT Pos mulai dari berat 0,5 gram loh!.
  5. Toko Online – Nah bagi Anda yang mengaku generasi milenial dan ingin membeli emas secara online, sekarang bisa! Anda cukup membeli secara online dan emas pun akan dikirimkan ke alamat Anda. Anda dapat membelinya di orori.com, tamasia.com, ataupun di marketplace seperti tokopedia, ataupun bukalapak. Nah bila Anda membeli di marketplace, pastikan emas yang Anda beli itu asli dan benar sebelum Anda konfirmasi penerimaannya ya.

Periksa Kondisi Emas

Memeriksa kondisi emas merupakan cara investasi emas yang benar berikutnya. Tak hanya dicek kesesuaian kode batch di fisik dan sertifikat, berat emas, kemulusan namun juga keasliannya.

Baca juga: Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Agar Terhindar Dari Penipuan Emas

Simpan di Tempat Yang Aman

Karena sifat emas yang liquid / mudah diperjualbelikan, membuat emas ini rentan pencurian. Jadi penyimpanan yang aman merupakan cara investasi emas batangan yang benar dan tak boleh dianggap sepele. Anda dapat menyimpan di lemari yang terkunci, menggunakan brankas, atau bila diperlukan dapat menyewa safe deposit box (SDB). Safe deposit box biasanya ditawarkan di bank, Pegadaian, ataupun ANTAM sendiri, tentunya ada biayanya ya ..

Nah itulah 6 cara investasi emas yang benar dan tepat yang sebaiknya Anda lakukan. Biarpun sedikit tapi asalkan konsisten, lama-lama menjadi bukit juga. Bagaimana, mudah bukan cara berinvestasi emas batangan? Yuk mulai dari sekarang!

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi emas caranya -membeli emas rutin tiap bulan -Investasi emas di bukalapak untung atau rugi -Investasi emas 5tahun kedepan -cara usaha warung yang tepat modal sedikit -cara tepat investasi emas -cara investasi emas perhiasan yg benar -cara investasi emas jual kemana -cara agar tidak rugi saat cicil motor -beli emas rutin tiap bulan -

Tags: Cara Investasi Keuntungan Investasi Tips Mengelola Uang

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Begini Cara Investasi Emas Yang Benar, Jangan Sampai Salah Langkah Jadi Rugi!"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan