5 Cara Menghindari Masalah Keuangan bagi Pasangan Muda

ads

Menghindari masalah keuangan – Setiap orang pasti pernah mengalami masalah keuangan, yang berbeda adalah besarnya masalah yang dihadapi tersebut besar atau kecil. Semakin banyak masalah keuangan yang harus ditanggung maka semakin besar finansial yang Anda keluarkan. Masalah keuangan ini sering dihadapi oleh pasangan muda yang baru saja menikah. Pasangan yang baru menikah ilmu bagaimana cara mengelola atau merencanakan keuangan masih sangat minim, sehingga masalah keuangan akan bisa mendatangi mereka kapan saja. Masalah keuangan ini tidak boleh disepelekan, sebab bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Setiap hari yang ada hanya bertengkar membahas keuangan yang dirasanya sempit. Agar rumah tangga menjadi lebih harmonis harus bisa menghindari masalah keuangan yang akan muncul. Caranya adalah berikut ini:

Bencana Keuangan di Awal Pernikahan

hutang pasangan baru

hutang pasangan baru

Sponsor

Banyak yang mengalami masalah keuangan di awal pernikahan. Pernikahan seharusnya menjadi lembaran baru di dalam kehidupan seseorang termasuk dari segi keuangan dimana harus terbebas dari finansial.  Sayangnya akibat faktor gengsi kemudian membuat pernikahannya menjadi wah dan mewah. Padahal saat itu tabungan dengan biaya pemikahan selisihnya sangat jauh sekali sehingga terpaksa harus meninggalkan hutang yang banyak. Ketika hutang yang ditanggung oleh pasangan muda tersebut terlalu banyak membuat pelunasannya memakan waktu yang lama, hal inilah yang dianggap sebagai sumber masalah pertama bagi yang sudah menikah. Oleh sebab itu jangan buat kehidupan rumah tangga menjadi susah ketika awal pernikahan, pesta pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan tabungan yang dimiliki.

Terlalu Banyak Keinginan

prioritas kebutuhan pokok

prioritas kebutuhan pokok

Penyebab masalah keuangan yang sering terjadi adalah terlalu banyak keinginan. Keinginan adalah sesuatu yang Anda inginkan dan tidak berdasarkan kebutuhan. Oleh sebab itu buatlah daftar kebutuhan Anda apa saja, yang paling penting tempatkan di urutan paling atas dan yang tidak terlalu penting di bawah daftar. Untuk hal ini Anda harus benar-benar memiliki pemikiran yang matang, mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya menjadi keinginan Anda semata. Kebutuhan yang harus Anda penuhi adalah kebutuhan dapur, kebutuhan mandi, kebutuhan bahan makanan pokok sehari-hari, dan lain sebagainya. Barulah setelah kebutuhan yang dianggap pokok sudah terpenuhi, bisa beralih ke kebutuhan yang lainnya.

Minimalkan Hangout

Kehidupan berumah tangga bukanlah hal yang mudah, sebab Anda harus perlahan-lahan mengurangi kebiasaan lama Anda ketika masih muda. Kebiasaan tersebut misalnya adalah berkumpul bersama dengan teman-teman setiap malam, atau bergadang bersama sampai pagi. Ketika sudah berumah tangga maka kebiasaan tersebut harus dikurangi, bukan dihilangkan. Anda bisa berkumpul bersama dengan teman tiap dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Jika terlalu sering menjadi berat di ongkos, Anda akan bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

Membuat Kesepakatan Bersama

Untuk bisa menghindari masalah keuangan buatlah kesepakatan. Kesepakatan tersebut tentang berapa persen dana yang akan dialokasikan ke investasi, ke dana darurat, untuk membayar tagihan dan lain sebagainya. Untuk bisa melakukan hal ini Anda harus berdiskusi dengan pasangan.

kesepakatan finansial

kesepakatan finansial

Sebagai contohnya adalah pasangan Anda baru menerima gaji selama sebulan. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah tagihan yang belum dibayar misalnya tagihan listrik, air, SPP sekolah dan lain sebagainya. Setelah itu dikurangi dengan belanja kebutuhan pokok dan yang lainnya. Nanti Anda akan mengetahui berapa sisa keuangan yang dimiliki. Anda bisa membicarakan kepada pasangan tentang investasi misalnya menanam uang sebesar 10% dari sisa keuangan yang dimiliki. Ada yang mengatakan uang suami juga uang istri namun uang istri bukanlah milik suami. Soal hal ini Anda pun bisa membicarakannya kepada pasangan. Jika memang gaji suami tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka tidak ada salahnya jika istri juga membantu finansial keluarga.

Berikan Ruang

Menghindari masalah keuangan bisa dengan cara memberikan ruang untuk pasangan Anda. Anggaran bersama yang terlalu ketat akan membuat pasangan merasa begitu terbatasi. Ahli keuangan pun menyarankan untuk memiliki anggaran terpisah yang mana bisa dibelanjakan pada item yang menjadi pilihan pasangan. Salah satu caranya dengan mencantumkan anggaran untuk fun money. Fun money ini bisa digunakan untuk membeli barang yang pasangan inginkan.

ads

Masalah keuangan tidak hanya menghampiri pasangan muda saja, namun yang sudah lama menikah pun bisa terkena masalah keuangan ini. Oleh sebab itu untuk menghindari masalah keuangan, lakukanlah beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas untuk membuat kehidupan rumah tangga lebih tenteram dan damai.

Tags: cara Menghindari masalah keuangan kiat Menghindari masalah keuangan Menghindari masalah keuangan Menghindari masalah keuangan terbaru tips Menghindari masalah keuangan

Posting Terkait "5 Cara Menghindari Masalah Keuangan bagi Pasangan Muda"

30 Perusahaan dalam Daftar Investasi Bodong menurut OJK
Bagi Anda yang berniat untuk melakukan investasi,
4 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Baru Menikah
Tips rencana keuangan pasangan muda – Menikah
7 Tips Mengatur Keuangan Pribadi dan Bisnis
Tips mengatur keuangan pribadi dan bisnis –

Tinggalkan pesan "5 Cara Menghindari Masalah Keuangan bagi Pasangan Muda"