6 Rencana Keuangan Usia 40 Tahun yang Penting Untuk Dilakukan

ads

Rencana keuangan usia 40 tahun – Usia 40 tahun di sebut sebagai usia yang matang. Meski begitu tidak sedikit yang belum mapan di usia ini. Banyak yang mengalami kegagalan keuangan di usia 40 tahun, oleh sebab itu diperlukan rencana keuangan yang tepat agar tidak mengalami kegagalan keuangan di usia ini. Di saat menginjak usia 40 tahun, Anda harus memiliki rencana keuangan yang tepat. Orang yang sudah memiliki rencana keuangan yang baik, di saat usianya menginjak 40 tahun keuangannya sudah stabil sehingga Anda akan memiliki cara bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. Berikut ini adalah rencana keuangan usia 40 tahun yang bisa Anda lakukan:

Persiapan Dana Darurat

Persiapan Dana Darurat

Persiapan Dana Darurat

Sponsor

Di saat usia 40 tahun, kondisi kesehatan sudah tidak stabil sehingga berbagai macam penyakit bisa terjadi. Oleh sebab itu di saat usia ini Anda harus menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini harus sebesar 9 kali jumlah gaji Anda. Jika Anda sudah memiliki anak maka dana yang harus disiapkan adalah sebanyak 12 kali gaji bulanan Anda.  Misalnya gaji Anda sebulan 2 juta rupiah, maka dana darurat yang harus Anda miliki sebesar 18 juta rupiah bagi yang belum memiliki anak dan 24 juta bagi yang sudah memiliki anak. Jangan gunakan dana darurat ini jika tidak benar-benar mendesak, namun jika terpaksa menggunakan dana ini Anda harus menggantinya sejumlah dana yang dipinjam.

Asuransi

asuransi jiwa

asuransi jiwa

Salah satu rencana keuangan usia 40 tahun yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan asuransi. Meski asuransi ini bukanlah penghilang risiko namun dengan adanya asuransi Anda bisa berbagi risiko. Anda tidak akan pernah tahu kapan risiko tersebut datang kepada Anda, sehingga asuransi ini bisa melindungi diri Anda dari berbagai macam risiko yang bisa saja terjadi. Asuransi yang harus Anda miliki adalah asuransi kesehatan. Karena usia Anda sudah menginjak kepala empat, maka besarnya premi tersebut bisa saja lebih besar dibandingkan dengan nasabah yang ikut asuransi sejak usia muda.

Penghasilan Pasif

passive income

passive income

Untuk bisa merencanakan keuangan di usia yang sudah matang Anda harus memiliki penghasilan pasif.  Penghasilan pasif ini bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi dengan jangka waktu panjang.  Misalnya saja Anda menanamkan uang di investasi dengan jangka waktu 10 tahun, maka setia tahunnya uang Anda tersebut akan bisa berkembang dengan pesat. Investasi yang bisa mendatangkan keuntungan atau profit yang banyak adalah saham, namun khusus pemula sangat tidak disarankan untuk invest di saham ini sebab risikonya sangat tinggi. Anda bisa menanamkan modal atau uang di reksadana. Reksadana adalah investasi paling aman khusus pemula.

Perbaiki Keuangan Sebelumnya

Memasuki usia 40 tahun Anda harus lebih bijak dalam mengelola keuangan, mana yang benar-benar Anda butuhkan dan mana yang hanya menjadi keinginan semata. Oleh sebab itu Anda harus mengevaluasi setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Untuk mengevaluasi pengeluaran ini Anda harus mendiskusikannya dengan pasangan. Apa sebenarnya tujuan hidup Anda bersama dengan pasangan. Ketika sudah tahu tujuan hidup, Anda bisa melakukan eliminasi terhadap pengeluaran yang dianggap tidak perlu dan tidak bisa menambah nilai di dalam kehidupan Anda.

Stop Hutang Baru

hutang

hutang

Untuk bisa melakukan rencana keuangan usia 40 tahun dengan benar adalah Anda harus menghentikan semua hutang baru. Jika memiliki kebiasaan berhutang sebaiknya perlahan-lahan mengubah kebiasaan tersebut. Hal itu dikarenakan untuk bisa hidup dengan tenang di usia yang matang kebiasaan berhutang harus dihilangkan. Jika di usia ini Anda belum bisa menabung jangan bersikap konsumtif dengan memikirkan mengambil cicilan Smartphone, memikirkan renovasi rumah dan mengambil cicilan mobil baru. Terkadang di usia 40 tahun ini masih ada yang memikirkan hal-hal tersebut padahal kemampuan untuk menabung masih sangat minim sekali.

Hutang Lama Dilunasi

Untuk merencanakan keuangan selanjutnya bisa dengan melunasi semua hutang lama Anda. Hutang lama ini akan membuat kehidupan Anda menjadi lebih terbebani sehingga akan terasa melegakan ketika hidup terbebas dari hutang.

ads

Rencana keuangan sangat diperlukan untuk merencanakan kehidupan Anda di masa tua. Lakukanlah beberapa rencana keuangan usia 40 tahun yang telah dijelaskan di atas agar terhindar dari sifat konsumtif dan membuat finansial menjadi lebih baik.

Tags: bagaimana Rencana keuangan usia 40 tahun Rencana keuangan usia 40 tahun Rencana keuangan usia 40 tahun 2018 Rencana keuangan usia 40 tahun terbaru

Posting Terkait "6 Rencana Keuangan Usia 40 Tahun yang Penting Untuk Dilakukan"

30 Perusahaan dalam Daftar Investasi Bodong menurut OJK
Bagi Anda yang berniat untuk melakukan investasi,
4 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Baru Menikah
Tips rencana keuangan pasangan muda – Menikah
5 Cara Menghindari Masalah Keuangan bagi Pasangan Muda
Menghindari masalah keuangan – Setiap orang pasti
7 Tips Mengatur Keuangan Pribadi dan Bisnis
Tips mengatur keuangan pribadi dan bisnis –

Tinggalkan pesan "6 Rencana Keuangan Usia 40 Tahun yang Penting Untuk Dilakukan"