4 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Baru Menikah

ads

Tips rencana keuangan pasangan muda – Menikah adalah langkah besar di dalam kehidupan manusia. Setelah menikah Anda bersama dengan pasangan akan sama-sama menjalani hidup bersama-sama. Kondisi susah dan senang harus selalu bersama-sama. Tidak hanya status saja yang berubah namun kehidupan pun berubah. Kehidupan rumah tangga susah-susah gampang, gampang karena bisa dijalani bersama-sama sedangkan susah karena harus menggabungkan dua pemikiran menjadi satu. Yang harus diperhatikan ketika akan mengawali kehidupan yang baru adalah soal finansial. Seberapa pun banyak gaji yang didapatkan jika tidak ada rencana keuangan yang bagus tetap akan terasa kurang, begitu pula jika gaji tidak terlalu besar namun memiliki rencana keuangan yang bagus, pengeluaran bisa lebih kecil dari pendapatan maka kehidupan akan lebih terasa menentramkan. Simak tips rencana keuangan pasangan muda yang bisa dilakukan berikut ini:

Mempelajari Hal Penting Dalam Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan

Perencanaan Keuangan

Sponsor

Dalam merencanakan keuangan ada beberapa tipe dasar yang harus Anda pahami, yang pertama adalah arus kas, dana darurat, investasi, dana hari tua dan berbagai macam rencana keuangan yang lain. Semua yang mendasari dalam rencana keuangan tersebut disebut dengan all things basic. Tips rencana keuangan pasangan muda yang bisa Anda lakukan bisa dengan menyusun atau merencanakan arus kas, yang mana pengeluaran harus lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan. Sedangkan yang kedua adalah dana darurat dan tidak boleh digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda bisa menyisihkan pendapatan untuk dana darurat, lakukan secara kontinyu dan berkelanjutan.

Ketika terpaksa untuk menggunakan dana darurat tersebut, penggantian dana harus dilakukan dengan sejumlah dana yang dipinjam. Setanah menyiapkan dana darurat Anda harus memikirkan dana untuk hari tua Anda nanti bersama dengan pasangan. Saat ini banyak sekali asuransi swasta atau milik pemerintah yang memiliki program untuk menyiapkan dana di hari tua. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda. Jangan menganggap dana di hari tua ini tidak penting sebab dana tersebut bisa menjamin kehidupan Anda bersama dengan pasangan di masa tua nanti.

Mulailah Investasi

 Investasi saham

Investasi saham

Bagi pasangan muda sebaiknya mulailah dengan berinvestasi. Ketika Anda memegang uang cash maka kelamaan uang tersebut akan habis, berbeda jika Anda menanamnya di investasi maka keuntungan akan Anda dapatkan. Pilihlah investasi jangka panjang, yang mana nilainya akan bisa diambil setelah jangka waktunya terpenuhi. Hindarilah bersikap antipati terhadap produk investasi, sebab tidak semuanya bersifat bodong. Anda hanya perlu memilih produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan pengalaman Anda. Sebagai contohnya jika Anda sudah memiliki ilmu atau pengetahuan yang cukup tentang investasi maka bisa bermain atau menanamkan modal di saham, namun bagi yang tidak tahu ilmunya atau masih awam sekali dengan investasi bisa memilih reksadana sebab akan ada Manajer Investasi yang menjalankan dana yang Anda tanam tersebut sehingga Anda hanya mengawasi kinerja dari manajer investasi tersebut.

Mempertimbangkan Pengeluaran

pengeluaran uang

pengeluaran uang

Tips rencana keuangan pasangan muda yang bisa dilakukan adalah mempertimbangkan pengeluaran. Mungkin dari pihak suami memiliki pengeluaran pribadi dan juga si istri memiliki pengeluaran pribadi. Maka agar keuangan di dalam rumah tangga menjadi tidak minus harus mempertimbangkan pengeluaran dari masing-masing pihak. Buatlah list daftar dari pihak suami begitu pula dengan istri mana yang penting untuk dibeli terlebih dahulu. Kedua belah pihak tidak boleh memaksakan egonya masing-masing. Misalnya saja adalah si suami ingin membeli barang A, namun menurut istri barang tersebut belum diperlukan karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan maka pihak suami tidak boleh ngotot untuk mendapatkan keinginannya tersebut. Hal tersebut juga berlaku bagi pihak istri. Mengedepankan keegoisan hanya akan membuat rumah tangga mengalami cekcok.

Pegang Teguh Komitmen

Menjalankan perencanaan keuangan yang telah disepakati kedua belah pihak bukanlah hal yang mudah, namun jika mau saling berkomitmen maka semuanya akan terasa lebih mudah dan indah. Berawal dari perencanaan keuangan yang sederhana, namun jika dilakukan secara disiplin maka kondisi finansial di dalam rumah tangga akan bisa lebih baik dibandingkan dengan yang tidak memiliki rencana keuangan.

Perencanaan Keuangan pribadi

Perencanaan Keuangan pribadi

ads

Demikianlah beberapa tips rencana keuangan pasangan muda yang harus dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: apa saja Tips rencana keuangan pasangan muda bagaimanakah Tips rencana keuangan pasangan muda Tips rencana keuangan pasangan muda Tips rencana keuangan pasangan muda terbaik Tips rencana keuangan pasangan muda teruji

Posting Terkait "4 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Baru Menikah"

30 Perusahaan dalam Daftar Investasi Bodong menurut OJK
Bagi Anda yang berniat untuk melakukan investasi,
5 Cara Menghindari Masalah Keuangan bagi Pasangan Muda
Menghindari masalah keuangan – Setiap orang pasti
7 Tips Mengatur Keuangan Pribadi dan Bisnis
Tips mengatur keuangan pribadi dan bisnis –

Tinggalkan pesan "4 Tips Rencana Keuangan Pasangan Muda Baru Menikah"