5 Cara Meningkatkan Uang Tabungan Untuk Kebutuhan Masa Depan

Kita tentu saja harus merencanakan segala hal untuk masa depan, mungkin cara meningkatkan uang tabungan ini bisa menjadi salah satu cara untuk merencakan kebutuhan Anda di masa depan. Menabung bukan hanya untuk menyimpan sebagian pemasukan Anda. Namun, menabung merupakan cara bagi sebagian orang untuk mendapatkan hal yang mereka impikan. Biasanya tabungan dilakukan untuk membeli rumah, kendaraan bahkan untuk kebutuhan  masa depan keluarga Anda. Dengan cara menabung, kita bisa mempersiapkan segalanya dengan aman. Namun, bagaimana jika kita idak bisa menabung sesuai target?

Tidak sedikit orang yang kesulitan meningkatkan uang tabungan karena sering diambil sebelum target tercapai. Biasanya, mereka memutuskan menggunakan uang tabungan karena menghadapi keadaan terhimpit, namun tidak sedikit yang dikarenakan kehidupan mereka yang boros sehingga memutuskan untuk menggunakan sebagain uang tabungannya untuk menutupi kebutuhan mereka sehari-hari. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa cara meningkatkan uang tabungan agar tetap sesuai dengan target dan kebutuhan Anda.

Membuka Tabungan Berjangka

Di beberapa bank, kita bisa membuka tabungan jangka panjang. Biasanya customer service akan menawarkan kepada Anda saat pertama kali membuka rekening. Namun, Anda bisa membuka tabungan jangka panjang ini kapan saja. Selain untuk mengamankan tabungan Anda, tabungan jangka panjang juga memberikan keuntungan kepada nasabahnya berupa bunga sebesar 3-5% pertahunnya. Dengan keuntungan itu tentunya akan meningkatkan jumlah uang tabungan Anda setiap tahunnya.

tabungan berjangka

Selain itu, Anda juga  tidak bisa asal mengambil dana di dalam tabungan jangka panjang, karena jenis tabungan ini biasanya ada jangka waktu dalam penarikan dananaya. Jadi Anda tidak bisa begitu saja mengambil dana di rekening.

Membuka Rekening Deposito

Rekening Deposito

Rekening Deposito

Cara meningkatkan uang tabungan yang selanjutnya adalah dengan membuka tabungan deposito. Berbeda dengan tabungan jangka panjang, tabungan deposito ini baru bisa diambil dalam jangka waktu selama minimal 5 tahun. Tabungan deposito ini akan memberikan Anda keuntungan bunga hingga 7.5% pertahunnya. Selain itu, minimal setoran pada tabungan deposito ini diatas 8 juta. Dengan metode ini tentunya tabungan Anda akan terus meningkat.

Tabungan deposito banyak digunakan oleh karyawan kelas menengah atas untuk mengamankan keuangannya di masa depan.

Menabung Emas di Beberapa Bank Penyedia

Menabung emas

Menabung emas

Cara selanjutnya untuk meningkatkan tabungan Anda adalah dengan menabung emas. Kita semua tahu bahwa emas adalah logam mulia yang harga jualnya tetap stabil bahkan bisa terus meningkat setiap harinya. Oleh karenanya, dengan menabung emas, Anda tidak akan dirugikan atau takut harga jualnya yang turun. Bahkan kemungkinan Anda bisa mendapatkan tambahan tabungan jika menjual emas di waktu yang tepat saat harga sedang melonjak.

Menabung dan Berinvestasi di Rekening Reksadana

Reksadana merupakan tabungan investasi yang memiliki resiko rendah. Dengan menabung di reksadana ini, pihak bank akan berussaha agar Anda mendapatkan keuntungan yang besar setiap bulannya. Biasanya, bank akan memberikan keuntungan hingga 5% tergantung dari jenis reksadana yanbg Anda gunakan ini. Cara meningkatkan uang tabungan ini banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga yang ingin berinvestasi namun hanya memiliki modal yang kecil dan tidak mau terlalu mengambil resiko kehilangan uangnya.

Hingga saat ini, reksadana sendiri menjadi tren di beberapa kalangan untuk meningkatkan jumlah tabungan mereka daripada harus mentimpannya saja. Mungkin cara ini bisa menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan tabungan setiap bulannya.

Tidak Terlalu Boros dalam Menggunakan Uang

Hal yang paling signifikan untuk meningkatkan jumlah tabungan Anda adalah dengan menekan pengeluaran Anda. Anda tidak boleh boros dalam melakukan berbagai kegiatan. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada isi tabungan Anda. Biasakan konsisten dalam menabung, sehingga Anda bisa menggapai apa yang diinginkan sesuai dengan target.

daftar belanja

Oleh karenanya, perhatikan segala pengeluaran Anda sehingga tidak menghabiskan tabungan Anda nantinya. Jika perlu buatlah anggaran belanja Anda sendiri yang ditulis dalam sebuah note sehingga Anda tahu berapa uang yang harus dibelanjakan per harinya. Cara tersebut dianggap konsisten untuk menghindari pemakaian uang yang terlalu boros akibat hasrat berbelanja kebutuhan tersier.

Untuk bisa menabung dengan teratur memang hal yang cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang. Oleh karenanya masih banyak orang yang tidak memiliki tabungan untuk keperluan masa depan. Mereka tidak pernah mau memikirkan apa yang akan terjadi pada mereka dan keluarganya di masa mendatang. Sehingga saat mengalami masalah atau membutuhkan dana yang cukup besar membuat mereka harus berhutang dan menjual barang-barang berharga yang mereka miliki.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan beberapa cara diatas untuk mengamankan tabungan Anda dan mempersiapkan masa depan yang jauh lebih cerah dibandingkan tidak memiliki sepeser pun  uang yang ditabung. Banyak orang yang berhasil mendapatkan berbagai hal dan barang impian mereka dengan menabung secara konsisten.

Anda bisa mempersiapkan segala halnya sebelum membuka tabungan. Pilih jenis tabungan sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan terlalu memaksakan menabung dengan jumlah besar. Lalu cara meningkatkan uang tabungan ini bisa Anda terapkan saat Anda hendak menabung.

Загрузка...

Tags: bagaimana cara meningkatkan uang tabungan cara meningkatkan uang tabungan

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar