6 Cara Memulai Bisnis Sambil Bekerja yang Efektif

Cara memulai bisnis sambil bekerja – Bisnis banyak di lirik oleh karyawan karena sering kali gaji sebagai karyawan tidak mencukupi. Bisnis tersebut juga bermanfaat untuk bekal di masa tua nanti. Saat tua banyak yang menginginkan masa yang nyaman dan tenang, namun tidak bagi yang tidak memiliki tabungan atau bisnis. Mereka harus bekerja saat masa tua padahal tenaga dan pikiran sudah tidak fit lagi. Oleh sebab itulah banyak yang memutuskan untuk berbisnis selagi masih mudah supaya saat tua memiliki passive income. Passive income itu adalah uang bekerja untuk Anda, bukan Anda bekerja untuk uang. Lalu bagaimana cara memulai bisnis sambil bekerja khusus karyawan?, simak caranya berikut ini:

Perhatikan Kontrak yang Berlaku

Hal pertama sebelum Anda tahu bagaimana cara memulai bisnis sambil bekerja adalah perhatikan ikatan kontrak yang berlaku. Jangan sampai Anda melanggar ikatan kontrak yang sudah Anda tanda tangani sebelumnya bersama dengan perusahan tempat Anda bekerja. Jika di sana terdapat poin Anda dilarang untuk terikat kontrak dengan bisnis lainnya atau memiliki bisnis sampingan maka jangan melakukan hal tersebut karena sama saja Anda melanggar kontrak. Jika memang benar-benar ingin berbisnis, Anda harus memilih salah satu karena melanggar kontrak akan ada konsekuensi yang harus dibayar yaitu sanksi hukuman pidana atau membayar dengan atau penalty dengan nominal yang sudah ditentukan.

Lihat Berapa Banyak Waktu Luang

Berbisnis

Berbisnis

Untuk bisa memulai bisnis sambil bekerja Anda harus bisa mengidentifikasi seberapa banyak Anda memiliki waktu luang. Waktu luang ini adalah jam dimana Anda tidak terikat dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan mengidentifikasi waktu luang ini, Anda bisa tahu kapan bisa melakukan bisnis. Banyak yang menyerah sebelum memulai bisnis karena menganggap bahwa tidak memiliki cukup waktu untuk menjalankan bisnis padahal setiap orang memiliki waktu luang dengan jumlah yang berbeda-beda. Selain itu bagi yang memiliki kebiasaan di luar jam kerja supaya produktif harus bisa membagi waktu kapan untuk bersantai dan kapan untuk menjalankan bisnis. Manajemen waktu yang kurang akan membuat Anda stress, kurang tidur, dan tidak puas terhadap gaji yang diberikan. Anda bisa memulainya dengan membagi dan memanajemen waktu secara optimal.

Fokus

Fokus bisnis

Fokus bisnis

Cara memulai bisnis sambil bekerja yang bisa dilakukan adalah mulailah fokus dengan apa yang akan dilakukan. Menjalankan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu memang berat, namun jika sudah fokus maka hal kedua tersebut akan mudah untuk Anda lakukan. Untuk mengatasi kurang fokus Anda bisa mulai dengan bekerja secara mendalam. Seperti apa itu bekerja dengan mendalam?, yaitu Anda bisa mendorong kemampuan kognitif yang Anda miliki dengan batas yang maksimal. Teruslah fokus sampai hal yang Anda lakukan tersebut selesai. Hindari hal-hal yang bisa membuat konsentrasi buyar dan hindari memunculkan interaksi lain jika hanya memiliki waktu yang terbatas.

Disiplin

Cara memulai bisnis sambil bekerja bisa dengan cara disiplin. Tanpa adanya disiplin ini Anda tidak bisa melakukan kedua hal secara bersamaan dengan konsisten. Justru melakukan kedua hal secara bersamaan akan menimbulkan rasa jenuh, rasa bosan, lelah, letih, lesu, dan lain sebagainya akibat tidak mampunya bersikap disiplin. Oleh sebab itu penting bagi Anda yang akan memulai bisnis sampingan sambil bekerja harus berlaku disiplin. Untuk disiplin ini bisa dengan membuat jadwal apa yang akan dilakukan selama satu hari, satu minggu, dan juga satu bulan.

Mencari Bantuan

Anda tidak bisa mengatur bisnis sambil bekerja, sehingga dibutuhkan orang kepercayaan untuk menghandel bisnis tersebut terutama jika nantinya bertabrakan dengan jam kerja. Untuk pertama carilah admin yang mana bisa mendukung operasional bisnis Anda, selain itu bisa merekrut karyawan lainnya jika bisnis sudah semakin berkembang.

Tetap Bersikap Profesional

Bersikap Professional

Meski bisnis Anda sudah berkembang, namun Anda tetap karyawan yang mana terikat dengan kontrak kerja yang telah disepakati antara Anda dengan perusahaan. Oleh sebab itu bersikap profesional sangat dibutuhkan di sini. Saat di kantor, Anda adalah karyawan yang mana harus bisa menjaga reputasi atau nama baik dari kantor Anda tersebut. Jangan sampai karena sibuk mengurus bisnis Anda sendiri pekerjaan Anda di kantor menjadi terbengkalai.

Hambatan Bisnis Sambil Bekerja

Selain mengetahui bagaimana cara untuk memulai bisnis sambil bekerja Anda juga harus tahu seperti apa hambatan bisnis sambil bekerja tersebut. Dengan mengetahui hambatannya, Anda akan bisa mengantisipasinya dan menemukan jala terbaik jika suatu saat hambatan tersebut menimpa bisnis Anda. Hambatan yang pertama adalah sering bertabrakan dengan jam kerja. Menjadi pebisnis sekaligus karyawan akan membuat Anda sering bertabrakan dengan jam kerja terutama jika di kantor pekerjaan sedang full, bisa-bisa Anda harus lembur untuk menyelesaikan tugas Anda di kantor.

Hambatan yang bisa terjadi adalah orang kepercayaan tidak sesuai dengan ekspektasi. Karena tidak bertemu langsung dengan Anda akibat sibuk di kantor membuat beberapa orang kepercayaan lengah dengan tugas yang dipercayakan kepada mereka. Selain itu banyak karyawan yang menjadi pebisnis dimana tidak bisa memanajemen keuangan dengan baik akibatnya bisnis tersebut menjadi kekurangan modal, bahan gaji karyawan yang dimilikinya harus digunakan untuk menutupi kekurangan modal dalam berbisnis.

Lakukanlah cara memulai bisnis sambil bekerja seperti di atas supaya bisnis dan pekerjaan bisa berjalan beriringan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tags: bagaimana Cara memulai bisnis sambil bekerja Cara memulai bisnis sambil bekerja tips memulai bisnis sambil bekerja trik memulai bisnis sambil bekerja

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Cara Memulai Bisnis Sambil Bekerja yang Efektif"

    6 Cara Belajar Buat Startup Untuk Bisnis Beserta Risikonya
    Belajar buat startup – Banyak yang menganggap
    8 Cara Mengenalkan Bisnis Pada Anak yang Terbukti Berhasil
    Cara mengenalkan bisnis pada anak - Orang tua
    Mari Mengenal Workplace Facebook Untuk Berbisnis
    Workplace Facebook – Kini fungsi Facebook tidak
    4 Cara Membuat Usaha Unik yang Banyak Diminati
    Cara membuat usaha unik – Dengan semakin

    Tinggalkan pesan "6 Cara Memulai Bisnis Sambil Bekerja yang Efektif"