6 Cara Membeli Tanah dengan Harga Murah Untuk Bisnis yang Mudah

Cara membeli tanah dengan harga murah – Tanah menjadi properti yang sangat menggiurkan, hal itu dikarenakan harganya akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Mengapa harga tanah bisa semakin mahal dan meningkat?, alasannya adalah populasi manusia semakin meningkat namun tanah ini tidak bisa semakin meluas atau jumlahnya bertambah. Hal tersebutlah yang membuat harga tanah menjadi mahal karena semakin banyak dibutuhkan. Melihat peluang ini Anda bisa memanfaatkannya sebagai ide bisnis yang potensial. Meski begitu ada beberapa kendala yang untuk menggeluti bisnis tanah ini salah satunya adalah biaya atau modal yang besar. Untuk bisa mendapatkan tanah dengan lokasi strategis yang mana cocok sebagai bisnis ini biasanya mahal, sehingga budget yang harus dikeluarkan juga cukup mahal.

Membeli Tanah Harga Murah

tanah dijual

tanah dijual

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membeli tanah dengan harga murah, sehingga modal yang dikeluarkan untuk membeli tanah ini sedikit. Berikut adalah cara membeli tanah dengan harga murah yang bisa Anda lakukan:

  1. Lakukan survei

Cara membeli tanah dengan harga murah yang pertama adalah lakukanlah survei tanah. Semakin sering Anda melakukan survey maka hal tersebut akan semakin bagus untuk Anda karena bisa melakukan perbandingan harga. Ada beberapa kondisi tertentu dimana seseorang menjual tanahnya dengan harga yang miring salah satunya adalah posisi terdesak. Ketika seseorang dengan kondisi terdesak dan butuh uang akan menjual tanahnya dengan jauh dari harga normal. Oleh sebab itu jangan malas untuk melakukan survey supaya bisa mendapatkan harga tanah yang miring.

  1. Langsung tangan pertama

Bagi yang tidak memiliki banyak waktu, memilih menggunakan jasa makelar dibandingkan dengan langsung bertemu dengan pihak penjual. Padahal dengan menemui penjual atau si tangan pertama akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan yaitu mendapatkan harga yang murah atau terjangkau. Anda tidak akan membayar jasa makelar untuk sebidang tanah yang dijual.

  1. Situs properti

Cara membeli tanah dengan harga murah selanjutnya manfaatkan situs properti. Untuk mencari situs properti yang akan membantu Anda menemukan tanah dengan lokasi terbaik adalah pilihlah yang kredibel. Situs yang kredibel akan memberikan Anda informasi yang sebenarnya tentang tanah tersebut. Berbeda dengan situs yang tidak kredibel dimana mereka memberikan informasi yang tidak sesuai dengan tanah maupun properti lainnya yang dijual.

  1. Melihat harga standar

Supaya tidak tertipu dengan tanah yang terlalu mahal Anda bisa melihat harga standar dari tanah tersebut. Standar yang bisa diperhatikan adalah NJOP atau nilai jual objek pajak tanah. Dengan standar tersebut Anda bisa tahu mana lokasi tanah dengan harga murah dan yang tidak.

  1. Kondisi lingkungan

Hal yang penting diperhatikan bagi yang ingin mencari tanah dengan harga murah adalah Anda bisa mencari sesuai dengan lokasi lingkungan yang diinginkan. Biasanya harga yang murah adalah tanah dengan lokasi rawan banjir dan lain sebagainya. Sehingga jangan asal murah saja namun juga melihat kondisi lingkungan yang ada. Anda bisa membeli tanah yang memiliki prospek bagus beberapa tahun ke depan. Tanah dengan prospek bagus untuk beberapa tahun mendatang tersebut harga belinya lebih murah saat ini dibandingkan dengan beberapa tahun ke depan. Sebagai contohnya adalah Anda membeli tanah di lokasi yang tidak strategis karena tidak ada akses jalan di tanah tersebut, kemudian Anda tahu jika beberapa tahun ke depan di lokasi tanah tersebut akan didirikan jalan utama atau jalan besar maka harga jual tanah tersebut akan mengalami peningkatan.

  1. Berikan penawaran

Langkah terakhir membeli tanah dengan harga murah yang bisa Anda lakukan memberikan penawaran menarik kepada si penjual. Misalnya saja jika penjual mau memberikan harga tanah dengan sedikit miring Anda bisa membayar tanah 75% secara cash dan lain sebagainya. Dengan begitu penjual akan mempertimbangkan tawaran menarik dari Anda sehingga kalau dia benar-benar butuh uang dengan cepat tawaran tersebut akan dipertimbangkannya dengan baik sehingga Anda bisa mendapatkan tanah dengan harga yang murah.

Jangan Asal Murah

Saat akan membeli tanah, jangan asal murah tapi perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Misalnya saja bagaimana kondisi lingkungan di sekitar tanah tersebut, kondusif atau tidak, sengketa atau tidak, dan bagaimana dengan legalitasnya. Jangan membeli tanah yang tidak dilengkapi dengan sertifikat karena akan menyebabkan Anda kesulitan dalam mengurusnya nanti.

Jangan asal murah

Tanah menjadi aset atau investasi yang menguntungkan dikarenakan nanti harganya akan semakin meningkat sesuai dengan permintaan. Untuk bisnis ini jangan asal dalam membeli tanah dikarenakan nantinya Anda akan menjual tanah tersebut kembali untuk bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan juga harga jual.  Supaya bisa mendapatkan selisih harga yang lumayan Anda bisa membeli tanah dengan harga yang murah. Lakukanlah beberapa cara membeli tanah dengan harga murah seperti yang disebutkan di atas untuk bisa mendapatkan tanah seperti yang diharapkan dengan harga miring.

Tags: Cara membeli tanah dengan harga murah tips Cara membeli tanah dengan harga murah tips membeli tanah dengan harga murah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Cara Membeli Tanah dengan Harga Murah Untuk Bisnis yang Mudah"

    7 Contoh Bisnis Untuk Anak Kuliahan yang Paling Potensial
    Contoh bisnis untuk anak kuliahan – Menjadi
    7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Tanah untuk Investasi
    Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tanah
    8 Ciri Investasi Bodong yang Harus Diwaspadai
    Ciri investasi bodong – Maraknya investasi bodong
    7 Cara Bisnis Sewa Apartemen Sebagai Ladang Uang
    Cara bisnis sewa apartemen – Tidak hanya

    Tinggalkan pesan "6 Cara Membeli Tanah dengan Harga Murah Untuk Bisnis yang Mudah"