Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Dapat Hilang Dengan Cara Sederhana Ini!

Sebagai pemilik website, admin website ataupun sering melakukan buka-buka sebuah situs mungkin pernah sekali atau beberapa kali melihat pesan “Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance. Check back in a minute” di tampilan web.

briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

Pesan “briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.” pada tampilan web

Sebetulnya bila melihat pesan tsb, untuk mengakses web tsb maka Anda cukup menunggu 1 hingga beberapa menit lalu coba lagi mengakses alamat web tsb. Namun kadangkala setelah beberapa menit berlalu, pesan tsb tidak juga hilang. Bagi Anda sebagai pengunjung mungkin akan segera meninggalkan web tsb dan mencari informasi di tempat lain. Lalu bagaimana bila Anda adalah pemilik ataupun admin dari web tsb? Tentunya Anda akan panik karena web tsb tidak dapat dibuka. Terutama bagi Anda yang pertama kali bertemu dengan pesan tsb.

Nah bila mengalami hal tsb sebetulnya tak perlu panik berlebihan karena cukup dengan cara sederhana maka web tsb dapat diakses kembali. Namun sebelum membahas mengenai cara mengatasi briefly unvailable for scheduled maintenance sebaiknya ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Penyebab Munculnya Pesan Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance

Pesan maintenance tsb muncul sebagai informasi bahwa memang di web tsb sedang ada proses maintenance atau perawatan web. Maintenance yang biasa dilakukan adalah update / upgrade wordpress, theme, dan plugin. Melakukan update tsb memang sangat dianjurkan agar web Anda lebih baik lagi kinerjanya dan lebih aman.

Biasanya pesan briefly unvailable for scheduled maintenance ini akan hilang sendiri setelah proses update / upgrade selesai dan biasanya hanya dalam hitungan menit. Lalu bagaimana bila pesan tsb tidak hilang-hilang?

Ada 2 hal yang biasanya menyebabkan kenapa pesan maintenance di laman web tsb muncul dan tidak hilang-hilang. Yang pertama karena faktor kesengajaan yaitu admin web memang sengaja mengalihkan semua laman web tsb ke pesan tsb. Bisa jadi karena memang web tsb sedang dirombak desainnya atau ada perubahan lainnya yang tidak ingin diketahui oleh publik.

Penyebab berikutnya karena ada error dimana proses update tsb belum selesai karena sesuatu hal tidak bisa dilanjutkan misalnya karena tidak sengaja laman admin tertutup, mati lampu, server down dsb.

Untuk mengatasi pesan maintenance yang disengaja oleh admin web seperti tak perlu dibahas disini.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Yang Tak Kunjung Hilang?

Caranya cukup mudah tinggal kunjungi saja c-panel web yang bersangkutan.

1. Pada bagian file manager, klik “setting” lalu centang bagian “show hidden files”, kemudian klik save.

cara mengatasi tulisan maintenance di web pada cpanel

cara mengatasi tulisan maintenance di web pada cpanel

2. Pilih file “maintenance” lalu klik “delete”.

cara menghilangkan file maintenance di cpanel

cara menghilangkan file maintenance di cpanel

3. Coba akses kembali laman web

Nah itulah 3 langkah mudah mengatasi “Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance. Check back in a minute”.

Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Tags: tutorial blog

author
Penulis: 
Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Berikan komentar