8 Cara Menguji Keaslian Emas Antam Paling Berhasil

Menguji keaslian emas antam – Emas antam menjadi salah satu investasi banyak warga Indonesia. Tidak jarang masyarakat kerap tertipu dengan investasi emas palsu. Jika sampai tertipu dengan emas batangan palsu tentu hal tersebut akan sangat merugikan sekali. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengecek keaslian emas antam tersebut. Kabar baiknya adalah dengan perkembangan teknologi saat ini, PT. Antam Tbk, mengembangkan tingkat keamanan yang semakin baik untuk produk cetakan mereka sehingga emas palsu akan mudah terdeteksi.  Bagi Anda yang ingin menguji keaslian emas antam, ada beberapa cara yang bisa di lakukan seperti berikut ini:

Perhatikan Bagian Fisik

emas antam

emas antam

Menguji keaslian emas antam yang pertama adalah dengan memperhatikan bagian fisik dan emas tersebut. Emas antam asli dan juga emas palsu bisa dilihat dari fisiknya, ada tanda khusus dari emas murni atau emas batangan ini misalnya adalah menggunakan satuan cap atau kadar emas. Biasanya satuan ini menggunakan satuan fineness.  Jika perhiasan menggunakan angka mulai dari 10k, 18k, dan juga 24k, untuk emas antam ini satuannya adalah 1-999.9 atau 0.1 – 0.999.

Perubahan Warna

Selanjutnya bisa dengan mengecek perubahan warnanya. Untuk emas yang asli dan palsu Anda bisa menggosokkan jari Anda ke area tertentu pada emas. Jika saat digosok warnanya berubah atau pudar atau tidak seragam bisa dipastikan hal itu emas palsu.

Menggigit Emas

Menguji keaslian emas antam ini bisa dengan cara menggigit emas. Emas adalah logam yang lembut sehingga mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karat maka semakin lembut emas tersebut. Ciri khas emas ini bisa Anda jadikan sebagai trik untuk mengetahui keasliannya. Coba lakukan trik menggigitnya jika ada bekas gigitan yang tertinggal maka kemungkinan besar emas tersebut adalah asli. Yang harus Anda khawatirkan adalah jika emas tersebut sangat keras dan tidak ada bekas apa-apa, kemungkinan emas itu adalah palsu.

Dengan Magnet

Magnet tidak hanya bisa digunakan untuk menarik besi saja namun magnet juga bisa digunakan untuk menarik emas. Hal ini bisa menjadi cara mudah bagi Anda untuk bisa memastikan keaslian emas tersebut. Agar cara ini lebih efektif Anda bisa menggunakan magnet dengan kekuatan yang besar kemudian arahkan ke emas. Jika emas tersebut tidak bisa tertarik oleh magnet maka dipastikan jika emas tersebut palsu. Sebaiknya Anda tidak hanya menggunakan cara ini untuk mengetes keaslian emas karena ada logam lainnya sifatnya magnetik sehingga mudah tertarik.

Gunakan Kertas

Menguji keaslian emas antam yang bisa dilakukan adalah dengan menggoreskan pada keramik atau kertas. Emas asli tidak akan meninggalkan jejak ketika digoreskan di kertas atau keramik. Lain halnya dengan logam lainnya yang mana akan meninggalkan goresan. Meski begitu menguji keaslian emas dengan cara ini sangat berisiko merusak emas.

Kepadatan

Emas antam maupun emas lainnya memiliki tekstur yang sedikit lembek. Emas antam dipercaya memiliki tekstur lebih lembek dibandingkan dengan emas dengan kadar karat yang rendah. Meski begitu untuk kepadatannya sangat tinggi sehingga jarang ada logam yang kepadatannya bisa menyaingi emas ini. Semakin tinggi kepadatannya maka semakin murni kadar dari logam emas tersebut.

Untuk menguji keaslian emas antam dengan mengetahui kepadatannya ini sangat mudah. Yang pertama adalah Anda bisa dengan mengisi gelas atau botol dengan ukuran milliliter. Setelah itu masukkan emas dengan digantung dengan benang, kemudian Anda bisa melihat perbedaan air sebelum dan sesudah emas direndam. Anda bisa menggunakan rumus perhitungan kepadatan dengan cara massa dibagi volume, jika hasil mendekati 19 gram per milimeter maka bisa diyakini itu adalah emas asli.

Cairan Asam

Hal ini menjadi cara yang paling populer alasannya adalah banyak dilakukan oleh pedagang emas dan toko perhiasan. Jika Anda ingin melakukannya sendiri diperlukan kehati-hatian alasannya adalah carian asam nitrat ini sangat berbahaya bagi tubuh dan pernapasan Anda. Caranya yaitu dengan meneteskan asam nitrat ke emas tersebut kemudian amatilah reaksi dari emas tersebut. Jika emas berubah warna menjadi hijau maka emas tersebut palsu dimana merupakan logam besi yang diberikan lapisan emas, namun jika berubah warna menjadi kuning merupakan logam kuningan yang dilapisi oleh emas, jika berubah warna menjadi susu maka merupakan logam perak yang diberikan lapisan emas. Untuk logam emas murni tidak akan berubah warna.

Gunakan Ultraviolet

Untuk mengetahui keaslian emas antam Anda bisa menggunakan ultraviolet. Biasanya emas antam akan disertai dengan sertifikat. Anda bisa mengecek sertifikat itu di bawah sinar ultraviolet, akan ada strip atau garis minor warna warni seperti dengan uang kertas. Di sebaliknya Anda akan logo watermark pencetak sertifikat tersebut yaitu PT. Swadharma Eragrafindo Sarana. Jika Anda tidak menemukan tanda itu maka bisa dipastikan LM Anda palsu.

Saat ini banyak terobosan teknologi terbaru yang mana bisa digunakan untuk mengecek keaslian emas antam tersebut. Anda bisa menguji keaslian emas antam dengan cara yang telah disebutkan di atas, selain itu Anda bisa membeli emas antam di tempat yang terpercaya agar bisa mendapatkan emas yang benar-benar asli.

Загрузка...

Tags: cara Menguji keaslian emas antam Menguji keaslian emas antam tips Menguji keaslian emas antam

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar