Investasi Emas atau Dollar, Mana Yang Lebih Baik dan Menguntungkan?

Investasi Emas atau Dollar ya? Ini mungkin salah satu pertanyaan dari Anda yang baru akan memulai investasi. Sebagai seorang pemula, bila Anda memiliki pertanyaan yang sama, artinya Anda sudah mulai memikirkan investasi untuk masa depan Anda dan ini merupakan langkah yang patut diacungi jempol. Kegiatan investasi memang sudah layaknya dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup Anda. Ga investasi ya ga keren hehehe ..

Investasi emas dan investasi tabungan dollar seringkali menjadi pilihan para investor pemula karena kemudahan dan tak diperlukan modal yang besar dan hasilnya cukup menggiurkan. Pertanyaan investasi emas atau dollar yang lebih menguntungkan merupakan pertanyaan yang sulit dijawab. Pasalnya tak ada jaminan bahwa investasi tsb akan terus memberikan keuntungan yang berlipat ganda di masa depan. Sudah sepatutnya Anda mempelajari cara investasi yang baik yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga semua risiko dapat diminimalkan dan bila pun terjadi risiko, Anda pun sudah “siap” menghadapinya.

Untuk mengetahui jenis investasi mana yang lebih baik dan mana investasi menguntungkan antara investasi emas atau dollar maka Anda harus memahami dulu keuntungan dan risiko dari kedua jenis investasi ini.

Baca juga: Antara Investasi Tanah, Rumah, atau Apartemen Lebih Menguntungkan Yang Mana?

Kelebihan dan Kekurangan Antara Investasi Emas atau Dollar

investasi emas atau dollar

Investasi Emas

Emas merupakan salah satu logam mulia dan merupakan produk investasi tertua di dunia. Anjuran investasi emas sudah dilakukan oleh para orangtua kita dulu namun sampai sekarang jenis investasi ini masih digemari karena likuiditasnya, dimulai dengan modal yang cukup rendah, dan nilai investasi tahan inflasi.

Keuntungan Investasi Emas

  • Likuiditas tinggi – artinya bila suatu hari Anda memerlukan dana yang cepat maka emas dapat dengan mudah dijual atau digadaikan.
  • Tahan inflasi dan memiliki nilai tukar yang sama di dunia.
  • Cara investasi emas sangat mudah, dapat dilakukan oleh oleh orang awam sekalipun.
  • Harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun.

Kerugian Investasi Emas

  • Rentan hilang sehingga perlu tempat penyimpanan yang benar-benar aman.
  • Banyak beredar emas palsu sehingga Anda harus hati-hati dan cermat dalam membedakan emas asli dan palsu ini.
  • Diperlukan jumlah emas yang banyak dan jangka panjang bila ingin mendapatkan keuntungan yang besar.

Investasi Dollar

Mata uang dollar Amerika merupakan salah satu mata uang asing yang digunakan sebagai patokan oleh bank dunia. Saat mata uang dollar Amerika ini menguat biasanya nilai rupiah akan tertekan, pada saat inilah para investor menjual dollar nya untuk mendapatkan keuntungan.

Investasi dollar ini sangat baik dilakukan bila Anda akan sekolah di luar negeri, berumroh, ataupun berhaji.

Baca juga: Tips Jual Beli Dollar dan Investasi Dollar untuk Bisnis Jangka Panjang

Keuntungan Investasi Dollar

  • Tidak terkena devaluasi (penurunan nilai mata uang) artinya bila Anda memiliki 100 USD sekarang maka nilai uang yang Anda miliki akan tetap 100 USD. Berbeda bila Anda menyimpan rupiah 10 juta maka beberapa tahun atau bulan kemudian nilainya (daya tukarnya) akan berubah tergantung kurs.
  • Keuntungan dari perubahan kurs yang cenderung menguat dari tahun ke tahun dan bahkan bisa saja Anda meraih keuntungan cepat saat nilai rupiah terpuruk.

Kerugian Investasi Dollar

  • Rentan lusuh atau terlipat sehingga dapat mengurangi nilai investasi yang Anda miliki.
  • Mata uang rentan akan inflasi termasuk mata uang dollar.

Kesimpulan

Itulah keuntungan dan kerugian antara investasi emas atau dollar yang perlu Anda pahami. Kedua jenis investasi ini sebetulnya dapat menjadi solusi investasi jangka pendek maupun jangka panjang Anda. Jadi daripada memilih mana investasi emas atau dollar yang lebih baik, bagaimana bila Anda gunakan keduanya saja? Anda harus ingat cara investasi yang benar dan aman, investasi di 2 produk yang berbeda akan jauh lebih baik dibandingkan meletakkan telur di keranjang yang sama.

Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas atau dollar maka Anda harus dapat mengamati pola pasar, yaitu beli saat harganya rendah dan jual saat harganya tinggi. Biasanya, harga emas akan naik bila harga dollar turun. Begitu pula sebaliknya harga emas akan turun bila harga dollar naik.

Namun bila Anda tak memiliki waktu untuk mengamati pola pasar, Anda cukup menambah koleksi emas dan dollar Anda saja. Cara tsb jauh lebih baik daripada terus memikirkan investasi emas atau dollar mana yang lebih baik dan tanpa action sama sekali.

Itulah ulasan seputar investasi mana yang menguntungkan seputar investasi emas atau dollar. Semoga bermanfaat …

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

investasi emas atau dollar -investasi emas -investasi emas atau dolar -nabung dolar -investasi dolar atau emas -emas vs dollar -investasi dollar vs emas -menabung dollar -investasi dol -emas atau dollar -

Tags: Cara Investasi Keuntungan Investasi Risiko Investasi

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "Investasi Emas atau Dollar, Mana Yang Lebih Baik dan Menguntungkan?"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan