7 Cara Mempercepat Index Google Paling Mudah bagi Pemula

Cara mempercepat index Google – Indeksasi merupakan proses dimana artikel ini bisa diakui dan dicatat oleh mesin pencarian. Proses index dan reindex dari mesin pencari ini memiliki jangka waktu yang relatif lama. Banyak website dan blog yang menyediakan konten di internet dan sebagian besar menggunakan Google sebagai mesin utama pencarian.

Jika sudah lama dalam dunia blogging atau SEO akan mudah tahu bagaimana cara agar artikel bisa langsung terindex dengan cepat. Namun bagi yang baru memulai, tentu bingung membuat cara agar

atau blog tersebut terindex. Jika mengalami masalah yang sama, ada beberapa cara mempercepat Index Google yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Tambahkan ke Google Search Console

Anda bisa menambahkan website ke Google Search Console dimana menjadi tools yang sangat berguna dalam melakukan monitoring kinerja website. Anda bisa melakukan identifikasi halaman yang paling populer dimana paling banyak diakses oleh pengunjung, tidak hanya itu saja Anda juga bisa mengetahui keyword apa saja yang populer untuk bisnis Anda. Anda juga bisa melakukan evaluasi konten yang ada di website Anda

Fungsi tool ini yang penting untuk indexing adalah Anda bisa melihat seberapa sering Google ini melakukan crawling dalam website Anda. Selain itu Anda juga bisa melihat indexing error yang bisa berpengaruh ranking website di hasil pencarian Anda.

Menambah Sitemap Website

Cara mempercepat Index Google yang bisa Anda lakukan adalah tambah sitemap di website Anda. Sitemap ini merupakan peta situs yang mana memiliki fungsi untuk memudahkan robot crawler Spider Google melakukan index di website Anda. Ada beberapa sitemap yang harus Anda submit ke Search Console seperti author, category, post, page dan juga tag.

Untuk menambahkannya Anda bisa masuk ke dashboard console kemudian silahkan scroll di bagian tengah kemudian Anda bisa memilih menu sitemap. Anda bisa memasukan URL sitemap di website kemudian lakukan verifikasi sampai sukses. Jika Anda menggunakan plugin SEO seperti Yoast Anda hanya tinggal submit URL saja di halaman console. Pastikan jika semua sudah di submit dan statusnya ini sukses.

Perbaiki Indexing Error

Untuk mengetahui indexing error ini bisa melalui Google Search Console. Jika ada error maka  Anda harus segera memperbaikinya. Beberapa error yang sering terjadi misalnya adalah 404 error dimana bisa terjadi ketika Google melakukan crawling di sebuah halaman website.

Ada juga soft 404 error dimana hal ini bisa terjadi ketika Google melakukan crawling dan kemudian menemukan halaman 44 error. Namun kode halaman ini mengirimkan pesan 200 ke browser yang artinya adalah sukses.

Error lainnya adalah server error dimana hal ini bisa terjadi ketika server mengalami time out atau tidak merespons. Terakhir adalah non followed dimana error bisa terjadi ketika Google sebagai mesin pencarian ini tidak bisa memahami tipe konten di website Anda seperti iframe, flash dan juga javascript.

Membuat Robots.txt

Robot.txt ini memiliki fungsi untuk memberitahu mesin pencarian halaman yang perlu di index dan juga halaman yang tidak perlu di index. Misalnya konten duplikat sebaiknya jangan masuk ke Index. Alasannya adalah bisa membuat Google ini deindex bahkan bisa menghapus website Anda dari index.

Baca juga :   Cara Setting robot txt dan Header Robot di Blogspot

Melakukan Update Konten

Meski website belum terindex di Google, Anda bisa tetap menerbitkan konten di website Anda. Dengan melakukan penerbitan konten ini bisa membantu website Anda bisa cepat masuk ke Google Index. Menerbitkan konten secara rutin saja belum cukup namun Anda bisa membuat konten yang berkualitas agar Google ini bisa melakukan crawling ke website Anda.

Topik yang Anda buat harus disesuaikan dengan niche situs Anda. Selain itu berikan informasi yang up to date sehingga hal ini akan memberikan nilai plus di Google. Anda bisa memberikan  artikel yang bermanfaat dan juga dikemas dengan bahasa yang menarik.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa memberikan topik konten sebelum membuat konten. Anda bisa menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat. Buatlah judul yang menarik, kemudian Anda bisa membuat konten yang mana menawarkan perspektif baru yaitu sebuah pengetahuan baru yang bermanfaat dan juga menginspirasi yang membacanya. Yang terakhir masukkan link terkait yang menghubungkan satu konten dengan konten lainnya.

Kategori Konten

Jika Anda membuat banyak konten di website, akan lebih baik jika Anda membuat kategori konten. Dengan kategori konten yang berkualitas ini pengunjung bisa menemukan konten dengan mudah, selain itu bisa membantu Google crawling website Anda secara efisien dan cepat. Dengan kategori ini juga akan membuat website Anda terlihat lebih rapi sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di situs Anda.

Internal Link dan Backlink

Cara mempercepat index Google yang terakhir adalah Anda bisa memperbanyak internal link dimana link itu akan mengarahkan halaman lain di website Anda. Hal ini akan membuat Google memahami setiap halaman website Anda. Anda juga bisa mencari Backlink yang berkualitas dimana backlink ini merupakan link dari website lain yang menuju ke website Anda. BL atau Backlink ini menjadi hal penting dalam indexing karena Google ini bisa menemukan website Anda dari backlink.

Demikianlah beberapa cara mempercepat Index Google, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tags: Cara mempercepat index Google tips mempercepat index Google

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar