Pengertian Passion dalam Bisnis dan Contohnya yang Perlu Anda Tahu!

Pengertian passion dalam bisnis – Tentu Anda pernah mendengar bahwa pekerjaan yang menyenangkan adalah  bekerja sesuai dengan passion Anda.  Tidak hanya itu saja dalam dunia usaha pun mungkin Anda pernah mendengar bahwa pentingnya menjalani bisnis yang sesuai dengan passion. Begitu terkenalnya kata passion namun hanya segelintir orang saja yang tahu apa itu passion dan makna yang terkandung dalam passion tersebut.

Pengertian Passion

Pengertian passion dalam bisnis ini wajib untuk Anda ketahui. Karena rata-rata pebisnis yang menggeluti bisnis sesuai dengan passion mereka ini akan sukses karena mereka menjalani bisnis dengan senang sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Lalu apa itu pengertian passion dalam bisnis tersebut? Passion merupakan kegiatan, umumnya berupa hobi atau ketertarikan yang dilakukan oleh seseorang dimana orang itu merasa tertarik dan tertantang saat melakukannya. Setelah itu mempelajari dan melakukan kegiatan tersebut tanpa imbalan.

Sebagai contohnya adalah Anda suka membaca buku. Suatu saat Anda tertarik untuk menulis dan mengetahui semua hal yang berhubungan dengan penulisan. Setelah itu Anda menjadi tahu bahwa menulis dan menghasilkan karya tulis ini tidak mudah. Namun Anda merasa tertantang dan ingin menghasilkan karya tulis.

Anda cukup puas dan Anda sadar  bahwa tulisan yang Anda buat ini memiliki banyak kekurangan. Hal ini bisa Anda sebut dengan pengalaman pertama menulis buku. Tanpa Anda sadar jika Anda terus berlatih, mencari referensi, Anda akan bisa menghasilkan buku yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Dari Segi Bahasa

Jika dilihat dari segi bahasa passion ini artinya adalah gairah. Passion dalam bisnis ini memiliki maksud berupa perasaan semangat yang besar terhadap sesuatu. Artinya adalah mereka mau melakukan apapun untuk mencapai sesuatu tersebut. Mereka juga rela menghabiskan tenaga, watu dan pikiran mereka yang dianggap sebagai passion tersebut.

Passion adalah rasa cinta dan ketertarikan terhadap sesuatu yang membuat Anda merasa tertantang untuk melakukannya. Saat bisnis sepi, Anda membutuhkan passion ini untuk terus bertahan dan menentukan langkah selanjutnya yang baik untuk bisnis Anda.

Ciri-ciri utama passion seseorang ini adalah bersedia melakukan passion tersebut meski tidak dibayar sekalipun, tidak  mudah puas dan terus mencari tahu seputar passionnya tersebut. Waktu terasa cepat berlalu ketika melakukan passionnya. Anda akan mendapatkan kepuasan yang tidak ternilai ketika berhasil menyelesaikannya.

Passion Berbeda dengan Hobi

Setelah Anda tahu pengertian passion dalam bisnis yang harus Anda ketahui adalah passion ini berbeda dengan hobi. Passion ini memang berhubungan dengan hobi namun keduanya berbeda. Sebagai contoh mudahnya adalah orang yang memiliki hobi menyanyi tidak semuanya memiliki passion untuk menyanyi. Passion sendiri bukan hanya kegiatan atau aktivitas yang Anda sukai semata namun juga bermanfaat untuk orang lain dan memberikan dampak untuk orang lain.

Orang dengan hobi menggambar biasanya akan menggunakan waktu senggangnya untuk menggambar tanpa ada usaha untuk belajar lebih tentang hal tersebut.  Berbeda dengan mereka yang memiliki passion dalam menggambar dimana mereka akan berusaha untuk mempelajari teknik menggambar dan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan menggambar sampai bisa menguasai bidang tersebut.

Contoh Passion dalam Bisnis

Contoh bisnis sesuai passion juga penting untuk diketahui. Banyak pebisnis sukses yang berawal dari passion. Contohnya adalah Steve Jobs dimana memiliki passion untuk bisa menghadirkan teknologi dan gadget canggih untuk para pelanggan. Ada juga Larry Page dan Sergey Bring, Google dimana memiliki passion untuk membuat mesin pencarian yang memudahkan pencarian  di internet.

Di Indonesia sendiri pun sudah banyak pebisnis yang sukses berkat passion yang dimilikinya. Misalnya saja adalah Dian Pelangi yang merupakan desainer kondang di Indonesia. Bagi Dian passion ini merupakan kunci utama dalam menjalani karier. Meski awalnya tidak memiliki cita sebagai desainer namun berkat passion dia mampu berkarier di dunia mode sampai ke ranah internasional. Menurut Dian pebisnis harus memiliki passion agar mampu melakukan semuanya dengan semangat. Hal tersebut membuat hasilnya akan menjadi total.

Tidak hanya itu saja, mungkin Anda juga sudah tidak asing dengan food vlogger yang kemudian memiliki bisnis dalam bidang kuliner dan bisnisnya selalu ramai diserbu pengunjung. Semuanya berawal dari hobi. Kebiasaan dan kesukaan menjelajah berbagai macam kuliner membuatnya memiliki passion untuk menghadirkan makanan yang lezat dan disukai banyak orang. Ditambah dengan pengalamannya akan berbagai macam rasa yang pernah dicapnya akan membantunya dalam menekuni bisnis kuliner tersebut sehingga kesuksesan akan mudah didapatkannya.

Baca juga :   Bekerja Sesuai Passion atau Bekerja Sesuai Gaji? Kamu yang Mana?

Mencari Passion Anda

Dari beberapa contoh bisnis diatas Anda sudah bisa mendapatkan gambaran seperti apa itu passion dalam bisnis. Anda bisa meniru langkah kesuksesan mereka dalam mendirikan dan mengembangkan bisnis.

Untuk mengetahui passion tersebut bisa dengan mengetahui hobi Anda terlebih dahulu setelah itu tanyakan ke diri Anda apakah memiliki ketertarikan untuk menekuni dan mengembangkan hobi Anda lebih lanjut atau tidak. Karena hobi yang tidak pernah diasah tidak akan pernah berkembang menjadi lebih baik lagi. Setelah passion tersebut muncul Anda bisa mulai memikirkan bisnis yang sesuai dengan passion Anda.

Lakukanlah semuanya dengan semangat, tekun dan tanpa terpaksa karena hasilnya akan total dan lebih maksimal. Semoga pengertian passion dalam bisnis dan contohnya tersebut bermanfaat untuk Anda.

Tags: definisi passion dalam bisnis Pengertian passion dalam bisnis

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar