Bekerja Sesuai Passion atau Bekerja Sesuai Gaji? Kamu yang Mana?

Pada saat memasuki dunia kerja, sebagain dari Anda mungkin pernah merasa bingung memilih bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai gaji. Passion dan gaji memang kadang kala menjadi dilema besar pada saat Anda hendak memilih sebuah pekerjaan. Gaji yang besar memang akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Namun, sebagian orang berpandangan bahwa bekerja hanya karena mengejar gaji hanya akan membuat Anda merasa lelah. Berdasarkan sebuah riset disebutkan bahwa sekitar 56% responden berpandangan bahwa passion adalah sebuah hal penting yang harus dicari dalam pekerjaan. Sedangkan, 54% responden berpendapat bahwa gaji adalah hal penting dalam bekerja. Jika Anda masih bingung menentukan pilihan, Anda perlu menyimak ulasan berikut ini.

Bekerja Sesuai Passion vs Bekerja Karena Gaji Tinggi

Untuk membantu Anda memilih bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai gaji,  berikut ini akan kita akan membahas mengenai gambaran bekerja sesuai passion dan bekerja berdasarkan gaji yang tinggi.

  1. Bekerja Sesuai Passion

Bagi sebagian orang, bekerja sesuai passion dianggap lebih menyenangkan jika dibandingkan bekerja hanya karena mengejar gaji yang tinggi. Mereka berendapat bahwa melakukan sebuah pekerjaan yang sesuai passion akan terasa menyenangkan. Namun apakah benar begitu kenyataannya?

bekerja sesuai passion

bekerja sesuai passion

Ternyata untuk bisa berkarir sesuai passion diperlukan sebuah usaha yang keras. Anda harus bisa memastikan bahwa pekerjaan yang sesuai passion tersebut tidak akan membuat Anda mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin mahal. Jangan sampai Anda keluar dari pekerjaan tetap hanya untuk mengejar passion yang masih belum jelas hasilnya. Misalnya, Anda rela melepas pekerjaan tetap Anda di perusahaan hanya untuk menjadi penulis lepas yang belum tentu setiap hari mendapatkan kerjaan dari klien. Hal ini tentu saja akan menganggu kondisi finansial Anda.

Sebenarnya, bekerja sesuai passion boleh-boleh saja untuk Anda lakukan. Namun, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Semua harus direncanakan secara matang. Yang harus Anda ingat, bekerja sesuai passion tentunya tidak akan semudah yang dibayangkan. Pada awal-awal memulai karir mungkin saja Anda akan mendapatkan penghasilan yang rendah dan tidak sesuai dengan harapan. Selain itu, bekerja sesuai passion mungkin saja tidak akan menghasilkan uang yang cepat. Maka dari itu, Anda harus melakukan pengorbanan yang lebih besar.

  1. Bekerja Sesuai Gaji

Saat harus memilih bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai gaji, ada sebagian orang yang memutuskan untuk bekerja berdasarkan gaji yang didapatkan. Mahalnya biaya hidup saat ini membuat banyak orang berpikir untuk mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Dengan begitu, biaya sekolah anak, kebutuhan rumah tangga, jaminan hari tua bisa dipenuhi dengan lebih mudah. Namun apakah semua pekerjaan yang bergaji tinggi itu menjanjikan?

Bekerja Sesuai Gaji

Ternyata, tidak semua pekerjaan yang bergaji tinggi itu mampu menjamin kebahagiaan Anda. Bahkan, pekerjaan yang dilakukan hanya semata-mata untuk mengejar gaji tinggi akan cenderung membuat Anda rentan mengalami stres yang berkepanjangan. Pasalnya, pekerjaan yang Anda lakukan tersebut tidak sesuai dengan passion yang Anda punya. Belum lagi jam kerja yang monoton hingga 8 jam per hari selama hampir satu minggu penuh jelas akan membuat Anda merasa jenuh.

Bagi orang-orang yang hanya mengejar gaji dan tidak memiliki passion, pasti hal-hal yang dijumpai di awal memulai kerja jelas akan terasa berat. Karena itulah, Anda harus ekstra sabar dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Dengan kesabaran dan profesionalitas yang tinggi, bukan tidak mungkin kendala tersebut nantinya bisa teratasi.

Tips yang Bisa Anda Coba Sebelum Menentukan Pilihan

Bagi Anda yang masih bingung menentukan pilihan bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai gaji, sebaiknya simak dulu beberapa tips di bawah ini:

  1. Jangan Terburu-buru Menjadikan Passion Sebagai Pekerjaan

Pemenuhan kebutuhan hidup seperti membayar tagihan cicilan tidak bisa menuggu hingga Anda berhasil mewujudkan mimpi Anda untuk bekerja sesuai passion. Oleh karena itu, Anda tidak boleh terburu-buru menjadikan passion sebagai pekerjaan utama Anda. Untuk sementara waktu, Anda bisa menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Setelah Anda rasa pekerjaan tersebut bisa membiayai Anda sepenuhnya, baru Anda bisa melepas pekerjaan sebelumnya dan bekerja sesuai passion Anda.

  1. Jangan Takut Mencoba

Ketika Anda bekerja hanya demi mengejar gaji yang tinggi, maka Anda akan merasa lelah dan frustasi. Hal ini akhirnya menimbulkan rasa kejenuhan dan membuat Anda ingin mencoba melakukan hal-hal baru yang sesuai passion Anda. Daripada Anda penasaran, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengikuti hati dan impian Anda.

  1. Nikmati Prosesnya

Jika Anda bekerja hanya karena mengejar gaji, di awal-awal menjalankan pekerjaan mungkin saja Anda akan merasa kesulitan. Namun, jika Anda bekerja dengan lebih keras, pasti Anda pasti mengatasi masalah tersebut. Demikian juga bila Anda memilih bekerja sesuai passion, tentu saja ada proses yang harus Anda lewati hingga akhirnya bisa mewujudkan impian. Apapun pilihan Anda, salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah menikmati setiap prosesnya.

Demikianlah ulasan yang semoga bisa membantu Anda memilih bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai gaji. Jika memungkinkan, pilih pekerjaan yang sesuai passion dengan gaji yang tinggi. Namun jika tidak mungkin, maka Anda bisa memilih pekerjaan utama dengan gaji yang tinggi, sambil memanfaatkan passion Anda untuk penghasilan tambahan.

 

 

Загрузка...

Tags: bekerja sesuai passion atau bekerja sesuai gaji

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar