Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia Mana Juaranya?

Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia mana juara? Sebagai konsumen, pasti Anda ingin tahu di antara ketiga toko online tersebut manakah yang menempati posisi teratas dalam bidang e-commerce.  Saat ini, ketiga toko online tersebut menjadi perusahaan e-commerce yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, para konsumen menjadi sedikit kesulitan dalam menentukan perusahaan e-commerce mana yang terbaik dan terpercaya sebagai tempat berbelanja secara online. Nah, jika Anda bingung menentukan perusahaan e-commerce mana yang terbaik, Anda perlu menyimak pembahasan berikut ini!

E-Commerce Marketplace Terbesar di Indonesia

  1. Bukalapak
Bukalapak

Bukalapak

Jika Anda penasaran Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia mana juaranya, terlebih dulu Anda harus mengetahui bagaimana sepak terjang dari masing-masing toko online tersebut dalam dunia e-commerce. Yang akan kita bahas pertama kali adalah Bukalapak. Toko online yang satu ini cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Online shop yang identik dengan warna merah ini disukai oleh orang karena di sini para pembeli dalam melakukan nego. Selain itu, Bukalapak juga kerap memberikan promo dan diskon kepada para pembeli.

Bukalapak memiliki aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone dan dapat digunakan dengan mudah oleh banyak orang, termasuk orang yang awam dengan online shop sekalipun. Namun sayangnya, toko online yang didirikan pada tahun 2010 ini tidak menawarkan variasi produk yang selengkap para pesaingnya.

  1. Shopee

Shopee

Pada tahun 2015 silam, Shopee diluncurkan serentak di 7 negara, termasuk Indonesia. Toko online yang identik dengan warna oranye ini menerapkan beberapa strategi untuk menarik minat dari banyak orang sehingga mau melakukan pembelian di Shoppe. Salah satu strateginya adalah dengan memberikan subsidi ongkos kirim.

Meski begitu, online shop yang satu ini juga punya kekurangan tesendiri. Kemudahan yang ditawarkan Shopee bagi para penjual, sering kali justru dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga sering dijumpai spam seller saat kita berbelanja di toko online ini. Selain itu, syarat dan ketentuan dalam fitur subside ongkos kirim dari Shopee pun cenderung rumit.

  1. Tokopedia

Tokopedia

Online store yang didirikan sejak tahun 2009 silam ini termasuk salah satu e-commerce marketplace terbesar di Indonesia. Tokopedia memiliki website yang mudah untuk digunakan oleh para penjual dan pembeli. Selain itu, para pembeli pun semakin dimudahkan dengan adanya berbagai macam sistem pembayaran.

Meski demikian, Tokopedia juga memiliki kelemahannya tersendiri. Tokopedia cenderung lambat dalam memberikan respon jika pembeli memiliki masalah dalam proses transaksi.

Dengan mengetahui profil dari masing-masik online shop tersebut, diharapkan Anda sedikit mendapat gambaran tentang Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia mana juaranya.

Fakta Menarik Tentang Peta Persaingan Antara Ketiga Toko Online dalam Dunia E-Commerce

  1. Shopee Menempati Posisi Pertama di Indonesia

Pada tahun 2019 Shopee menjadi aplikasi dengan total jumlah pengunjung aktif bulanan paling banyak di Indonesia. Mereka berhasil menggeser posisi Tokopedia yang pada kuartal sebelumnya ada di posisi pertama. Hal ini dipengaruhi oleh kegigihan Shopee untuk mengakuisisi pasar di Indonesia. Seperti kita ketahui, Shopee melakukan beberapa strategi agar bisa menjadi yang terbaik, di antaranya memberikan cashback, free delivery tanpa minimum order, serta penggunakan tokoh terkenal sebagai brand ambasadornya, seperti misalnya Cristiano Ronaldo dan Blackpink. Hal ini terbukti efektif meningkatkan total pengunjung aktif bulanan di Indonesia.

  1. Shopee Memiliki Pengguna Aktif Bulanan Terbanyak di Asia Tenggara

Shoppe menjadi aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif bulanan terbanyak di dua negara di Asia Tenggara, yakni Vietnam dan Indonesia. Dengan demikian, Shopee mampu menguasai pasar di dua negara yang pangsa pasarnya paling besar di Asia Tengara tersebut.

  1. Tokopedia dan Bukalapak Berada di Posisi 3 dan 4 di Asia Tenggara

Meski Tokopedia dan Bukalapak merupakan e-commerce lokal yang beroperasi di Indonesia, namun memiliki jumlah pengguna aktif bulanan yang cukup banyak di Asia Tenggara. Di Asia Tenggara, Tokopedia menempati posisi ketiga dan Bukalapak menempati posisi ke 4 sebagai aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif bulanan terbanyak.

  1. Bukalapak Turun 5 Peringkat di Playstore Android

Pada bulan September 2019 lalu, Bukalapak tidak tersedia di Google Playsore. Hal ini membuat peringkat total jumlah download di Android menurun. Tercatat Bukalapak mengalami penurunan 5 peringkat di Playstore Android. Aplikasi yang dibuat oleh Achmad Zaky tidak tersedia di Playstore untuk sementara waktu karena adanya proses pembaruan sistem.

Melihat fakta-fakta peta persaingan tersebut, Anda pasti sudah punya gambaran lebih yang bisa menjawab pertanyaan tentang Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia mana juaranya. Jika dilihat, ternyata masing-masing toko online tersebut punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Peta persaingan e-commerce dari ketiga e-commerce parketplace tersebut pun terbilang ketat sehingga orang-orang akan kesulitan dalam menentukan toko online mana yang terbaik. Namun, jika kita lihat dari pangsa pasar di Asia Tenggara, Shoppe bisa dikatakan sebagai marketplace yang terbaik.

Demikianlah pembahasan yang semoga bisa menjawab pertanyaan anda tentang bukalapak vs shopee vs tokopedia mana juaranya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat berbelanja!

 

 

Загрузка...

Tags: Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia mana yang lebih bagus Bukalapak vs Shopee vs Tokopedia

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar