3 Peluang Bisnis Dengan Investasi Modal Kecil Yang Menguntungkan

Saat ini investasi sudah tren yang positif di Indonesia, walaupun Anda belum memiliki harta yang banyak tak ada salahnya dimulai dengan investasi modal kecil karena tujuan dari investasi tsb tak hanya untuk mengamankan hartanya demi masa depan agar tidak tergerus inflasi maupun gaya konsumtif, namun juga untuk mendapatkan keuntungan sehingga harta yang dimiliki tersebut dapat terus berkembang dan bertambah.

Dari sekian banyak produk investasi yang beredar saat ini dengan segala keuntungan dan risikonya, investasi pada sebuah bisnis seringkali memiliki daya tarik tersendiri. Mungkin dari namanya saja Anda akan mengira bahwa investasi pada sebuah bisnis memerlukan modal besar. Tapi tunggu mungkin pemikiran Anda tak sepenuhnya benar karena masih ada bisnis-bisnis tertentu terutama bisnis kecil yang memerlukan sumber dana tak terlalu besar. Mau tahu apa saja peluang bisnis dengan investasi modal kecil? Yuk simak ulasan berikut ini …

Baca juga: Sumber Modal untuk Memulai Bisnis Anda

Sebelum saya memberikan beberapa ide peluang bisnis dengan investasi modal kecil maka perlu kita samakan presepsi dulu. Semakin kecil modal yang Anda investasikan maka semakin kecil hasil yang didapat dan semakin besar keuntungan yang Anda dapat maka semakin besar risiko yang harus Anda hadapi.

Walaupun Anda melakukan investasi modal kecil dan hasilnya pun relative kecil namun Anda tak perlu khawatir karena bila Anda terus melakukan investasi terhadap harta yang Anda miliki maka percayalah suatu saat nanti harta Anda akan bertambah. Sedikit demi sedikit akhirnya menjadi bukit …

Baca juga: 3 Cara Investasi Yang Benar dan Aman

3 Ide Peluang Bisnis Investasi Modal Kecil

Ide Peluang Bisnis dengan Investasi Modal Kecil

image credit: belajarinvestasi.my.id

Berikut ini beberapa ide peluang usaha yang dapat Anda pilih sebagai tempat menanamkan modal / investasi modal kecil. Ide peluang bisnis ini saya ulas sebagai contoh saja karena dalam prakteknya banyak sekali peluang-peluang usaha yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat Anda:

Bisnis Kuliner

Peluang usaha kuliner memang cukup menarik para investor karena sistem perputaran uangnya yang cepat. Bisnis kuliner yang memerlukan investasi modal kecil biasanya adalah usaha makanan yang dikerjakan dalam skala rumahan atau skala grobakan. Contoh kuliner yang sedang ngetren sekarang ini adalah makanan camilan ataupun minuman dengan rasa unik. Bila Anda mengetahui ada saudara, tetangga, atau teman Anda yang sedang mengembangkan bisnis kuliner ini maka tak ada salahnya bila Anda membantu mereka sekaligus Anda pun akan mendapatkan keuntungan.

Bisnis Hewan Ternak

Memelihara hewan ternak tak hanya dilakukan para petani di pedesaan namun pula bisnis ini telah menjadi pilihan yang sangat menarik. Mungkin Anda ingat bagaimana pak H. Doni pemiliki mall Qurban di Depok dengan omzet yang sangat fantastik? Ya bisnis hewan ternak bila dikelola dengan baik dapat memberikan keuntungan yang besar pula. Untuk investasi modal kecil, Anda dapat memilih para peternak yang ada di pedesaan, misalnya dengan membeli kambing atau sapi saat masih kecil lalu minta diuruskan atau dirawat oleh para peternak dengan sistem bagi hasil. Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan saat menjual kambing atau sapi tsb.

Bisnis Agro

Sekarang ini banyak sekali ajakan kerjasama investasi di bidang agro, misalnya dengan menanamkan modal untuk menanam jabon, buah-buahan, dll. Keuntungan investasi modal kecil ini adalah Anda tak perlu membeli tanahnya namun Anda hanya perlu membeli bibit tanaman saja untuk kemudian mendapatkan keuntungan saat panen tiba dengan sistem bagi hasil.

Itulah 3 peluang bisnis yang memerlukan investasi modal kecil sebagai inspirasi untuk Anda. Masih banyak peluang usaha di luar sana yang memerlukan modal kecil dan menguntungkan. Namun ingat, walaupun modal yang Anda tanamkan kecil, Anda tetap harus membuat surat perjanjian atas kesepakatan yang Anda sebagai investor dan pelaku usaha walaupun bisnis tsb dikerjakan oleh saudara atau teman dekat Anda. Hal ini untuk melindungi hak dan kewajiban dari kedua belah pihak sehingga bila ada sesuatu di tengah jalan maka Anda dan pelaku usaha dapat menyelesaikan masalah tsb tanpa ada kecurangan. Jangan lupa pilih pelaku usaha untuk investasi modal kecil yang dapat dipercaya. Semoga bermanfaat …

Baca juga: 5 Hal Sebelum Memulai Bisnis Bersama Sahabat

Загрузка...

Tags: Bisnis Modal Kecil Investasi Modal Kecil

author
Penulis: 
Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Berikan komentar