7 Kelebihan dan Kekurangan KTA yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan kekurangan KTA – Saat ini kebutuhan masyarakat semakin meningkat dari tahun ke tahunnya, sehingga kebutuhan akan dana menjadi mutlak diperlukan. Jika tidak memiliki dana, tentu untuk mencukupi semua kebutuhan tersebut akan terasa sangat sulit. Berbeda dengan orang yang memiliki kecukupan dana, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari akan sangat mudah sebab  dananya berlebih. Untuk kebutuhan sehari-hari saja dibutuhkan dana yang banyak, ditambah lagi dengan kebutuhan lainnya seperti pendidikan anak dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah saat ini banyak yang meminjam ke Bank dengan agunan  barang berharga yang dimiliki seperti mobil, sepeda motor, rumah dan masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana kalau tidak ada yang dijadikan agunan ke bank?, tenang saja sebab saat ini ada Kredit Tanpa Agunan yang bisa mengatasi berbagai macam permasalahan. Kredit Tanpa Agunan merupakan kredit atau produk pinjaman dengan fasilitas kredit tanpa memberikan agunan sehingga calon debitur tidak diwajibkan memberikan aset atau jaminan terhadap pinjaman yang dilakukannya tersebut. Setiap kredit tentu saja ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Simak beberapa kelebihan dan kekurangan KTA berikut ini:

Kelebihan KTA

kredit tanpa agunan

kredit tanpa agunan

Banyak yang hanya melirik kelebihan KTA tanpa mempertimbangkan kelemahannya. Padahal setiap produk pinjaman dana tetap ada kekurangan dan kelebihannya. Sehingga kelebihan dan kekurangan KTA ini sebaiknya dipertimbangkan dengan saksama. Ada beberapa kelebihan dari KTA yang tidak dimiliki oleh pinjaman atau kredit yang lainnya. Simak beberapa kelebihan KTA berikut ini:

Syarat Lebih Mudah

Kelebihan KTA yang pertama tentu saja syarat yang lebih mudah, berbeda jika Anda mengajukan kredit dengan agunan yang multiguna. Kredit yang diberikan dengan agunan akan memiliki syarat yang lebih rumit dikarenakan nantinya Anda harus melampirkan bukti kepemilikan dari agunan yang Anda berikan tersebut, misalnya bukti kepemilikan rumah dan tanah, Anda harus melampirkan sertifikat sedangkan untuk barang berharga seperti kendaraan bermotor, Anda harus melampirkan bukti BPKB dari kendaraan tersebut.

BPKB kendaraan

BPKB kendaraan

Berbeda dengan KTA ini dimana syaratnya lebih mudah dibandingkan dengan kredit dengan agunan tersebut. Debitur hanya diwajibkan melampirkan dokumen penunjang untuk syarat administrasinya seperti fotokopi KTP, kartu keluarga dan juga catatan pembayaran, kartu kredit bulan terakhir dan juga mengisi formulir. Yang lebih praktis lagi untuk pengisian formulir tersebut sudah melalui website dari bank dan bisa diunduh dengan gratis.

Pencairan Cepat

pencairan cepat

pencairan cepat

Berbeda dengan kredit menggunakan agunan yang membutuhkan waktu lama untuk pencairannya, kredit tanpa agunan atau KTA ini pencairan dananya tidak membutuhkan waktu yang lama. Sehingga bagi Anda yang membutuhkan dana darurat maupun beberapa kebutuhan lainnya bisa menggunakan KTA ini. Kebutuhan mendesak pun bisa dengan mengajukan KTA ini, dan nantinya dana KTA bisa dicairkan dalam waktu 2 sampai dengan 3 hari. Sedangkan kredit tanpa agunan ini waktu pencairannya bisa sampai berbulan-bulan lamanya. Pencairan yang cepat tersebut bisa terjadi jika debitur sudah memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan oleh pihak kreditur. Tentu saja bagi orang yang membutuhkan dana cepat hal tersebut akan sangat membantu sekali karena pencairan yang cepat.

Mudah Dijumpai

KTA bank

KTA bank

Kelebihan KTA yang lainnya kredit tersebut mudah sekali untuk dijumpai. Hal  itu dikarenakan semua Bank menawarkan Kredit Tanpa Agunan tersebut sehingga untuk bisa mendapatkan kredit tersebut Anda bisa datang ke setiap bank yang menawarkan KTA tersebut. Bank pun kini gencar mempromosikan Kredit Tanpa Agunan tersebut mengingat saat ini banyak masyarakat yang menginginkan kredit tanpa jaminan. Banyak yang menginginkan KTA ini dikarenakan jika menggunakan agunan nantinya ketika kesulitan membayar cicilan bank, agunan tersebut akan disita di Bank sebelum debitur berhasil untuk melunasi cicilan kreditnya di Bank. Ketika Anda membutuhkan dana dengan cepat, Anda bisa mengajukan KTA ini dengan menentukan jumlah pinjaman yang akan dipinjam langsung ke Bank.

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Selain ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan. Kelebihan dan kekurangan KTA ini merupakan dua buah sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Tidak hanya kelebihan saja yang harus dipertimbangkan namun kekurangan ini pun harus dipertimbangkan agar debitur tidak hanya membayangkan kelebihan dan keunggulannya saja, namun kekurangan ini pun harus dipertimbangkan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa kekurangan KTA yang harus dipertimbangkan oleh debitur dengan baik sebelum mengajukan KTA ke Bank:

Bunga yang Relatif Tinggi

bunga KTA

bunga KTA

Dibandingkan kredit dengan agunan, KTA ini memiliki bunga yang lebih tinggi. Anda yang ingin mengajukan KTA ini ke Bank sebaiknya mempertimbangkan berapa bunga yang ditawarkan oleh bank ini. Pastikan setiap bulannya Anda mampu membayar cicilan disertai dengan bunga yang ditawarkan oleh Bank tersebut. Alasan bunga KTA lebih tinggi dikarenakan tidak adanya jaminan yang digunakan untuk menjamin kredit yang dilakukan oleh debitur. Bunga yang tinggi nantinya bisa memberatkan Anda ketika membayar cicilan sebab cicilan pokok akan ditambah dengan jumlah bunga yang ditetapkan oleh bank tersebut.

Memiliki Kartu Kredit

kartu kredit

kartu kredit

Hanya masyarakat yang memiliki kartu kreditlah yang bisa mengajukan KTA. Sehingga masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit tidak bisa mengajukan KTA. Kartu kredit inilah yang membuat sebagian masyarakat menjadi gagal ketika akan mengajukan KTA. Kepemilikan kartu kredit minimal sudah aktif selama 1 tahun, bagi yang tidak memiliki kartu kredit debitur harus menggunakan layanan payroll pada bank tersebut. Kebanyakan masyarakat belum mengetahui kekurangan KTA ini. Meski syarat yang diajukan dan diberikan oleh kreditur KTA sangat mudah namun Anda harus mengingat kekurangan yang satu ini sebab sangat krusial.

Limit Kecil

Kekurangan KTA dibandingkan dengan kredit yang menggunakan agunan adalah limitnya yang kecil. Jika mengajukan kredit menggunakan agunan, limitnya bisa mencapai 200 juta rupiah setiap satu kali kredit. Sedangkan KTA limit yang ditawarkan hanyalah sedikit sehingga dana tersebut ada yang tidak bisa mencukupi kebutuhan debitur. Alasan kredit tanpa agunan memiliki limit yang kecil dibandingkan dengan yang menggunakan agunan karena tidak ada jaminan yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur nominal angka kredit. Ketika menggunakan agunan, pihak kreditur akan memberikan kredit senilai dengan agunan yang dijadikan jaminan di bank. Sedangkan untuk KTA, limit yang diberikan oleh kreditur ini sesuai dengan limit yang tertera pada kartu kredit. Semakin besar limitnya maka jumlah kredit yang diberikan oleh kreditur semakin besar.

Tenor yang Terbatas

KTA memiliki tenor atau jangka waktu yang terbatas. Limit di kartu kredit yang sedikit bisa membuat tenor atau jangka waktu yang akan diberikan oleh kreditur ini semakin cepat. Sehingga bisa dipastikan cicilan yang harus ditanggung oleh debitur semakin besar.

Sebagai debitur, KTA ini tetap akan memberikan manfaat yang besar jika dana yang didapatkannya digunakan dengan sebaik mungkin. Selain itu pilihlah bank yang sudah terpercaya dalam memberikan KTA ini sebab risikonya lebih kecil. Agar lebih jelas bisa menanyakan kelebihan dan kekurangan KTA tersebut ke bank yang bersangkutan.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

apa sikap yang kita ambil untuk menyikapi kelebihan kelebihan kta -kekurangan dan kelebihan kredit aktif -

Tags: apa saja Kelebihan dan kekurangan KTA daftar Kelebihan dan kekurangan KTA Kelebihan dan kekurangan KTA Kelebihan dan kekurangan KTA terbaru review Kelebihan dan kekurangan KTA

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "7 Kelebihan dan Kekurangan KTA yang Wajib Diketahui"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan pesan "7 Kelebihan dan Kekurangan KTA yang Wajib Diketahui"