3 Tips Agar Bisnis Sampingan Tidak Mengganggu Kerjaan Kantor

Terkadang mungkin Anda menyadari bahwa gaji yang diperoleh dari pekerjaan hanya mencukupi kebutuhan pokok. Padahal seiring dengan berjalannya waktu, jenis kebutuhan tentu akan selalu bertambah. Pada kondisi inilah Anda berpikir untuk melaksanakan usaha sampingan. Tetapi, bagaimanakah tips agar bisnis sampingan tidak mengganggu kerjaan kantor?

Ada tiga tips agar pekerjaan kantor tidak terbengkalai karena bisnis sampingan. Ketiga tips tersebut yaitu lakukan bisnis secara online, tidak menunda pekerjaan dan bekerja sama dengan orang yang dapat dipercaya. Ketika Anda merasa mampu mengelola bisnis secara mandiri, maka pilih tips pertama dan kedua. Akan tetapi, jika Anda tidak mempunyai waktu namun memiliki modal dan relasi, maka pilih tips ketiga.

Lakukan bisnis secara online

Ketika Anda bekerja sebagai seorang pegawai kantor, maka tidak mungkin untuk mengambil pekerjaan di tempat lain yang membutuhkan kehadiran fisik. Oleh karena itu, agar Anda tetap bisa memperoleh pemasukan tambahan, maka lakukanlah bisnis secara online. Pekerjaan ini tentu saja tidak akan mengganggu tugas utama Anda di kantor karena waktunya fleksibel.

Perlu diketahui bahwa bisnis online itu tidak selalu menjual produk. Dalam berbisnis online, Anda juga bisa menggunakan keterampilan Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan. Selain itu, Anda juga memperoleh kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Misalnya, Anda mempunyai skill untuk menulis artikel SEO.

Sebenarnya, selain bekerja di kantor, Anda bisa memperoleh penghasilan sebagai seorang blogger. Akan tetapi, pekerjaan ini tetap membutuhkan ketekunan dan juga waktu luang yang tidak sedikit. Oleh karena itu, agar keterampilan Anda berkembang dan memperoleh penghasilan tambahan, maka bekerja sebagai freelance writer dapat ditekuni. Pekerjaan freelance lain yang juga bisa ditekuni ialah freelance web designer, freelance translator, freelance design grafis dan lain sebagainya. Pekerjaan ini cukup fleksibel, jadi Anda tak perlu khawatir pekerjaan kantor akan terganggu.

Jangan tunda pekerjaan kantor

Menunda pekerjaan adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus Anda hilangkan. Ini dikarenakan sekali saja Anda menunda pekerjaan, maka tugas-tugas lainnya juga akan ikut tertunda. Semakin sering pekerjaan Anda tunda, maka akan terus menumpuk. Kondisi seperti ini tentu saja membuat waktu Anda menjadi tidak efektif.

Jika Anda adalah seorang pegawai kantor yang memiliki usaha sampingan, maka tidak ada waktu untuk menunda pekerjaan. Tips agar bisnis sampingan tidak mengganggu kerjaan kantor yang pertama adalah menyelesaikan pekerjaan kantor secepat mungkin. Dengan demikian, Anda tidak perlu membawa tugas kantor untuk dikerjakan di rumah. Selain itu, ketika pekerjaan kantor cepat selesai, maka waktu luang yang ada bisa dimanfaatkan untuk mengurus bisnis sampingan.

Misalnya, Anda bekerja sebagai seorang akuntan di perusahaan X. Jam kerja Anda dimulai dari pukul 08.00-17.00 WIB. Pada hari ini, Manajer Keuangan menginginkan laporan keuangan minggu pertama Januari 2019. Batas waktu pengumpulan laporan keuangan tersebut adalah jam 12.00 WIB. Sebagai akuntan yang professional, Anda tentu harus menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu.

Ternyata Anda bisa mengumpulkan laporan keuangan sebelum deadline. Lalu, Anda beristirahat untuk makan siang dan beribadah. Pada pukul 13.00 WIB Anda kembali bekerja di kantor tetapi karena pekerjaan pokok sudah selesai, maka ada banyak waktu luang. Kebetulan, Anda juga memiliki usaha sampingan berjualan sepatu secara online.

Pada saat seperti inilah, Anda dapat mengelola bisnis sampingan. Anda bisa melakukan kegiatan seperti membalas chat customer, mengirimkan resi pengiriman barang, memposting foto produk di Instagram, melakukan promosi di market place. Jadi, dengan pembagian tugas berdasarkan prioritas seperti ini, maka bisnis sampingan tidak akan mengganggu pekerjaan kantor.

Bekerja sama dengan orang yang bisa dipercaya

Berbisnis merupakan aktivitas yang disukai oleh banyak orang karena berpotensi menghasilkan keuntungan. Mempunyai jiwa dan mental wirausaha memang penting untuk menjalankan bisnis. Akan tetapi, kedua hal tersebut bukanlah syarat mutlak untuk berbisnis. Dewasa ini, ada banyak orang yang memiliki keterampilan wirausaha minim tetapi berani terjun ke dunia bisnis.

Bekerja sama dengan orang yang dapat dipercaya

Bekerja sama dengan orang yang dapat dipercaya

Peran yang mereka ambil adalah sebagai investor. Mereka hanya perlu menyetorkan sejumlah dana kepada mitra bisnisnya sebagai modal. Kemudian, soal penjualan produk dan jasa kepada konsumen merupakan tanggung jawab dari mitra bisnis tersebut. ketika usaha yang dijalankan bersama ini memperoleh profit, maka pihak investor akan mendapatkan bagi hasil.

Apabila Anda adalah pegawai kantor yang ingin memiliki usaha sampingan tetapi tidak mampu mengurusnya sendiri menjadi investor adalah pilihan tepat. Anda hanya perlu menyetorkan modal dan melakukan pengawasan terhadap jalannya bisnis. Dengan begitu, Anda dapat fokus untuk mengejar karir di kantor dengan tetap memperoleh pemasukan tambahan.

Misalnya, Anda bekerja sebagai seorang pegawai teknisi mesin di pabrik A. Sebetulnya, Anda ingin menjalankan bisnis tas impor bermerk dari China. Hal ini dikarenakan Anda sadar bahwa gaji sebagai pegawai hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sedikit di tabung. Akan tetapi, Anda tidak mempunyai waktu untuk menjalankan bisnis secara mandiri. Pada sisi lain, Anda mempunyai modal yang cukup besar sejumlah Rp 10.000.000 hasil menjual motor.

Kebetulan, Anda mempunyai seorang teman yang berjualan tas bermerk impor dari China. Akhirnya, Anda memutuskan untuk menginvestasikan uang Rp 10.000.000 pada bisnisnya. Kemudian, Anda mempercayakan proses penjualan barang tersebut sepenuhnya. Setelah semua barang tersebut laku terjual, Anda memperoleh bagi hasil berdasarkan modal yang diinvestasikan.

Meski Anda sudah bekerja sebagai pegawai kantor terkadang masih merasa gaji yang belum mencukupi. Oleh sebab itu, Anda mulai berpikir untuk menjalankan bisnis sampingan. Akan tetapi, saat berbisnis sampingan terdapat kekhawatiran bahwa pekerjaan Anda di kantor akan terbengkalai. Agar kekhawatiran tersebut tidak menjadi kenyataan, ketiga tips agar bisnis sampingan tidak mengganggu kerjaan kantor di atas dapat Anda terapkan.

Загрузка...

Tags: Cara Agar Bisnis Sampingan Tidak Mengganggu Kerjaan Kantor Tips Agar Bisnis Sampingan Tidak Mengganggu Kerjaan Kantor

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "3 Tips Agar Bisnis Sampingan Tidak Mengganggu Kerjaan Kantor"

    4 Alasan Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi Perusahaan Skala Kecil sampai Besar
    Pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi perusahaan – Penggunaan
    4 Ide Usaha Untuk Ibu Hamil Paling Potensial 2019
    Ide usaha untuk ibu hamil – Wanita
    Rincian Modal Usaha Travel Umroh dan Estimasi Keuntungannya
     Modal usaha travel umroh – Jika mencari
    Ukuran Kesuksesan Seseorang Bervariasi Bukan Sekedar Harta dan Tahta
    Apakah Anda ingin sukses? Jawabannya tentu saja

    Tinggalkan Balasan