7 Tips Merencanakan Keuangan Untuk Keluarga Baru Agar Tidak Berantakan

Bagi pasangan baru, mengatur keuangan merupakan hal penting karena untuk perencanaan masa depan yang lebih matang. Oleh sebab itu tips merencanakan keuangan untuk keluarga baru ini bisa jadi referensi para pasangan muda dalam menjalani bahtera rumah tangga. Perencanaan keuangan memang harus dibuat sejak awal pernikahan agar kedepannya mereka bisa aman dari segala kebutuhan mendadak. Berikut beberapa tips merencanakan keuangan untuk keluarga baru yang bisa menjadi refferensi bagi Anda.

Pahami Dulu Seluruh Aspek dari Keuangan Keluarga Anda

Langkah awal dari tips merencanakan keuangan untuk keluarga baru yang harus Anda lakukan untuk bisa mengatur berbagai keuangan keluarga dengan jauh lebih baik ialah dengan memahami berapa banyak uang yang Anda miliki, pendapatan Anda  perbulan, dan juga juga mengetahui jumlah tagihan yang memang harus dibayarkan, seperti halnya tagihan listrik, tagihan telepon, kebutuhan belanja bulanan, kebutuhan biaya kesehatan, hingga sampai kebutuhan biaya servis kendaraan.

Lalu Anda juga harus bisa selalu mengetahui berapa jumlah hutang dari kartu kredit, hutang cicilan rumah, atau hutang cicilan kendaraan kamu. Dengan cara mengetahui semua hutang ini, Anda bisa memperhitungkan berapa kisaran pengeluaran yang memang harus dikeluarkan.

Buatlah Perencanaan Keuangan Yang Baik

Setelah Anda mengetahui semua sumber dari pengeluaran Anda, sekarang saatnya Anda membuat sebuah perencanaan di dalam mengatur semua keuangan kamu. Aturlah semua uang yang memang Anda miliki, kemana semua uang itu akan Anda gunakan atau berapa jumlah yang nantinya akan disimpan. Buatlah beberapa rencana jenis keuangan yang memang realistis, jangan pernah terlalu ideal sehingga malah melupakan semua kebutuhan diri sendiri.

Masukkanlah dana untuk refreshing sebagai salah satu bagian dari rencana keuangan Anda. Setelah kamu bekerja keras karena hal tersebut akan membantu Anda merasa nyaman saat akan melanjukan kegiatan penat nantinya

Mulailah Menabung Bersama Dengan Pasangan

Menabung sama halnya dengan mempersiapkan masa depan, menabung memang sangat mutlak agar Anda lakukan didalam mengatur keuangan Anda. Dengan cara memiliki tabungan yang cukup besar, Anda bisa lebih merasa jauh lebih aman dan juga memiliki keuangan yang jauh lebih stabil. Sisihkan juga sejumlah uang ketika Anda baru menerima gaji agar bisa ditabung, dengan begitu semua uang yang Anda tabung akan bisa selalu ada.

Usahakan juga untuk tak menggunakan semua uang tabungan iu sebelum memang sangat dibutuhkan. Karena memang jika tetap Anda pakai, Anda tidak akan dipastikan akan mengalami kesulitan ketika membutuhkan dana dadakan di masa yan akan datang.

Bedakan Antara Keinginan Dengan Kebutuhan

Kedua hal yang satu ini memang terlihat sangat mirip, terkadang apa yang kita sangat inginkan bisa kita jadikan kebutuhan kita sendiri. Oleh Sebab itu, Anda harus bisa benar benar membedakan apa yang memang Anda sedang butuhkan dan apa yang sedang Anda inginkan.

Cara sederhana yang mungkin bisa Anda lakukan untuk bisa membedakannya ialah dengan cara membuat daftar diantara kebutuhan dan juga keinginan Anda. Setiap kali Anda memenuhi salah satunya, lantas berilah tanda bahwa semua kebutuhan atau semua keinginan Anda sudah bisa tercapai. Usahakan juga untuk bisa selalu memenuhi semua kebutuhan Anda terlebih dahulu, Lalu penuhi semua keinginan Anda.  Tapi tetap harus ingat, jangan sampai Anda berlebihan dalam memenuhi keinginan Anda.

Hindari Berhutang

Sebisa mungkin, hindarkan diri Anda dari yang namanya berhutang. Seringkali kita akan menjadi terbiasa untuk terus berhutang karena menggunakan fasilitas dari kartu kredit. Semua kemudahan proses pembayaran yang sudah diberikan oleh pihak penerbit kartu kredit memang sering membuat orang lupa akan dirinya dan juga menjadi sangat konsumtif saat berbelanja atau membeli berbagai barang keinginannya.

Hindari berhutang

Hindari berhutang

Hal ini tentu saja sangat buruk didalam pengaturan semua keuangan Anda. Walau demikian, kartu kredit juga memang tetap sangat dibutuhkan. Kembali lagi, masalahnya selalu ada pada bagaimana kiya menggunakan keuangan kita. Selalu bersikap bijak saat akan menggunakan kartu kredit. Sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai masalah keuangan kedepannya

Tetapkan Berbagai Target Keuangan Dalam Jangka Panjang

Hal ini harus Anda lakukan agar bisa memiliki berbagai cita-cita yang memang harus Anda capai di masa yang akan daang. Misalkan Anda sudah menetapkan bahwa selama didalam 10 tahun ke depannya, Anda sudah harus bisa memiliki uang di tabungan hingga sebesar Rp100 juta, dengan cara memiliki target, Anda bisa jauh lebih fokus lagi didalam mengatur keuangan Anda dan juga meminimalisir semua pemborosan.

Target keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk masa depan Anda. Jangan pernah meremehkan masa depan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya. Untuk itu, Anda bisa mempersiapkan segala halnya agar bisa terhindar dari berbagai masalah yang memang menunggu kita di masa depan.

Mulai Untuk Berinvestasi

Sebagai sebuah keluarga baru, Anda harus bisa mulai memikirkan bagaimana jalan kehidupan Anda di masa yang akan datang. Mulai juga pikirkan rencana semua keuangan Anda dalam jangka panjangnya. Mulai berinvestasi adalah jawabannya. Terdapat begitu banyak cara untuk bisa berinvestasi, yaitu investasi bermain saham, investasi membeli emas, dan juga membeli berbagai properti. Carilah berbagai produk investasi yang memang sangat sesuai dengan kondisi dari kantong Anda, tetapi juga Anda garus memasikan investasi Anda bisa menguntungkan.

Selalu pilih jenis investasi yang sangat menguntungkan bagi Anda agar tidak mengalami kerugian kedepannya. Hal itu tentu saja akan mengganggu target keuangan Anda.

Itulah beberapa tips merencanakan keuangan untuk keluarga baru bagi Anda yang tenbgah kesulitan dalam mengatur keuangan bagi rumah tangga baru Anda. Ada banyak sekali referensi bagi para pasangan baru. Tips merencanakan keuangan untuk keluarga baru ini uga bisa Anda coba terapkan di rumah tangga Anda.

Загрузка...

Tags: apa saja tips merencanakan keuangan untuk keluarga baru tips merencanakan keuangan untuk keluarga baru

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar