3 Persiapan Sebelum Berhenti Kerja dan Mulai Usaha Sendiri

Ada kalanya sebagai seorang karyawan memutuskan untuk berhenti bekerja (resign) dan memulai usaha menjadi seorang wirausahawan dengan tujuan memperbaiki nasib atau mendapatkan kehidupan yang lebih baik, baik dari segi finansial maupun psikologis (seperti kenyamanan). Agar tujuan tsb dapat tercapat maka ada beberapa persiapan sebelum berhenti kerja yang perlu Anda lakukan.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harus Memulai Bisnis Online Sekarang Juga

Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan bukanlah hal yang sederhana, terlebih lagi bila Anda terlihat sering berada di rumah, tentunya akan banyak sekali pertanyaan dari orang sekitar Anda yang mungkin dapat membuat Anda merasa stress. Belum lagi bila rencana Anda tidak berjalan sempurna, lalu Anda mengalami masalah finansial yang akan memicu masalah yang lebih besar lagi terutama bila Anda adalah kepala keluarga atau tulang punggung keluarga. Oleh karena itu Anda harus melakukan persiapan sebelum berhenti kerja agar Anda benar-benar siap terhadap kondisi yang akan Anda hadapi.

Persiapan Sebelum Berhenti Kerja / Resign dan Memulai Usaha Sendiri

Sebelum Anda menyerahkan surat pengunduran diri pada perusahaan, sebaiknya Anda siapkan dulu hal-hal berikut ini:

1. Persiapan Keuangan / Finansial

Beberapa hal yang harus dilakukan sebagai persiapan sebelum berhenti kerja dan memulai usaha sendiri yang berkaitan dengan finansial / keuangan meliputi:

Periksa Arus Kas

Langkah pertama dalam persiapan sebelum berhenti kerja adalah memeriksa arus kas, cobalah Anda lihat semua pengeluaran dalam 1 bulan terakhir termasuk dana investasi, dan jawablah apakah Anda masih dapat membayar pengeluaran tsb bila Anda keluar kerja? Coba Anda pertimbangkan kondisi terburuk misalkan usaha Anda belum berhasil, apakah Anda masih memiliki pos penghasilan lain atau dana cadangan untuk membiayai biaya hidup dan biaya bisnis Anda?

Dana Darurat

Selain memeriksa arus kas, Anda pun harus menyiapkan dana darurat sebagai persiapan sebelum berhenti kerja dan memulai usaha. Dana yang harus disiapkan setidaknya 6-12 kali dari total pengeluaran bulanan Anda tetap alangkah lebih baik bila Anda menyiapkan setidakanya 12 kali total pengeluaran Anda.

Asuransi Kesehatan

Berhenti sebagai karyawan berarti Anda akan kehilangan semua fasilitas yang disediakan oleh perusahaan seperti asuransi kesehatan. Anda harus membayar sendiri asuransi kesehatan sebagai proteksi bila Anda dan keluarga Anda mengalami sakit, inilah persiapan sebelum berhenti kerja yang harus disiapkan. Sebagai warga yang baik maka sebaiknya Anda mengikuti BPJS Kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintah.

2. Persiapan Psikologis

Persiapan sebelum berhenti kerja dan mulai usaha berikutnya adalah persiapan mental. Keputusan besar seperti keluar bekerja harus didiskusikan dengan keluarga agar Anda dan keluarga Anda merasa lebih siap. Bila Anda akan memulai usaha di rumah, informasikan pula bahwa Anda memerlukan ruang khusus untuk berkerja dan meminta kerja sama dari mereka agar Anda dapat bekerja secara kondusif. Siapkan mental bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan penghasilan bulanan yang tetap. Tanamkan pula pengertian pada keluarga untuk dapat terus berhemat dan hidup sederhana, bukan hanya karena Anda akan berhenti bekerja namun hidup sederhana itu ternyata lebih baik.

3. Pembuatan Rencana Usaha / Business Plan

Walaupun Anda akan memulai usaha sendiri namun penting sekali Anda membuat rencana usaha sebagai persiapan sebelum berhenti kerja. Hal ini akan membantu Anda agar tetap fokus terhadap tujuan Anda keluar bekerja dan fokus pada bisnis yang Anda lakukan sehingga akan lebih mudah meraih kesuksesan.

Baca juga: Pentingnya Membuat Bisnis Plan Sebelum Memulai Usaha

Persiapan sebelum berhenti kerja berikutnya adalah Anda pun harus memiliki rencana cadangan / alternative sebagai antisipasi bila rencana yang pertama tidak berjalan mulus.

Itulah 3 persiapan sebelum berhenti kerja dan mulai usaha yang harus Anda ketahui dan siapkan. Semoga bermanfaat…

photo credit: Mad-hr.co.uk

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

berhenti bekerja dan memulai usaha -kerja atau usaha -usaha setelah berhenti kerja -persiapan sebelum resign kerja -keluar kerja untuk usaha -persiapan resign -usaha atau kerja -usaha setelah berhenti bekerja -lebih baik usaha atau bekerja -usaha setelah keluar kerja -

Tags: Cara Bisnis Startup Bisnis Tips Trik

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "3 Persiapan Sebelum Berhenti Kerja dan Mulai Usaha Sendiri"

5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang
  1. author

    resign3 tahun agoBalas

    cakep nih buat persiapan resign

Tinggalkan Balasan