Cara Upload Banyak Barang Sekaligus di Bukalapak dengan Excel

Bukalapak merupakan salah satu situs jual beli online yang menjadi favorit para pebisnis online untuk memasarkan produknya termasuk Anda. Mungkin Anda selalu rutin untuk memasarkan produk yang dijual dengan mempostingnya di Bukalapak. Akan tetapi, pernahkah Anda merasakan bahwa kegiatan upload produk dalam jumlah banyak di bukalapak sangat menyita waktu?

Jika Anda merasakan hal tersebut, itu tandanya harus dicari metode upload produk yang lebih efektif. Salah satu solusi yang dapat Anda terapkan adalah mengupload produk dengan menggunakan file CSV. Apa itu file CSV? Ini adalah file dengan format berbasis Microsoft Excel yang dapat Anda download di situs Bukalapak. Lantas bagaimana cara upload banyak barang sekaligus di Bukalapak dengan Excel? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Langkah pertama

CSV files

CSV files

Ketika Anda ingin mengupload banyak barang ke situs Bukalapak, maka harus dipersiapkan dahulu file CSV-nya. File CSV ini memiliki format Microsoft Excel dan didalamnya terdapat berbagai kolom yang harus Anda isi dengan deskripsi produk. Format file CSV ini dapat Anda peroleh lewat Bukalapak desktop. Namun sebelum Anda mengupload file CSV, bukalah www.bukalapak.com terlebih dahulu dan klik ikon kamera pada laman situs tersebut.

Langkah kedua

jual banyak barang Bukalapak

jual banyak barang Bukalapak

Setelah Anda mengklik ikon gambar kamera, selanjutnya pada laman situs akan muncul tiga opsi. Ketiga opsi tersebut adalah jual barang, jual satu barang dan jual banyak barang. Anda dihasruskan untuk memilih salah satu dari ketiga opsi tersebut. Dikarenakan Anda ingin mengupload banyak barang sekaligus dengan file CSV, maka opsi yang dipilih adalah jual banyak barang.

Langkah ketiga

Cara upload banyak barang sekaligus di Bukalapak dengan Excel yang ketiga ialah memilih kategori produk. Setelah Anda mengklik opsi jual banyak barang, maka akan muncul berbagai macam kategori produk. Pilihlah salah satu atau beberapa kategori yang sesuai dengan data produk pada file CSV yang akan diupload.

Langkah keempat

download CSV Bukalapak

Misalnya, kategori yang Anda pilih adalah kaos, maka segera download file CSV tersebut. Cara mendownload file CSV dari Bukalapak cukup mudah. Ya, Anda hanya tinggal mengklik tanda download di samping kanan laman situs. Setelah selesai didownload, bukalah file CSV tersebut dan selanjutnya akan tertampil baris dan kolom dengan format Microsoft Excel.

Langkah kelima

Tahap kelima yang harus Anda lakukan untuk mengupload banyak barang sekaligus ke Bukalapak adalah mengisi kolom deskripsi produk pada CSV. Agar pengisian data poduk pada file CSV berhasil, ada tiga hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, jangan rename nama file CSV karena ini sudah merupakan aturan dari Bukalapak.

Kedua, selain tidak boleh merename nama file, Anda juga jangan sampai melakukan perubahan pada format header setiap row. Ketiga, Anda juga tidak diperkenankan untuk mengubah panjang maupun lebar size pada setiap kolom. Apabila Anda melanggar salah satu dari tiga aturan tersebut, maka dapat dipastikan file CSV akan gagal saat diupload.

Langkah keenam

Jika Anda sudah mengisi CSV dengan benar, cara upload banyak barang sekaligus di Bukalapak dengan Excel berikutnya adalah menyimpan file. Sekali lagi, Anda perlu mengingat bahwa nama file CSV yang disimpan tidak boleh direname atau diganti. Jadi, biarkanlah nama file tetap sama seperti saat Anda mendownloadnya. Hal ini dikarenakan itu sudah merupakan aturan dari Bukalapak.

Langkah ketujuh

Setelah file CSV Anda simpan, maka kembalilah ke situs Bukalapak. Lalu, upload file CSV ke Bukalapak dengan mengklik tombol “choose file” dan simpan perubahan tersebut. Selanjutnya, Bukalapak akan melakukan verifikasi terhadap produk yang Anda upload. Sesudah beberapa saat, Anda dapat melihat apakah produk berhasil diverifikasi atau tidak melalui email.

Langkah kedelapan

Jika barang Anda berhasil diverifikasi, maka Bukalapak akan memberikan feedback melalui email. Kemudian, Anda tinggal melakukan verifikasi sendiri untuk melihat apakah ada kekeliruan pada produk yang akan diposting. Cara untuk melakukan verifikasi produk yang akan diposting cukup mudah, dimana Anda hanya cukup menekan tombol “lihat status barang”.

Langkah kesembilan

Langkah terakhir yang Anda lakukan setelah mengklik “lihat status barang” adalah memverifikasi produk satu persatu. Anda harus mengecek satu persatu produk untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penginputan. Setelah dirasa tidak ada data produk yang salah, maka Anda dapat mengklik tombol “terbitkan”. Kini, dalam waktu singkat semua produk Anda sudah terupload di Bukalapak.

lihat status barang

lihat status barang

Memposting berbagai produk yang Anda miliki ke berbagai market place termasuk Bukalapak memang harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar keuntungan yang dihasilkan dari bisnis Anda benar-benar optimal karena strategi pemasarannya juga maksimal. Akan tetapi, Anda kadang merasa kegiatan mengupload produk ke berbagai situs market place termasuk Bukalapak sangat menyita waktu.

Hal ini dikarenakan cara yang Anda lakukan adalah mengupload produk tersebut satu persatu. Kini, mengupload produk di Bukalapak dalam jumlah banyak sekalipun dapat Anda lakukan dengan efektif. Caranya adalah dengan menginput produk ke dalam format file Excel atau CSV. Cara upload banyak barang sekaligus di Bukalapak dengan Excel dapat Anda simak pada uraian di atas.

Загрузка...

Tags: bagaimana Cara Upload Banyak Barang Sekaligus di Bukalapak dengan Excel Cara Upload Banyak Barang Sekaligus di Bukalapak dengan Excel

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar