Peluang Usaha Toko Elektronik dan Modal yang Dibutuhkan untuk Menjalankannya

Peluang usaha toko elektronik merupakan salah satu peluang yang terbuka lebar saat ini. Mengapa? Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya pengguna yang selalu menggunakan dan memanfaatkan peralatan elektronik dalam kehidupan mereka sehari-hari. Tak heran dimanapun dan kapanpun peralatan elektronik selalu dibutuhkan.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Toko Elektronik

Bisnis Toko Elektronik

Berbicara mengenai peluang bisnis toko elektronik, ada hal penting yang harus Anda ketahui yakni keuntungan yang diperoleh ketika menjalankan bisnis yang satu ini. Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha toko elektronik, terdapat beberapa keuntungan di dalamnya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Omset yang Besar

Ada banyak sekali variasi usaha yang dapat muncul dari bisnis toko elektronik. Contohnya adalah berjualan komponen elektronik, barang-barang elektronik, kredit barang elektronik, jual beli barang elektronik baru dan bekas, hingga service peralatan elektronik. Jadi Anda dapat memilih variasi usaha seperti apa yang ingin dijalankan. Bahkan jika Anda yakin dapat menjalankan semua variasi usaha yang berhubungan dengan bisnis toko elektronik dalam satu wadah, sangat memungkinkan Anda akan memiliki omset yang sangat besar.

  • Persaingan yang Belum Terlalu Tinggi

Untuk peluang usaha toko elektronik di kota, mungkin saja persaingannya sangat ketat. Namun di desa, persaingan toko elektronik sangatlah rendah. Hal ini karena mindset masyarakat yang selalu memandang bahwa ketika mereka ingin melakukan service atau membeli barang elektronik, maka mereka harus ke kota.

Oleh karena itulah Anda dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk mengembangkan sebuah toko elektronik di daerah pedesaan. Tak perlu membangun toko yang besar, namun penuhi kebutuhan pelanggan. Dengan rendahnya persaingan, maka dapat dipastikan usaha toko elektronik yang dilakukan di desa akan sangat lancar.

  • Risiko Kecil

Salah satu kelebihan toko elektronik yang tak dimiliki oleh jenis usaha yang lain adalah risikonya yang sangat kecil. Seperti yang kita tahu, setiap kegiatan bisnis tentu memiliki risiko yang berbeda-beda. Namun untuk usaha toko elektronik, risiko untuk mengalami kebangkrutan dinilai paling kecil.

Hal ini karena barang-barang yang dijual di toko elektronik memiliki sifat awet sehingga dapat dijual sampai kapan pun juga. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi khawatir bahwa barang-barang elektronik tersebut akan basi meskipun tidak terjual.

  • Pangsa Pasar yang Sangat Luas

Seperti yang dijelaskan di atas, peralatan elektronik selalu digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah kipas angin, televisi, setrika, hingga mesin cuci yang menjadi alat pelengkap harian. Hal inilah yang menjadikan pangsa pasar bisnis toko elektronik terbuka lebar. Anda bahkan tak perlu lagi melakukan promosi berlebih terhadap usaha toko elektronik yang Anda jalankan karena para pengunjung lah yang akan mencari Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa peluang usaha toko elektronik tak boleh diremehkan sedikit pun.

Modal yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Bisnis Toko Elektronik

Setelah mengetahui tentang peluang bisnis toko elektronik, kini saatnya Anda memahami besaran modal yang dibutuhkan ketika menjalankan usaha yang satu ini. Namun perlu diketahui bahwa memulai usaha toko elektronik membutuhkan modal yang sangat besar. Ini karena Anda harus membeli barang-barang elektronik untuk stok dengan jumlah yang banyak. Jadi bukan hal yang aneh jika Anda harus mempersiapkan banyak uang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis toko elektronik. Adapun rincian dan penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Pembelian barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas, radio, blender, magic jar, kipas angin, parabola, dan lain sebagainya. Kira-kira biaya yang dibutuhkan adalah sebesar                         : Rp 150.000.000
  • Pembelian etalase toko                                          : Rp 3.000.000
  • Sewa lokasi usaha                                                  : Rp 15.000.000/tahun
  • Biaya renovasi tempat usaha                                : Rp 20.000.000-
  • Biaya perawatan barang-barang elektronik        : Rp 1.500.000/bulan
  • Gaji karyawan untuk 1 orang                                : Rp 1.000.000/bulan

Melihat dari rincian modal usaha toko elektronik di atas, maka kisaran uang yang dibutuhkan untuk pertama kali membuk toko elektronik adalah Rp 195.000.000. Lantas berapa kisaran pendapatan yang diperoleh dari bisnis toko elektronik? Untuk mengetahuinya, setidaknya rata-rata pengelola toko elektronik akan mengambil keuntungan sekitar 15 – 20 persen dari nilai jual sebuah barang elektronik.

Demikian sedikit ulasan mengenai peluang usaha toko elektronik, tertarik mencobanya?

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

usahA toko elektronik -modal toko elektronik -bisnis elektronik -usaha elektronik -cara usaha toko elektro -Barang elektronik yang sering di butuhkan masyarakat -modal usaha toko elektronik -Bisnis toko elektronik -Bikin usaha elektronik -yg di jual di toko elektronik -

Tags: daftar Peluang usaha toko elektronik Peluang usaha toko elektronik Peluang usaha toko elektronik 2018 Peluang usaha toko elektronik terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Peluang Usaha Toko Elektronik dan Modal yang Dibutuhkan untuk Menjalankannya"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan