Pengertian dan Contoh Bisnis Digital Terbesar di Indonesia

Pengertian dan contoh bisnis digital – Banyak yang belum tahu apa itu bisnis digital, selama ini memang nama bisnis digital sering terdengar namun tidak ada yang tahu secara pasti apa itu bisnis digital. Karena ketidaktahuannya banyak yang salah mengartikan bisnis digital tersebut. Supaya lebih mengenal tentang bisnis digital, simak pengertian dan contoh bisnis digital terbesar di Indonesia saat ini:

Pengertian Bisnis Digital

Pengertian dan contoh bisnis digital ini bagaikan dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Sebab jika tidak diberikan contohnya banyak yang hanya mengangan-angan bisnis ini dan gambaran nyata tidak didapatkan secara jelas. Oleh sebab itu pengertian dan contoh bisnis digital ini penting untuk dijelaskan secara gamblang.

Bisnis Digital

Bisnis Digital

Yang dimaksud dengan bisnis digital adalah bisnis canggih yang memanfaatkan skill dalam bidang teknologi informatika dan juga komputer, kemudian dalam praktiknya bisnis digital membutuhkan jaringan internet. Perkembangan bisnis digital secara pesat saat ini dikarenakan jaringan internet yang pesat pula. Selama pengguna internet semakin bertambah dan akses internet mudah maka bisnis ini akan selalu potensial untuk digeluti.

Model Bisnis Digital

Dalam menggeluti bisnis digital ini ada beberapa model bisnis digital yang bisa dilakukan. Berikut adalah model bisnis digital yang bisa dilakukan yang penting untuk diketahui:

  1. Infomediary

Model bisnis ini akan mengumpulkan, menganalisa, dan juga menjual informasi kepada konsumen.

  1. Licensing

Model bisnis digital ini akan memegang hak paten untuk jenis perangkat tertentu. Karena memiliki hak paten maka hak perlindungan dan juga privasi memiliki kontribusi yang penting terhadap model bisnis ini.

  1. Merchant

Model bisnis digital yang terakhir adalah merchant yang mana akan menjual barang dan juga jasa melalui toko online. Dalam menggunakan metode ini tidak ada toko fisik di dalamnya.

Contoh Bisnis Digital

Contoh Bisnis Digital

Contoh Bisnis Digital

Di Indonesia contoh dari bisnis digital ini sangat banyak dikarenakan sudah banyak pebisnis yang mulai meliriknya. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis digital yang sudah meraih sukses di Indonesia:

Bukalapak

Membicarakan tentang bisnis digital maka ingatan langsung mengarah ke startup satu ini. Bukalapak menjadi salah satu bisnis digital yang besar di Indonesia yang mana jenisnya adalah marketplace. Pendiri dari Bukalapak adalah Achmad Zaky pria kelahiran Sragen Jawa Tengah yang sejak bangku sekolah dasar menyukai bidang IT. Karena hobinya dalam bidang IT, Achmad Zaky ini melanjutkan kuliahnya di ITB jurusan teknik informatika dan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.

Keinginannya untuk memajukan dunia UKM lewat dunia maya membuat Achmad Zaky ini membuat code base bukalapak.com. Ketika ia memasarkannya di mall hanya sedikit saja yang meresponnya. Yang antusias dan banyak merespons code base buatannya justru berasal dari pedagang kecil yang menginginkan barang dagangannya laku terjual. Sampai saat ini Bukalapak mampu berkembang dengan pesat dimana sudah ada lebih 10 ribu pedagang yang bergabung dalam Bukalapak dan menarik para investor untuk menanamkan modalnya di Bukalapak.

Kaskus

Contoh bisnis teknologi digital yang berkembang pesat di Indonesia adalah Kaskus.  Kaskus ini menjadi forum terbesar yang ada di Indonesia dan pendirinya adalah Andrew Darwis pria kelahiran 20 juli 1979. Di dalam dirinya mengalir bakat elektronika berkat gen yang dibawa oleh ayahnya. Ayah Andrew bekerja sebagai pakar elektronika di perusahaan pipa dan sejak kecil Andrew ini hobi dalam mengutak-atik radio dan barang berharga yang lainnya. Ketika internet belum terkenal seperti saat ini, Andrew sudah mengenal internet bahkan di tahun 1997 dia sudah memiliki website pribadi. Karena saat itu dia menggunakan internet dari sambungan telepon membuat tagihannya menjadi membengkak dan sang ibu menjadi marah kepadanya. Karena memiliki minat dalam bidang IT maka Andrew ini mengambil jurusan teknik informatika di BINUS atau Bina Nusantara.

Kaskus ini berasal dari tugas pribadi yang diberikan dosen ketika kuliah di Seattle. Akhirnya Andrew serius menggelutinya bersama dengan dua temannya. Namun di tahun 2000 keduanya memutuskan untuk berhenti membantu Andrew. Saat itu Kaskus belum banyak menghasilkan seperti saat ini. Andrew kemudian bekerja sama dengan saudaranya yang kaya Ken Lawadinata yang menjadi CEO Kaskus kemudian membawa Kaskus tersebut pulang ke indonesia. Di tahun 2016 silam Ken memutuskan hengkang dari Kaskus. Di bawah naungan PT Darta Media Indonesia Kaskus terus berkembang pesat dan terus menunjukkan eksistensinya.

Go-Jek

Bisnis teknologi digital yang saat ini banyak membantu masyarakat indonesia adalah Go-Jek. Pendirinya adalah Nadiem Makarim, ia ingin mendirikan bisnis digital ini dikarenakan iba melihat tukang ojek yang seharian menunggu penumpang namun tidak kunjung mendapatkannya. Bahkan tukang ojek dianggap sebagai kalangan menengah ke bawah. Idenya pun berbuah manis, kini tukang ojek bisa mudah mendapatkan penumpang dan derajat tukang ojek menjadi lebih berkelas.

Jika pandai dalam menganalisa peluang akan banyak ide bisnis digital yang bisa digeluti. Semoga setelah membaca pengertian dan contoh bisnis digital di atas, banyak masyarakat yang semakin tertarik untuk menggeluti bisnis digital karena peluangnya masih terbuka lebar dan sangat potensial untuk digeluti.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis digital atau bisnis online -jelaskan pengertian dari bisnis digital murni -bisnis digital adalah -digital bisnis -Pengertian bisnis digital -sebutkan macam macam bisnis digital -pengertian digital bisnis -Pengertian dari bisnis digital murni -pengertian bisnis digital murni -contoh model bisnis digital -

Tags: Pengertian dan contoh bisnis digital Pengertian dan contoh bisnis digital 2018 Pengertian dan contoh bisnis digital terbaru Review Pengertian dan contoh bisnis digital

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Pengertian dan Contoh Bisnis Digital Terbesar di Indonesia"

    7 Analisa Penyebab Usaha Restoran Bangkrut yang Wajib Diketahui
    Pemilik restoran manapun tentu menginginkan agar usahanya
    Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
    Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
    Punya Prospek Cerah, Inilah Ide Bisnis yang Akan Booming di 2019
    Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang beranggapan

    Tinggalkan Balasan