5 Tips Menjalankan Bisnis Franchise Agar Tidak Rugi Bagi Pemula

Tips menjalankan bisnis frenchise agar tidak rugi – Semakin sulitnya mencari pekerjaan membuat masyarakat menjadi semakin berminat untuk membuka usaha sendiri. Salah satu usaha yang diminati oleh masyarakat adalah membuka bisnis frenchise atau waralaba. Frenchise menjadi yang cukup diminati karena tingkat kesulitan dalam memulai bisnis ini tidak terlalu sulit karena Anda hanya tinggal meneruskan brand yang sudah ada dan terkenal.

Terutama bagi pebisnis pemula, untuk memulai suatu usaha dengan membangun brand dan produk sendiri tentu sulit. Hal ini sama saja dengan memulainya benar-benar dari tahap nol. Anda harus mampu membangun nama brand Anda sendiri sampai dikenal di pasaran. Sehingga Anda harus lebih kerja keras dalam melakukan tugas marketing untuk memperkenalkan dan menjualkan produk Anda.

Bisnis Franchise

Bisnis Franchise

Membuka bisnis frenchise pun tidak sulit, yang paling penting Anda sediakan adalah modal yang cukup untuk membeli brand frenchise. Disini Anda menjalankan kontrak kerja sama antara Anda dengan franchisor atau pemiliki waralaba. Franchisor sebagai mitra kerja Anda akan menyediakan sumber daya manusia, bahan baku, manajemen perusahaan dan standar produk. Sedangkan Anda hanya bertugas mempertahankan nama baik franchise yang Anda beli disamping memasarkannya.

Bagi Anda yang akan atau baru saja memulai bisnis frenchise, tentu Anda masih membutuhkan banyak masukkan agar bisnis Anda dapat berjalan lancar dan sukses. Berikut ini tips menjalankan bisnis frenchise agar tidak rugi yang cocok untuk Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Lokasi Strategis Bisnis Franchise

Sebelum Anda membuka bisnis franchise ini, Anda harus menentukan lokasi yang akan digunakan untuk membuka usaha tersebut. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda harus menyewa atau membeli tempat, perhitungkan matang-matang dengan berbagai kemungkinannya. Misalnya apabila Anda menyewa apakah keuntungan yang akan Anda dapatkan mampu melebihi biaya sewa, jika tidak uang keuntungan Anda hanya akan habis untuk membayar sewa tempat.

Anda juga harus mempertimbangkan mengenai lokasi yang strategis sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya Anda menjual makanan modern dan murah yang cocok untuk mahasiswa maka pilihlah lokasi yang di dekat kampus. Yang terpenting adalah tentukan target pasarnya terlebih dahulu setelah itu barulah menentukan lokasi yang ramai dengan target pasar yang Anda tentukan.

Cermat Dalam Memilih Brand Franchise

Tips menjalankan bisnis frenchise agar tidak rugi yang berikutnya adalah cermat dalam memilih brand yang akan Anda beli. Untuk menghindari kerugian, maka Anda perlu memilih brand yang memang sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik. Kemudian pilihlah bisnis frenchise yang belum dibuka di kota Anda.

Dengan memilih brand yang terkenal dan belum dibuka di kota Anda, tentu masyarakat di kota Anda memiliki rasa penasaran terhadap brand tersebut. Sehingga mereka dapat mencoba produk yang sedang ngetren di luar kota tanpa harus ke luar kota. Hal ini akan membuat produk Anda laris manis bahkan ketika baru pertama kali dibuka. Tetapi Anda harus tetap pertahankan kualitas agar pembeli Anda akan terus ketagihan membeli produk Anda, tidak hanya sekedar musiman saja.

Kenali Potensi Pasar Brand Frenchise

Sebelum Anda memilih brand frenchise tentu sebaiknya Anda mencari referensi bagaimanakah potensi produk tersebut di kota-kota lain. Pilihlah produk yang sudah memiliki peluang pasar yang besar di berbagai kota. Anda harus mampu mempelajari hal ini dengan baik dan membandingkannya dengan keadaan kota Anda. Pertimbangkan pula hal-hal seperti apakah produk yang laris di kota lain akan dapat laris juga di kota Anda dengan harga yang sama. Karena kemampuan pasar antara kota satu dengan kota lain berbeda.

Pekerjakan Orang yang Mampu Menjual

Salah satu tips menjalankan bisnis frenchise agar tidak rugi adalah dengan melakukan marketing yang jitu. Tetapi beberapa dari Anda mungkin merasa tidak memiliki kemampuan marketing yang baik sehingga Anda perlu memperkerjakan orang yang memiliki kemampuan tersebut. Marketing penting untuk dilakukan sebab penjualan merupakan bagian yang tidak terelakkan dari semua bisnis baik frenchise atau non frenchise. Anda dapat meminta bantuan pada frenchisor atau rekan kerja frenchise Anda yang memiliki tenaga penjualan efektif untuk staf.

Pelajari Ketentuan Fee dan Sistem Frenchise

Setiap perusahaan tentu memiliki standar operasional yang ketat sebagai upaya untuk menjaga brand yang telah dibangun dengan baik agar tidak rusak. Hal ini perlu Anda pelajari karena semakin ketat dan baik sistem frenchise tersebut maka semakin layak untuk Anda pilih. Tetapi pertimbangkan pula masalah fee karena setiap franchisor biasanya memiliki aturan sendiri dalam pembagian fee. Agar Anda tidak merasa dirugikan dikemudian hari maka Anda harus teliti dalam mempelajari sistem pembagian fee tersebut. Pertimbangkan pula masalah kemungkinan franchisor akan mengubah kebijakannya di kemudian hari.

Demikian artikel tentang tips menjalankan bisnis franchise agar tidak rugi yang bisa Anda jadikan masukkan demi kelangsungan bisnis frenchise yang Anda jalankan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Franchise rugi -

Tags: Tips menjalankan bisnis frenchise agar tidak rugi Tips menjalankan bisnis frenchise agar tidak rugi 2018

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Tips Menjalankan Bisnis Franchise Agar Tidak Rugi Bagi Pemula"

    7 Cara Mengelola SDM UKM yang Tepat Agar Profit
    Cara mengelola SDM UKM – SDM atau
    Perjalanan Bisnis Sandiaga Uno yang Inspiratif dan Penuh Liku-liku
    Perjalanan bisnis Sandiaga Uno – Orang yang
    6 Cara Memulai Bisnis Sambil Bekerja yang Efektif
    Cara memulai bisnis sambil bekerja – Bisnis
    6 Cara Belajar Buat Startup Untuk Bisnis Beserta Risikonya
    Belajar buat startup – Banyak yang menganggap

    Tinggalkan pesan "5 Tips Menjalankan Bisnis Franchise Agar Tidak Rugi Bagi Pemula"