6 Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah Ini Dapat Menjadi Referensi Anda

Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah – Terjadinya rupiah melemah memang dapat terjadi sewaktu-waktu. Pelemahan rupiah ini dikenal membawa dampak yang buruk bagi perusahaan maupun individu, utamanya bagi pelaku usaha yang model usahanya bersinggungan dengan pergerakan nilai tukar. Rupiah yang melemah ini kemudian akan mengacakan perencanaan bahkan menggerus omzert, laba dan bahkan dapat menyebabkan kebangkrutan.

Tetapi sebenarnya tidak semua usaha akan menjadi rugi akibat pelemahan rupiah, beberapa usaha justru merasa diuntungkan dengan keadaan ini. Sehingga bagi Anda yang baru ingin memulai usaha jangan merasa pesimis dengan keadaan rupiah yang sewaktu-waktu bisa mengalami pasang surut. Anda masih tetap memiliki peluang yang besar untuk membuka usaha. Berikut ini akan dijelaskan 6 contoh ide bisnis disaat rupiah melemah yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Bisnis Agen Perjalanan Wisata Lokal

Agen Perjalanan Wisata Lokal

Agen Perjalanan Wisata Lokal

Bisnis yang diuntungkan dari pelemahan rupiah adalah bisnis agen perjalanan wisata. Kondisi pelemahan rupiah biasanya dimanfaatkan oleh turis asing terutama dari negara-negara Eropa dan Amerika untuk berwisata ke Indonesia. Lokasi wisata seperti Bali bahkan mencatat pertumbuhan wisatawan mancanegara sebesar 11%.

Anda dapat memanfaatkan kebiasan turis asing ini yang cenderung memanfaatkan melemahnya rupiah untuk berwisata dengan meraup keuntungan dari mereka. Lebih menguntungkan lagi apabila turis tersebut melakukan pembayaran dengan menggunakan uang dollar karena nilai tukarnya yang sedang tinggi. Untuk menghindari kerugian, selama melemahnya rupiah sebaiknya Anda hanya membuka tour dari luar negeri ke Indonesia dan menghindari perjalanan tour ke luar negeri.

Pengekspor Perhiasan dan Pernak Pernik Laut

perhiasan Pernak Pernik Laut

perhiasan Pernak Pernik Laut

Contoh ide bisnis disaat rupiah melemah yang menguntungkan adalah dengan ekspor perhiasan dan pernak pernik laut. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati lautnya, tidak hanya ikan saja tetapi berbagai hasil laut dapat dimanfaatkan untuk menjadi perhiasan. Anda dapat membuat perhiasan dari mutiara dan membuat pernak pernik cantik dari cangkang keong, karang, pasir dan lain-lain. Perhiasan dari mutiara pun menjadi salah satu jenis perhiasan yang diburu oleh banyak wanita dari penjuru negara. Akan sangat menguntungkan jika Anda melakukan ekspor perhiasan dan pernak pernik tersebut di saat rupiah sedang melemah.

Pengekspor Ikan Segar

ikan segar

ikan segar

Pengekspor menjadi salah satu pengusaha yang sangat diuntungkan ketika rupiah sedang melemah. Semakin rupiah melemah, maka harga produk di lluar negeri akan menjadi lebih murah sehingga mendorong lebih banyak pembeli yang membeli produk Anda. Hal ini dapat meningkatkan permintaan produk Anda.

Sebagai negara yang terkenal memiliki lautan yang luas tentu di Indonesia sangat mudah untuk mendapatkan ikan segar. Anda dapat menambangnya sendiri maupun membelinya dari nelayan dengan harga termurah. Setelah itu Anda dapat menjualnya kembali ke luar negeri.

Pengekspor Produk Olahan Ikan

Indonesia memiliki aneka ragam hasil laut terlebih jenis ikan. Anda dapat mengolah ikan menjadi produk olahan seperti ikan kaleng, ikan asap, pindang presto, sosis, kecap udang, dendeng, abon dan lain-lain. Produk yang telah diolah ini biasanya memiliki harga jual yang berbeda karena telah melalui proses sehingga harganya pun menjadi lebih mahal. Setelah itu Anda dapat mengekspor hasil olahan ikan Anda ke luar negeri. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah untuk selalu menjaga kualitas pasokan agar memiliki daya saing yang tinggi di pasar internasional.

Pengekspor Hasil Pertanian dan Perkebunan

Ekspor tembakau

Ekspor tembakau

Selain hasil laut, contoh ide bisnis disaat rupiah melemah lainnya yang menguntungkan adalah dengan ekspor hasil pertanian dan perkebunan. Produk-produk Indonesia banyak diminati oleh pasar internasional seperti hasil perkebunan yaitu nanas, manggis dan buah-buahan khas tropial lain. Kemudian kakao, tembakau, kopi, karet, teh, kelapa sawit, rempah rempah seperti lada hitam, lada putih, kayu manis, biji pala, vanili pun menjadi incaran di luar negeri. Anda dapat memanfaatkan keadaan lemahnya rupiah dengan memanfaatkan hasil pertanian dan perkebunan yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di Indonesia.

Pengekspor Produk Usaha Kecil Menengah

Contoh ide bisnis disaat rupiah melemah adalah dengan menjadi eksportir produk usaha kecil menengah. Semakin melemah rupiah maka para importir di luar negeri akan semakin terdorong untuk mengambil barang dari Indonesia karena keuntungannya bisa lebih besar dari sebelumnya. Inilah yang menjadikan peluang bisnis kerajinan tangan atau home industri menjadi salah satu yang menjanjikan. Hal tersebut dapat diwujudkan apabila produk yang Anda hasilkan memenuhi syarat inovatif dan cita kreasi yang bernilai tinggi. Misalnya seperti produk karya Bali yang memang saat ini sudah mumpuni untuk bersaing di pasar internasional di samping produk dari India.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba bisnis tersebut saat rupiah melemah? Beberapa referensi tersebut dapat Anda jadikan alternatif untuk usaha Anda. Pada dasarnya yang paling diuntungkan adalah para pelaku ekspor barang-barang yang mudah ditemukan di Indonesia. Demikian artikel tentang contoh ide bisnis disaat rupiah melemah, semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

Potensi usaha saat rupiah melemah -bisnis saat rupiah melemah -investasi disaat rupiah melemah -memulai usaha disaat rupiah melemah -Peluang Usaha Rupiah melemah -

Tags: Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah 2018 Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah terbaru daftar Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "6 Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah Ini Dapat Menjadi Referensi Anda"

    7 Keuntungan Membangun Bisnis Sendiri Tanpa Partner dan Kerugiannya
    Membangun bisnis sendiri – Banyak orang yang
    6 Ide Bisnis untuk Anak Kecil yang Potensial Digeluti
    Bisnis untuk anak kecil – Bisnis tidak
    8 Cara Mendapatkan Mitra Bisnis Khusus Pebisnis Pemula yang Efektif
    Cara mendapatkan mitra bisnis – Mitra bisnis

    Tinggalkan pesan "6 Contoh Ide Bisnis Disaat Rupiah Melemah Ini Dapat Menjadi Referensi Anda"