Peluang Bisnis Butik dan Rincian Modal yang Dibutuhkan

Peluan bisnis butik umumnya dilakukan oleh kaum perempuan, meskipun ada juga pria yang terjun ke dunia bisnis ini. Di Indonesia sendiri, perkembangan fashion cukup dinamis sehingga dapat dipastikan bahwa peluang untuk menjalankan bisnis ini sangat luas. Pangsa pasar bisnis butik pun cukup beragam mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Itulah salah satu alasan mengapa tak sedikit orang yang tertarik menjalankan bisnis butik.

Peluang Menjalankan Bisnis Butik

Bisnis Butik

Bisnis Butik

Meksipun memiliki peluang dan target pasar yang cukup besar, namun nyatanya menjalankan bisnis butik tidaklah mudah. Anda harus memiliki perhitungan yang matang dan strategi agar rencana Anda alam menjalankan bisnis butik dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis butik, berikut adalah beberapa peluang bisnis butik yang dapat dijalankan.

1. Usaha Butik Online

Pilihan pertama adalah menjalankan bisnis butik online. Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi informasi berupa internet sudah sangat pesat. Hal ini membuat setiap orang mampu melakukan jual beli secara online. Untuk itu, cobalah membangun usaha butik online.

Ada banyak keunggulan yang dapat Anda dapatkan ketika Anda menjalankan bisnis butik online. Pertama, Anda tak perlu memiliki toko butik khusus untuk menjual semua produk pakaian yang Anda miliki. Kedua, pemasaran produk butik secara online dapat menjangkau semua pengguna internet. Ketiga, semua pertanyaan dan pemesanan dari pembeli dapat dilakukan dimana saja.

2. Usaha Butik Rumahan

Bentuk usaha butik yang dapat dilakukan selanjutnya adalah usaha butik rumahan. Berbeda dengan usaha butik online, di sini Anda membutuhkan space atau tempat untuk menjual produk-produk butik Anda. Jenis usaha butik yang satu ini memang dapat dikatakan sebagai usaha konvensional, namun hingga saat ini masih banyak yang melakukannya.

Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis butik rumahan, tentu Anda harus memiliki tempat tersendiri di rumah Anda untuk memajang produk butik Anda. Tujuannya agar pengunjung lebih leluasa dalam memilih produk butik yang mereka inginkan. Untuk masalah promosi, Anda dapat memasang banner di rumah Anda atau dengan mempromosikan usaha Anda melalui internet. Dengan begitu, maka usaha Anda dapat dikenal oleh banyak orang.

3. Usaha Butik Muslimah

Peluang usaha butik muslimah sangat cocok dijalankan untuk Anda yang gemar dengan fashion ala muslimah. Pada umumnya bisnis ini dilakukan oleh wanita namun juga tak menutup kemungkinan bagi pria untuk melakukannya. Jika Anda tertarik produk fashion muslimah, maka carilah berbagai produk fashion yang sedang up to date. Biasanya butik muslimah akan sangat ramai ketika masuk bulan ramadhan dan menjelang lebaran. Anda dapat memanfaatkan moment tersebut untuk mempromosikan segala jenis pakaian yang Anda miliki.

4. Usaha Butik Batik

Jenis peluang bisnis butik yang selanjutnya adalah butik yang menjual berbagai pakaian batik. Jenis usaha yang satu ini juga terbukti ramai pengunjung. Pasalnya Indonesia sendiri memiliki berbagai jenis motif batik yang sangat indah. Dengan kata lain, Anda pun tak perlu kesulitan untuk memilih jenis batik seperti apa yang ingin dijual. Tugas Anda hanyalah mencari cara untuk mempromosikan produk batik tersebut agar pengunjung tertarik membelinya.

Rincian Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Butik

Setelah mengetahui tentang beberapa peluang usaha butik, kini saatnya bagi Anda untuk memahami besaran modal yang dibutuhkan dalam bisnis butik. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Modal Usaha

  • Renovasi Interior dan Eksterior Tempat Usaha             : Rp 15.000.000
  • Pembelian Rak dan Display                                              : Rp 5.000.000
  • Pembelian Produk untuk Butik                                         : Rp 20.000.000

Jadi total uang yang dibutuhkan untuk modal awal usaha butik adalah Rp 40.000.000,-

2. Biaya Operasional

  • Gaji Pegawai  2 Orang (@Rp 800.000)    : Rp 1.600.000
  • Belanja Produk Butik Bulanan                 : Rp 5.000.000
  • Belanja Kantong Plastik dan lain-lain     : Rp 250.000
  • Bayar Listrik                                                  : Rp 300.000

Jumlah biaya operasiona yang dibutuhkan dalam 1 bulan adalah sebesar Rp 7.150.000,-

3. Omset/Pendapatan

Diamsusikan bahwa butik Anda mampu menjual produk sebesar Rp 600.000/hari sedangkan untuk akhir pekan, rata-rata penjualan butik sebesar Rp 1.000.000/hari. Maka perhitungannya pendapatan dalam 1 bulan adalah:

Hari Senin – Jumat             : Rp 600.000 x 22 hari = Rp 13.200.000

Hari Sabtu – Minggu           : Rp 1.000.000 x 8 hari = Rp 8.000.000

Totalnya adalah Rp 21.200.000/bulan.

4. Laba Bersih dan Lama Balik Modal

Adapun perhitungan laba bersihnya adalah omset dikurangi dengan pendapatan.

Rp 21.200.000 – Rp 7.150.000 = Rp 14.050.000

Sedangkan lama waktu untuk balik modal adalah:

Rp 40.000.000 : Rp 14.050.000 = 2,8 bulan.

Itulah rincian modal bisnis butik yang harus dipertimbangkan. Dengan modal yang tak cukup besar, maka usaha ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba peluang bisnis butik?

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

rincian modal usaha butik -modal usaha butik -modal usaha butik kecil -modal buka usaha butik -usaha butik -biaya buka usaha butik -berapa modal usaha butik -Modal untuk buat butik -Modal buka butik -modal awal butik -

Tags: peluang bisnis butik peluang bisnis butik 2018 peluang bisnis butik di indonesia peluang bisnis butik terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Peluang Bisnis Butik dan Rincian Modal yang Dibutuhkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan