Peluang Usaha Toko Beras dan Analisis Modal yang Dibutuhkan

Peluang usaha toko beras terbilang sangat menjanjikan. Alasannya karena beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga setiap orang membutuhkannya. Dengan kata lain, pangsa pasar untuk beras sangat luas sehingga bukan hal yang aneh apabila usaha yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat.

Analisa Bisnis Toko Beras

Pada umumnya, stok barang berupa beras di toko-toko diperoleh dari distributor atau agen yang membeli beras dari petani. Di berbagai daerah di Indonesia selalu terdapat supplier beras sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan stok beras. Bahkan jika memang di daerah Anda tidak terdapat supplier beras, agen-agen lain yang berasal dari luar daerah pun akan siap memenuhi kebutuhan beras pada toko Anda.

Untuk membuka toko beras, Anda perlu memahami terlebih dahulu seluk beluk tentang usaha tersebut, terutama terhadap kualitas beras yang akan dijual di toko Anda. Setelah Anda paham tentang tingkatan kualitas beras, maka Anda dapat membedakan antara beras dengan kualitas baik dan buruk. Mengapa ini penting? Karena saat ini tak sedikit beras dengan kualitas buruk yang diakali sedemikian rupa sehingga terlihat lebih putih, wangi, dan lain sebagainya.

Meskipun termasuk dalam bisnis dengan pangsa atau target pasar yang sangat luas, Anda pun harus siap menghadapi persaingan dengan toko beras yang lain yang telah ada di sekitar toko Anda. Tujuannya agar toko beras Anda dapat menjaring pengunjung lebih banyak. Dalam hal ini, lakukan langkah promosi yang tepat serta pelayanan yang memuaskan para pengunjung. Jangan pernah sekalipun melakukan kecurangan saat menjual beras Anda agar pengunjung tidak kecewa ketika berbelanja di tempat Anda. Dengan begitu, maka Anda dapat memperoleh omset yang sangat besar dari usaha tersebut.

Strategi Bisnis yang Dapat Dilakukan

Untuk memanfaatkan peluang usaha toko beras, dibutuhkan sebuah strategi pemasaran yang tepat agar usaha Anda tetap dapat berjalan dengan lancar. Contohnya adalah memberikan harga miring atau diskon ketika ada pelanggan yang membeli beras dengan jumlah banyak. Selain itu, sediakan pula jasa antar gratis untuk pembeli yang wilayahnya masih terjangkau dari tempat Anda. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa usaha toko beras Anda akan semakin ramai didatangi pengunjung.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi baik melalui media konvensional seperti brosur ataupun media online. Hal ini agar Anda dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Sediakan pula beras dengan berbagai jenis agar pembeli dapat lebih leluasa untuk membeli jenis beras seperti apa yang diinginkan.

Hambatan Menjalankan Bisnis Toko Beras

Setelah mengetahui analisa dan strategi menjalankan toko beras, Anda juga harus memahami tentang hambatan apa saja yang mungkin dihadapi ketika menjalankan bisnis ini. Dengan mengetahui semua hambatan tersebut, maka Anda dapat mengambil langkah tepat untuk mengatasinya sehingga bisnis toko beras Anda dapat berkembang dengan baik.

Hambatan yang pertama adalah sulitnya dalam mencari pemasok beras yang benar-benar berkualitas. Ini dipengaruhi oleh permainan oknum nakal yang sengaja mengubah beras tak berkualitas menjadi seolah beras bermutu tinggi. Untuk itu, Anda harus benar-benar melakukan pengecekan terhadap kualitas beras tersebut terlebih dahulu.

Kedua, beras yang tersedia di toko akan rusak dan berkurang kualitasnya ketika lama tidak terjual. Ini menjadi masalah paling umum bagi siapa saja yang bergelut di bisnis beras. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhitungkan dengan benar berapa kebutuhan beras harian yang dibutuhkan oleh pengunjung. Hal ini bertujuan untuk menyikapi agar tidak ada beras yang terlalu lama tersimpan di gudang sehingga menyebabkan beras tersebut rusak.

Ketiga, ada masa dimana beras mengalami kelangkaan dari petani. Ini karena terkadang ada musim dimana produksi beras berkualitas dari petani mengalami kekurangan dengan alasan gagal panen dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus benar-benar telah siap mencari beberapa agen yang mampu menjadi supplier beras berkualitas di toko Anda.

Analisis Modal dan Keuntungan Usaha Toko Beras

Anda telah memahami secara lengkap tentang peluang usaha toko beras. Kini saatnya menghitung besaran modal dan keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis yang satu ini. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Modal Awal

  • Sewa kios untuk toko beras                       : Rp 15.000.000
  • Pembelian awal stock beras                      : Rp 6.000.000
  • Interior toko beras                                        : Rp 800.000

Total modal awal yang dikeluarkan adalah Rp 21.800.000,-

2. Biaya Operasional

  • Gaji pegawai 1 orang                                  : Rp 750.000
  • Biaya listrik                                                    : Rp 75.000
  • Biaya transportasi untuk angkut beras    : Rp 350.000
  • Pembelian stock beras bulanan               : Rp 1.500.000

Total biaya operasional per bulan adalah sebesar Rp 2.675.000,-

3. Laba Bersih dan Lama Balik Modal

Diasumsikan bahwa rata-rata penjualan beras dalam satu hari adalah 20 kg dengan harga Rp 9.000/kg. Jadi pendapatan setiap bulan adalah:

(30 kg x Rp 9.000) x 30 hari

= Rp 270.000 x 30 hari

= Rp 8.100.000 per bulan

Kemudian untuk laba bersih adalah Rp 8.100.000 –  Rp 2.675.000 = Rp 5.425.000,-

Dengan omset sebesar itu, maka lama balik modal adalah Rp 21.800.000 : Rp 5.425.000 = 4 bulan.

Itulah penjelasan terkait perhitungan modal dan pendapatan yang dapat Anda peroleh dengan menjalankan toko beras. Dengan kata lain, peluang usaha toko beras dapat menjadi salah metode bisnis yang tepat karena memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan didukung dengan sasaran pasar yang luas.

 

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

bisnis beras -usaha beras -usaha toko beras -analisa usaha beras -toko beras -flowchart bisnis toko beras -yang dimaksud investasi beras -analisa usaha kios beras -alasan menjadi pengusaha beras -analisis usaha omset usaha -

Tags: Peluang usaha toko beras Peluang usaha toko beras 2018 Peluang usaha toko beras terbaru rincian Peluang usaha toko beras

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Peluang Usaha Toko Beras dan Analisis Modal yang Dibutuhkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan