5 Ide Bisnis yang Cocok Saat Ramadhan Paling Menguntungkan

Ide bisnis yang cocok saat ramadhan – Bulan ramadhan paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Ramadhan yang hanya datang setahun seakali dimanfaatkan dengan baik oleh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Bulan ramadhan di Indonesia tidak hanya digunakan untuk menjalankan amalan dan menjauhi larangan-NYA, namun ada juga yang memanfaatkannya dengan berbisnis. Bisnis di bulan ramadhan ini memang menggiurkan terutama bagi yang bisa menganalisa peluang dengan baik. Jika tidak bisa menganalisa bisnis di bulan ramadhan yang tepat justru akan menelan kerugian. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang cocok saat ramadhan paling menggiurkan berikut ini:

Paket Sahur

Paket Sahur

Paket Sahur

Ide bisnis yang cocok saat ramadhan pertama yang bisa digeluti adalah paket sahur. Saat sahur banyak yang merasa kerepotan jika harus keluar untuk mencari makanan. Dengan membuka usaha makanan paket sahur ini tentu orang yang membutuhkan paket sahur tidak akan kerepotan untuk mencari makanan untuk sahur. Target pasar dari bisnis ini adalah penghuni kamar kos yang mana tidak memiliki waktu untuk memasak makanan sahur sendiri. Sahur ini merupakan amalan sunah sehingga barang siapa yang melakukannya akan mendapatkan pahala.  Cara untuk bisa menggeluti bisnis ini cobalah untuk memberikan penawaran kepada penghuni kos yang jauh dari keluarga dan juga orang tua. Anak kos banyak yang ingin mengonsumsi makanan yang serba praktis namun tetap sehat.

Pakaian dan Busana Muslim

Busana Muslim

Busana Muslim

Saat bulan ramadhan terlebih lagi menjelang lebaran banyak pengusaha atau pebisnis dadakan yang menjual pakaian dan busana muslim. Hal ini akan membuat persaingan bisnis bi bidang pakaian dan busana muslim ini sangat ketat. Oleh sebab itu untuk memenangkan persaingan juallah pakaian dan juga busana muslim yang benar-benar berkualitas dan banyak dibutuhkan konsumen. Pahami trend fashion yang sedang berkembang saat ini. Dengan analisa trend fashion tersebut diharapkan busana muslim yang dijual banyak diminati oleh konsumen. Untuk berjualan pakaian dan juga busana muslim ini bisa dilakukan di pasar ramadhan, bazar ramadhan, atau bisa juga berjualan secara online di marketplace yang banyak digunakan di indonesia.

Perlengkapan Sholat

Perlengkapan Alat Sholat

Perlengkapan Alat Sholat

Selain busana muslim, ide bisnis yang cocok saat ramadhan selanjutnya adalah berjualan perlengkapan sholat. Perlengkapan sholat ini meliputi mukena, sajadah, dan lain sebagainya. Saat ramadhan banyak yang ingin tampil beda dengan perlengkapan sholat yang baru. Dengan perlengkapan sholat yang baru tersebut ada yang membuat ibadah bisa semakin baik dan khusyuk. Untuk bisa sukses dalam menggeluti bisnis ini sebaiknya menjual perlengkapan sholat yang beragam, baik model maupun motifnya. Tidak hanya itu saja pilihlah perlengkapan sholat yang terbuat dari bahan yang nyaman dan berkualitas karena akan membuat ibadah semakin khusyuk.

Menu Takjil

Menu Takjil

Menu Takjil

Ide bisnis saat ramadhan dan paling menggiurkan untuk digeluti adalah membuat menu takjil. Saat ramadhan banyak acara buka puasa bersama yang dilakukan baik di masjid, musholla, atau dilakukan di rumah. Supaya praktis banyak yang mempercayakan menu takjilnya dengan memesan dan tidak memasaknya sendiri. Dengan begitu peluang bisnis ini akan muncul dan menggiurkan sekali untuk digeluti. Untuk bisa menggeluti bisnis ini tidak perlu memerlukan modal yang banyak. Hal itu dikarenakan modal yang dikeluarkan sesuai dengan permintaan konsumen. Berikut ini adalah contoh rincian modal untuk membuka bisnis menu takjil menu telur dan sayur untuk 50 orang yang bisa diperhitungkan:

  1. Beras 50 x 1 ons = 5 kg x Rp11.000 = Rp55.000
  2. Bumbu lengkap     = Rp20.000
  3. Telur 50 = 4 kg x Rp20.000  = Rp80.000
  4. Sayur = Rp15.000
  5. Kerupuk = Rp15.000
  6. Pisang = Rp15.000
  7. Minyak ½ liter  = Rp6.000

Dari rincian yang telah disebutkan di atas, besaran modal yang harus dikeluarkan sebesar Rp206.000. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar sehingga bagi yang ingin menggeluti bisnis dengan modal kecil pun bisa menggeluti bisnis satu ini. Jika satu boxnya di banderol dengan harga mulai dari Rp10.000 maka penghasilan kotornya Rp500.000. Untuk penghasilan bersih mendapatkan sebesar Rp294.000. Itu baru satu kali pesanan saja, semakin banyak pesanan yang datang maka semakin banyak penghasilan yang akan didapatkan. Dari penghasilan bersih tersebut harus ada yang disisihkan untuk biaya yang tidak langsung habis seperti gas dan lain sebagainya.

Sandal dan Sepatu

Bisnis terakhir yang cocok dijadikan peluang usaha saat ramadhan adalah sandal. Tidak hanya  busana muslim saja yang diminati oleh masyarakat namun juga sandal dan sepatu. Toko sepatu dan sandal akan banyak diserbu konsumen saat pertengahan ramadhan sampai h-1 lebaran. Oleh sebab itu tidak ada salahnya menggeluti bisnis ini karena peluangnya yang begitu menjanjikan.

Bisnis dadakan tidak akan sukses jika tidak disertai dengan persiapan yang matang. Oleh sebab itu persiapkanlah semuanya dengan baik, jangan hanya sekadar ikut-ikutan, dan buatlah rencana bisnis yang matang. Selain itu pilihlah ide bisnis yang cocok saat ramadhan sesuai dengan passion dan skill, misal skillnya memasak maka usaha makanan paket sahur dan menu takjil ini menjadi rekomendasi yang pas.

Загрузка...

Tags: Ide bisnis yang cocok saat ramadhan Ide bisnis yang cocok saat ramadhan terbaru Ide bisnis yang cocok saat ramadhan tiba

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Ide Bisnis yang Cocok Saat Ramadhan Paling Menguntungkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan