4 Peluang Usaha Lulusan Teknik Industri yang Potensial

Peluang usaha lulusan teknik industri – Teknik industri menggabungkan berbagai macam ilmu untuk memulai proses industri. Jurusan ini mengedepankan fleksibilitas dan membahas industri secara luas. Tidak mengherankan jika prospek kerja dari jurusan ini begitu luas. Dalam dunia kerja lulusan teknik industri ini berperan dalam pemotongan jalur sistem, perampingan ruang operasi, melakukan pemasaran secara global tujuannya agar modal lebih hemat dan SDM lebih efisien. Produktivitas yang tinggi membandingkan antara output dengan input yang diberikan. Jika efektif dan efisien maka bisa dikatakan semakin produktif. Supaya semakin produktif teknik industri ini harus memikirkan bagaimana cara memperbanyak output tanpa harus menambahkan input.

Selain bisa bekerja di pabrik, jurusan teknik industri ini bisa menjadi pengusaha kompeten dan tangguh yang bisa bersaing di pasar global di Indonesia. Ada beberapa peluang usaha lulusan teknik industri yang potensial digeluti seperti berikut ini:

Kuliner

Kuliner

Kuliner

Peluang usaha lulusan teknik industri yang menarik dan bisa digeluti adalah bidang kuliner. Meski banyak yang bisa menggeluti bisnis ini namun lulusan jurusan teknik industri dipercaya akan berhasil menggeluti bisnis kuliner yang digelutinya. Hal itu dikarenakan jurusan ini dipercaya bisa melakukan manajemen dengan baik mulai dari perencanaan atau perancangan sampai ke proses penjualan. Teknik industri akan berusaha berlaku efektif dan juga efisien dalam proses produksi. Biasanya teknik industri ini akan bisa menghasilkan output yang banyak namun meminimalkan input sehingga keuntungan bisa didapatkan lebih banyak. Teknik industri yang menggeluti bisnis kuliner akan bisa membuat bahan baku produksi menjadi lebih efisien begitu pula dengan SDMnya.

Membuka Industri Fashion

Peluang usaha lulusan teknik industri yang menggiurkan adalah membuka industri fashion. Industri fashion ini juga berhubungan dengan teknik industri karena akan memaksimalkan output dan meminimalkan input. Hal itu dikarenakan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan produksi maupun SDM diharapkan bisa membuat industri tersebut semakin maju dan berkembang. Salah satu lulusan teknik industri yang sudah sukses dengan industri ini adalah Ayu Dyah Andari. Ayu adalah desainer busana pesta yang naik daun sejak tahun 2013, bahkan penjualan busana muslim yang dia produksi sudah dipasarkan di beberapa negara seperti Malaysia, Taiwan, Brunei Darussalam sampai ke Korea.

bisnis Ayu Dyah Andar

bisnis Ayu Dyah Andar

Sebelum menekuni industri fashion Ayu adalah seorang karyawan di perusahan ternama PT Kraft’s Foods Indonesia dan juga PT Toyota Astra Motor. Meski gajinya sudah terbilang besar namun hal itu tidak bisa menggantikan waktunya bersama anak.  Oleh sebab itu Ayu memutuskan untuk resign dan menggeluti bisnisnya tersebut. Meski ditentang oleh keluarga, namun Ayu berusaha untuk meyakinkan keluarganya jika sudah memikirkan matang-matang hal tersebut. Ayu mulai menggeluti bisnis fashion sejak tahun 2011, namun belum menggeluti bidang industri. Barulah di tahun 2013 ini dia beralih haluan ke perancangan busana muslim. Dia pun membuka industri fashion busana muslim dengan ciri khas DNA klasik, vintage, dan juga bunga mawar. Industri fashion yang didirikannya memiliki sebanyak 35 karyawan. Ayu menjual fashion buatannya dengan cara online dan juga mendirikan butik di Jakarta. Selain itu Ayu juga memiliki agen khusus yang ada di Banjarmasin. Berkat bisnis yang digelutinya tersebut Ayu bisa meraup omzet sampai ratusan juta rupiah per bulannya.

Industri Sepatu

Tidak semua jurusan teknik industri bekerja di pabrik atau perusahaan. Biasanya karena jam kerja yang terlalu padat membuat karyawan yang bekerja di pabrik atau perusahaan tersebut memilih untuk membuka bisnis sendiri. Salah satu usaha yang cocok untuk lulusan teknik industri adalah membuka bisnis di bidang industri sepatu. Lulusan teknik industri yang sudah sukses dengan bisnis ini adalah Diana Rikasari.

bisnis Diana Rikasari

bisnis Diana Rikasari

Diana memulai bisnisnya dengan modal yang tidak terlalu besar berasal dari uang tabungannya sendiri. Bahkan keputusannya untuk meninggalkan pekerjaannya saat itu tidak didukung oleh keluarganya. Memang pada saat itu Diana sudah bekerja di perusahaan multinasional dengan gaji yang cukup besar, namun keinginannya untuk berbisnis tidak bisa ditunda lagi. Pada akhirnya di tahun 2010 Diana mendirikan UP kemudian menyusul brand sepatu yang lainnya pada tahun 2013.  Kini Diana sudah memiliki beberapa karyawan dalam industri sepatunya, semua produk sepatu yang di produksi dijual secara online di situs I Wear Up.

Konsultan

Untuk bisa membuka bisnis ini lulusan harus memiliki pengalaman menjadi tim konsultan di perusahaan terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan sebelum membangun bisnis ini sendiri dibutuhkan pengakuan dan juga pengalaman yang tidak sedikit. Ibaratnya lulusan menimba ilmu terlebih dahulu barulah saat dirasa ilmunya sudah cukup bisa membuka jasa konsultan bagi perusahaan ini sendiri. Tugas konsultan perusahaan ini adalah memberikan solusi kepada perusahan agar lebih efektif dan juga efisien dimana meminimalkan input namun memaksimalkan output. Selain itu dalam hal SDM pun juga membutuhkan jasa konsultan ini dikarenakan kemaksimalan SDM sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsultan

Konsultan

Teknik  industri ini memang memiliki prospek yang cerah karena banyak dibutuhkan dan gaji yang ditawarkan besar. Namun tidak sedikit lulusan teknik industri yang ingin berwirausaha. Beberapa peluang usaha lulusan teknik industri yang disebutkan diatas bisa menjadi pilihan bagi lulusan yang ingin berwirausaha karena potensial dan peluangnya masih terbuka dengan lebar.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

lulusan teknik industri yang sukses -usaha yang cocok untuk sarjana industri -Wirausaha Teknik industri -ide usaha sarjana teknik -cerita sukses lulusan teknik industri -buka usaha sarjana teknik -bisakah lulusan teknik industri punya usaha sendiri -apakah teknik industri dapat menjadi owner bisnis? -apakah lulusan teknik industri bisa berwirausaha? -apa yang harus di lakukan agar sarjana tehnik usaha eksis dan berkembang rental motor -

Tags: Peluang usaha lulusan teknik industri Peluang usaha lulusan teknik industri 2018 Peluang usaha lulusan teknik industri terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "4 Peluang Usaha Lulusan Teknik Industri yang Potensial"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan