5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Paling Menggiurkan

Peluang usaha lulusan Teknik Informatika – Orang yang memiliki wawasan luas banyak yang ingin menggeluti Informatika ini, tujuannya adalah ingin berkarya dalam wujud sebuah teknologi. Dengan kehadiran informatika secara tidak langsung akan menghasilkan karya atau sesuatu yang nantinya akan bermanfaat kepada orang lain. Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat entah itu sistem maupun alat yang bisa digunakan sebagai penyampai informasi dimana tidak jauh dari perangkat komputer dan juga perangkat lunak yang membahas tentang sistem jaringan maupun telekomunikasi. Orang yang mau pandai dalam bidang matematika, fisika, ekonomi, dan lainnya harus bisa mengoptimalkan ilmu teknik informatika ini.

Bagi lulusan teknik informatika, ada banyak prospek cerah yang menunggu kalian. Hal itu dikarenakan selain bisa bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan teknologi atau pemrograman, mahasiswa jurusan teknik informatika bisa membuka usaha untuk orang lain. Usaha yang bisa dilakukan oleh lulusan TI ini sangat luas dan masih terbuka dengan lebar. Berikut ini adalah peluang usaha lulusan Teknik Informatika yang sangat menarik untuk digeluti:

Konsultan IT

Konsultan IT

Konsultan IT

Konsultan IT termasuk dalam profesi yang mana artinya untuk bisa menjadi seorang konsultan tersebut dibutuhkan keahlian khusus yang sudah dipelajarinya dalam bangku formal seperti sekolah maupun perguruan tinggi. Profesi ini beda dengan pekerjaan karena tidak tertumpu pada keahlian tertentu.  Membuka jasa konsultan IT menjadi salah satu peluang usaha yang tepat untuk dijalani lulusan TI.  Konsultan IT ini berkaitan dengan teknologi informasi atau sistem informasi seperti software, hardware, jaringan atau network. Berikut ini adalah sedikit gambaran tentang konsultan IT yang bisa diketahui:

1. Keahlian Konsultan IT

Untuk bisa disebut sebagai konsultan IT ada beberapa keahlian yang harus dikuasai oleh lulusan TI ini. Konsultan IT harus menguasai bahasa pemrograman penyusun website berupa HTML, PHP, ASPX. Selain itu juga harus paham dengan bahasa basic seperti Visual Basic, NET, Java, Python, Cobol dan Assembly. Memiliki keahlian untuk bisa mengoperasikan sistem dan pembuatan aplikasi seperti Windows, Lynux, Unix, Android, Apple OS, dan Blackberry OS. Keahlian dalam server dan jaringan seperti Windows server Linux, Cisco. Ahli di dalam database seperti SQL, MySQL, Microsoft Access dan juga sistem keamanan seperti hacking, antivirus, sniffing, dan phishing.

2. Tugas Konsultan IT

Lulusan teknik informatika yang ingin membuka bisnis konsultan IT harus paham tentang tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab konsultan IT yang harus diketahui:

  1. Merekomendasikan solusi IT paling baik dalam pemecahan masalah.
  2. Membuat dokumen seperti proposal, requirement, dan juga desain software secara umum.
  3. Memberikan konsultasi, masukan, dan solusi tentang berbagai macam hal yang berhubungan dengan komputer berupa hardware, software dan juga bagaimana cara mengatasi masalah pada komputer.
  4. Membuat program atau perangkat lunak yang isa dimanfaatkan oleh perusahaan.

Desainer Website

Desainer Website

Desainer Website

Peluang usaha lulusan teknik informatika yang bisa digeluti adalah desainer website. Tidak hanya jurusan manajemen informatika saja yang bisa menggeluti bisnis ini namun jurusan TI ini pun bisa menggeluti desain website. Hal itu dikarenakan materi desain website ini diberikan kepada semua prodi. Desainer website bertugas untuk merancang dan membuat tampilan website menjadi menarik atau eye catching. Website tanpa desain akan membuatnya tidak rapi dan membuat pengunjung kesulitan dalam melakukan navigasi saat menjelajahi website tersebut. Untuk bisa menjadi seorang desainer website yang berkualitas atau profesional harus bisa menguasai minimal Dreamweaver.

Membuat Game

Membuat Game

Membuat Game

Usaha yang cocok untuk lulusan IT selanjutnya adalah menjadi pembuat atau developer game. Banyak orang yang sukses dan mendapatkan keuntungan lumayan dari profesinya pembuat game. Developer game tersebut banyak yang mengupload aplikasinya ke Play Store kemudian mendapatkan penghasilan dari situ. Untuk bisa membuat game yang berkualitas lulusan TI bisa memanfaatkan Corona yang sudah banyak digunakan oleh developer untuk membuat game. Game berbasis Android pun banyak yang menggunakan software satu ini. Yang menggunakan Corona untuk membuat game berbasis Android sebanyak 150 ribu lebih developer. Corona ini menggunakan  bahasa pemrograman Lua. Bagi yang memiliki latar belakang IT pun akan mudah menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Desainer Grafis

Desain grafis

Desain grafis

Lulusan TI pun bisa menjadi seorang desainer grafis, hal itu dikarenakan mata kuliah ini juga diajarkan selama di bangku kuliah. Desain grafis ini digunakan dalam berbagai aspek misalnya adalah pencetakan kartu nama, banner, brosur, pamflet, dan lain sebagainya. Yang bisa menggeluti bisnis ini adalah lulusan TI yang jago mengoperasikan Corel Draw atau Photoshop.

Start Up

Peluang usaha lulusan teknik informatika yang menjanjikan adalah menjadi pengusaha start up.  Banyak lulusan IT yang sukses berkat menggeluti bisnis start up ini. Start up saat ini yang bermanfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia adalah Go-JEK, Traveloka, Tokopedia, dan masih banyak lagi lainnya. Kini kehidupan manusia menjadi lebih mudah berkat hadirnya start up tersebut.

Demikianlah beberapa peluang usaha lulusan teknik informatika yang bisa digeluti, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

konsultan seo indonesia -usaha lulusan teknik informatika -buka usaha dari lulusan it -ide bisnis untuk anak ti -usaha untuk lulusan TI -peluang usaha alumni teknik informatika -lulusan IT menjadi wirausahawan -bisnis terkait teknik informatika -bisnis orang teknik informasi -Apakah lulusan teknik informatika bisa jadi pengusaha? -

Tags: Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika 2018 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika terbaru

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "5 Peluang Usaha Lulusan Teknik Informatika Paling Menggiurkan"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan