Bisnis Servis Komputer dan Rincian Biayanya

Di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang, bisnis servis komputer memang dinilai memiliki peluang yang sangat bagus dan menjanjikan. Bagaimana tidak? Saat ini instansi mulai dari sekolahan hingga universitas memanfaatkan komputer untuk mendukung sistem pembelajaran. Selain itu, pengguna laptop pun semakin banyak mulai dari remaja, mahasiswa, pekerja kantoran, hingga pebisnis.

Melihat fenomena tersebut, memang tak bisa dipungkiri bahwa usaha service komputer layak dicoba, khususnya bagi Anda yang hobi dan memahami tentang software dan hardware komputer. Terlebih pangsa pasar untuk bisnis ini sangat luas sehingga peluang Anda dalam mencapai keberhasilan dari bisnis ini sangat besar.

Tips Menjalankan Usaha Service Komputer

Usaha Service Komputer

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis service komputer, ada baiknya jika Anda memahami tentang seluk beluk usaha yang satu ini. Seperti halnya kegiatan bisnis lainnya, terdapat beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum menjalankan usaha service komputer. Di antaranya adalah:

1. Memilih Tempat Usaha Service

Tips pertama adalah menentukan jenis bisnis komputer yang akan dijalankan akan menggunakan tempat service sendiri atau berupa service komputer rumahan. Untuk usaha service komputer dengan toko sendiri, Anda harus menyiapkan tempat dengan cara menyewa atau bahkan membeli bangunan yang nantinya akan digunakan sebagai tempat service komputer.

Sedangkan jika Anda ingin menjalankan bisnis servis komputer di rumah, tentu saja Anda tak perlu menyewa bangunan. Cukup manfaatkan ruangan yang ada di rumah Anda. Namun perlu diingat, ketika Anda menjalankan usaha service komputer rumahan, maka sebaiknya lakukan penataan yang baik pada ruangan yang tersedia layaknya seorang pebisnis profesional.

2. Mempertimbangkan Persaingan Bisnis

Tips kedua adalah lihatlah apakah ada pesaing yang ada di sekitar tempat Anda menjalankan usaha service komputer. Ini adalah hal penting mengingat persaingan di dunia bisnis ini cukup ketat sehingga tanpa pertimbangan yang matang, dapat dipastikan usaha service Anda tidak akan berjalan lancar.

Sebaiknya Anda melakukan sedikit analisis terhadap pesaing Anda. Di sini, Anda dapat menyediakan dan memberikan hardware hingga pelayanan yang tak dimiliki oleh kompetitor bisnis. Tujuannya sangat jelas yakni menjaring pengunjung agar datang ke tempat Anda.

3. Membangun Link dengan Pemilik Toko Komputer yang Lain

Tips selanjutnya adalah mencari dan membangun link atau jaringan dengan pemilik toko komputer lain di luar daerah Anda. Mengapa ini penting? Karena saat menjalankan bisnis servis komputer, akan ada masa dimana Anda membutuhkan mereka untuk mendukung bisnis Anda. Misalnya untuk membeli stok peralatan service dan hardware komputer secara grosir hingga mencari spare part komputer tertentu yang tidak Anda miliki. Manfaat penting lain yang dapat Anda peroleh dengan banyaknya link toko komputer yang dimiliki adalah Anda akan mengetahui pasaran harga hardware, software, dan biaya service.

4. Gencar Melakukan Promosi

Sebagai bisnis yang baru berjalan, dibutuhkan langkah promosi yang tepat agar konsumen lebih mudah mengetahui bisnis Anda. Tanpa adanya promosi, usaha servis komputer Anda akan sulit berkembang. Untuk itu, cobalah berbagai media untuk promosi. Misalnya mencetak spanduk atau banner di rumah atau toko Anda yang menjelaskan bahwa Anda menerima service komputer. Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi di jejaring sosial.

Analisa Modal dan Pendapatan Usaha Service Komputer

Modal Usaha Service Komputer

Modal Usaha Service Komputer

Setelah mengetahui sedikit tips tentang usaha servis komputer, kini saatnya bagi Anda untuk memperhitungkan besaran modal serta pendapatan yang mungkin Anda peroleh dari bisnis ini. Adapun rincian biaya servis komputer adalah sebagai berikut:

1. Modal Awal

  • Sewa lokasi                                                  : Rp 12.500.000
  • Renovasi ruangan                                      : Rp 1.000.000
  • Pembelian rak kaca                                     : Rp 2.800.000
  • Pembelian 1 set PC                                                : Rp 5.000.000
  • Pembelian 1 laptop                                     : Rp 4.000.000
  • Peralatan service                                         : Rp 1.000.000
  • Pembelian hardware komputer                 : Rp 8.000.000

Modal awal ini nantinya dapat digunakan sebagai biaya investasi Anda. Totalnya adalah Rp 34.300.000,-

2. Biaya Operasional

  • Bayar internet bulanan                               : Rp 350.000
  • Bayar listrik                                                   : Rp 100.000
  • Gaji pegawai 1 orang                                  : Rp 700.000
  • Pembelian stok barang service                 : Rp 500.000

Total biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap bulan adalah Rp 1.650.000,-

3. Laba Bersih

Untuk menghitung laba bersih, maka diasumsikan bahwa dalam setiap hari terdapat 1 minggu terdapat 5 komputer/laptop yang diservis dengan biaya rata-rata Rp 150.000 per service. Kemudian pembelian spare part atau hardware sebesar Rp 2.000.000 setiap bulan. Maka pendapatan Anda setiap bulan adalah:

(5 x Rp 150.000 x 4 minggu) + Rp 2.000.000

= Rp 3.000.000 + Rp 2.000.000

= Rp 5.000.000

Kemudian untuk laba bersih, maka Rp 5.000.000 – Rp 1.650.000 = Rp 3.350.000,-

Dengan perhitungan di atas, maka lama waktu yang dibutuhkan untuk balik modal adalah Rp 34.300.000 : Rp 3.350.000 = 10 bulan.

Demikian sedikit analisis terkait modal dan kemungkinan pendapatan yang dapat Anda peroleh setiap bulan ketika menjalankan usaha service komputer. Semoga ulasan tentang bisnis servis komputer pada kesempatan kali ini bermanfaat.

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

analisa usaha servis komputer -yang diperlukan saat bisnis servis kokputer -usaha servis komputer -alat dan Biaya Untuk membuka Jasa layanan Kompiter -Contoh usaha service -analisis usaha service komputer -Usaha komputer -yg diperlukan untuk buka servis komputer -apa saja langkah yg akan dilakukan jika kita membuka usaha layanan services komputer -anggaran perusahaan sevice komputer -

Tags: bisnis servis komputer cara membuka bisnis servis komputer cara memulai bisnis servis komputer rincian modal bisnis servis komputer rincian usaha bisnis servis komputer

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Bisnis Servis Komputer dan Rincian Biayanya"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan