Bisnis Perhiasan Imitasi Serta Perhitungan Modal Awal dan Keuntungannya

Belakangan ini, bisnis perhiasan imitasi memang sedang booming di berbagai tempat, baik di kota ataupun di desa. Hal ini karena perhiasan imitasi menjadi salah satu solusi paling tepat bagi mereka yang ingin tampil fashionable dengan perhiasan namun tidak memiliki modal besar untuk membeli perhiasan asli. Terlebih perhiasan imitasi cenderung mempunyai bentuk dan hiasan warna yang menarik dibandingkan dengan perhiasan asli. Mengapa bisa seperti itu? Karena untuk memproduksi perhiasan imitasi dengan bentuk sesuai keinginan tidak membutuhkan biaya yang besar layaknya perhiasan asli.

Analisis Peluang Usaha Perhiasan Imitasi

Bisnis Perhiasan Imitasi

Bisnis Perhiasan Imitasi

Pada umumnya, perhiasan imitasi terdiri dari bahan dasar kuningan. Meskipun tergolong sebagai jenis perhiasan palsu, namun nyatanya pelaku usaha perhiasan imitasi selalu ramai diserbu pengunjung. Ini karena terkadang seseorang membeli perhiasan dengan tujuan untuk dijadikan sebagai aksesoris semata, tidak lebih. Dengan kata lain, tak peduli bahan apa yang digunakan, fungsinya sebagai aksesoris akan tetap ada.

Mengenai segmentasi pasar, sasaran pasar untuk usaha yang satu ini sangat luas. Anda sendiri pasti sering sekali menjumpai penjual perhiasan imitasi di berbagai tempat, mulai dari pinggir jalan, outlet-outlet, hingga mall. Hal ini membuktikan bahwa eksistensi perhiasan imitasi tak boleh diragukan sehingga tak ada salahnya jika Anda mencoba peruntungan untuk menjalankan bisnis ini juga.

Strategi Pemasaran Usaha Perhiasan Imitasi

Untuk memanfaatkan peluang bisnis perhiasan imitasi agar dapat berjalan dengan baik, Anda harus memahami strategi pemasaran seperti apa yang harus dijalankan. Pasalnya strategi pemasaran sangat berhubungan dengan berhasil atau tidaknya sebuah usaha, apapun bentuknya. Mengenai strategi pemasaran perhiasan imitasi, penjelasannya adalah sebagai berikut:

Hal Pokok dalam Pemasaran Perhiasan Imitasi.

Setidaknya terdapat 4 poin penting yang harus diperhatikan.Pertama, memilih tempat yang strategis yang digunakan dalam membuka toko atau outlet perhiasan imitasi. Carilah tempat yang benar-benar ramai dan mudah didatangi oleh pengunjung. Tujuannya sangat jelas, yakni agar peluang Anda untuk menjaring pengunjung semakin besar.

Kedua, juallah produk yang bermutu. Sekedar informasi, ada beberapa tingkatan yang terdapat pada perhiasan imitasi, tergantung bahan yang digunakan. Ada perhiasan imitasi yang warnanya mudah hilang begitu terkena gesekan dengan kain atau air dan ada yang tidak. Untuk itu, Anda harus mencari supplier yang mampu memberikan perhiasan imitasi dengan mutu yang bagus sehingga konsumen tidak akan kecewa.

Ketiga, buatlah patokan harga yang kompetitif jika terdapat kompetitor di sekitar tempat usaha perhiasan imitasi yang Anda jalankan. Hal ini karena masyarakat Indonesia lebih mudah mengeluarkan uang untuk membeli produk dengan harga murah namun memiliki mutu yang cukup bagus dibandingkan produk mahal dengan mutu yang sama. Meskipun hal ini akan membuat Anda lebih lama untuk balik modal, namun harga murah akan membuat pembeli mampu mengambil produk perhiasan imitasi dari Anda.

Keempat, lakukan langkah promosi dengan gencar. Untuk promosi, Anda dapat memanfaatkan berbagai media, baik media konvensional ataupun media online. Namun untuk mengurangi biaya, sebaiknya Anda menggunakan media online. Selain murah, promosi dengan media online dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Kelima, selalu lengkapi perhiasan imitasi seperti yang diinginkan oleh konsumen. Biasanya dalam bisnis perhiasan imitasi, akan ada satu produk yang lebih laris dibandingkan produk lainnya. Untuk itu, selalu siapkan produk perhiasan sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan begitu, konsumen tidak akan kecewa dengan produk perhiasan imitasi Anda.

Analisa Modal Usaha Perhiasan Imitasi

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda juga harus memiliki gambaran terkait rincian modal bisnis perhiasan imitasi. Tujuannya agar Anda dapat melakukan pertimbangan dan perhitungan secara matang sehingga bisnis ini dapat dikembangkan ke tingkat yang lebih besar.

1. Modal Awal yang Dibutuhkan

  • Sewa tempat : Rp 15.000.000
  • Renovasi lokasi bisnis : Rp 2.000.000
  • Pembelian interior dan eksterior toko : Rp 4.500.000
  • Pembelian awal perhiasan imitasi : Rp 5.000.000

Total modal awal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 26.500.000,-

2. Biaya Operasional

  • Gaji pegawai 1 orang                                  : Rp 700.000
  • Biaya listrik                                                    : Rp 50.000
  • Pembelian kantong plastik                                    : Rp 75.000
  • Pembelian stock tambahan perhiasan    : Rp 800.000

Total biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap bulan adalah Rp 1.625.000,-

3. Pendapatan Bersih dan Lama Balik Modal

Apabila diasumsikan bahwa setiap hari terdapat 10 perhiasan imitasi yang terjual. Harga rata-rata perhiasan tersebut adalah Rp 40.000. Maka perhitungannya adalah:

Rp 60.000 x 10 perhiasan x 30 hari = Rp 12.000.000

Pendapatan bersih Anda adalah sebesar Rp 12.000.000 – Rp 1.625.000 = 10.375.000,-

Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk balik modal adalah Rp 26.500.000 : Rp 10.375.000 = 2,5 bulan.

Melihat perhitungan di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa usaha perhiasan imitasi sangat menarik untuk dijalankan. Dengan modal yang tak begitu besar, Anda pun dapat mengeruk keuntungan yang sangat banyak. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis perhiasan imitasi?

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

usaha perhiasan imitasi -usaha perhiasan -bisnis perhiasan imitasi -bisnis perhiasan emas di desa -Bisnis perhiasan imi -bisnis mlm perhiasan -cara menghitung untung laba juLan emas xuping -Inspirasi acsesoris imitasi -modal awal buka toko mas xuping -modal awal toko emas -

Tags: bisnis perhiasan emas imitasi bisnis perhiasan imitasi cara memulai bisnis perhiasan imitasi rincian bisnis perhiasan imitasi

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Bisnis Perhiasan Imitasi Serta Perhitungan Modal Awal dan Keuntungannya"

    5 Ide Bisnis Digital Printing Berprospek Cerah di Tahun 2019!
    sMencari penghasilan tidak harus menjadi seorang pegawai.
    Mungkinkah Bisnis Tanpa Iklan, Simak Strategi Pengembangannya
    Keberadaan iklan bagi bisnis memang penting apalagi
    Wajib Dicoba Situs Belanja Online Terbaik Untuk Jualan Produk
    Bisnis jualan online sebenarnya merupakan usaha yang

    Tinggalkan Balasan