Investasi Emas Batangan Atau Perhiasan

Investasi emas batangan atau perhiasan? Mungkin itulah pertanyaan yang seiring muncul saat pertama kali anda mulai terjun di instrumen investasi yang satu ini. Seperti yang anda ketahui, minat pemilihan emas sebagai instrumen investasi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut tidak lain karena emas terkenal memiliki harga yang relatif stabil dengan kenaikan yang signifikan setiap tahunnya. Tentu kenaikan itu membuat investasi pada emas memiliki potensi risiko yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan instrumen-instrumen lain.

Dan seperti yang sudah anda ketahui, investasi emas pun memiliki jenisnya masing-masing, yaitu emas batangan dan perhiasan. Sangat penting bagi anda untuk memilih jenis investasi emas yang cocok supaya pertumbuhannya bisa menguntungkan bagi anda. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang mungkin berguna bagi anda dalam menentukan investasi emas batangan atau perhiasan.

Pahami Tujuan Investasi

Pertimbangan pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan memahami tujuan investasi anda pada emas. Jika memang anda memilih emas sebagai investasi jangka panjang, maka emas batangan akan sangat membantu anda. Harganya yang cenderung stabil dan biaya perawatan yang minim membantu anda meraup untung yang signifikan di kemudian hari. Jika anda menggunakan emas perhiasan untuk jangka panjang, maka anda harus mengeluarkan banyak biaya seperti biaya cetak, dan lain-lain. Belum lagi nantinya jika anda menjual perhiasan tersebut, pembeli tidak akan menghitung biaya cetaknya dan jelas dari sisi ini anda akan mengalami kerugian. Emas perhiasan cocok untuk digunakan sebagai investasi jangka pendek karena aksesibilitas yang mudah jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

Harga di Pasaran

Pertimbangan selanjutnya adalah dengan melihat harga emas di pasaran. Anda sangat tidak disarankan untuk mulai berinvestasi dengan membeli emas di pasaran saat harga emas sedang tidak stabil dan cenderung naik turun. Baik investasi dalam bentuk emas batangan maupun perhiasan, anda tidak bisa membeli emas ketika harganya sedang melonjak terlalu tinggi. Anda perlu mencari momen yang tepat supaya nantinya tujuan mendapatkan keuntungan bisa anda raih dengan maksimal.

Tempat Membeli

Investasi emas batangan atau perhiasan harus dipertimbangkan juga di mana tempat membelinya. Untuk aspek yang satu ini, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. berikut adalah detailnya.

  1. Emas Batangan

Peredaran emas batangan di Indonesia bisa dikatakan sangat terbatas. Tidak semua pihak bisa menjual dengan bebas emas batangan. Biasanya, dalam penjualan emas batangan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup nomor ID, berat, ukuran, serta kadar emas yang dikandungnya. Kelebihannya jelas, kemurnian emas batangan lebih terjamin daripada emas perhiasan, dan seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, harga jual emas batangan cenderung lebih stabil di pasaran. Sedangkan kekurangannya adalah akses terhadap pembelian emas batangan itu sendiri. Pemerintah secara khusus memberikan kewenangan kepada PT. Aneka Tambang Tbk sebagai salah satu penyedia emas batangan terbesar di Indonesia. Penyedia emas batangan lain adalah pegadaian dan juga bank-bank konvensional. Meskipun demikian, akses kepada pembelian emas tetap saja terbatas.

  1. Emas Perhiasan

Berbanding terbalik dengan emas batangan, emas perhiasan justru sangat mudah untuk di dapatkan di pasaran saat ini. Anda bisa dengan mudah mendapatkan emas perhiasan sebagai aksesori di toko-toko emas perhiasan terdekat. Namun demikian, kekurangan utama emas perhiasan adalah tidak adanya jaminan bahwa emas tersebut asli. Kadar emas juga tidak bisa diukur secara pasti. Maka sangat penting bagi anda untuk benar-benar memerhatikan tempat di mana anda membeli emas perhiasan anda.

Kekurangan lain, seperti yang sudah di paparkan, adalah tingginya biaya pembuatan. Jika anda memesan emas perhiasan khusus, maka toko akan mematok harga mulai dari 20-30 persen dari harga emas anda. Tentu bukan harga yang sedikit bukan? Jadi jika anda memang berniat memilih emas perhiasan sebagai investasi emas anda, ada baiknya untuk memilih perhiasan dengan detail yang tidak terlalu rumit supaya biaya pembuatan juga tidak menguras kantong anda. Lalu apakah biaya pembuatan akan dihitung saat anda menjual kembali emas anda? tentu saja tidak. Toko hanya akan menghitung kadar emas anda tanpa menghitung biaya pembuatan. Bukankah anda merugi lagi dari poin ini?

Kesimpulan

Dengan berbagai pertimbangan di atas, investasi emas batangan jauh lebih tepat jika anda menginginkan investasi jangka panjang. Dengan harga yang stabil serta biaya yang minim, anda akan mendapatkan untung secara signifikan. Namun jika tujuan anda adalah mengikuti tren sembari berinvestasi, maka tidak ada salahnya untuk memilih emas perhiasan.

Demikianlah beberapa poin yang bisa anda jadikan perbandingan dalam memilih investasi emas batangan atau perhiasan. Akhirnya, semua kembali kepada tujuan semula anda dalam berinvestasi dengan instrumen emas. Semoga bermanfaat.

Загрузка...

Tags: cara Investasi emas batangan atau perhiasan Investasi emas batangan atau perhiasan tips Investasi emas batangan atau perhiasan

author
Penulis: 
    Rifzan Ahmad adalah seorang penulis konten yang sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Posting Terkait "Investasi Emas Batangan Atau Perhiasan"

    Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
    Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
    Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
    Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
    Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
    Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
    Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
    Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

    Tinggalkan Balasan