7 Hal Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Usia 30an, Gaji Jangan Asal Lewat Aja!

Hal Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Usia 30an – Menjadi tua itu pasti sementara menjadi dewasa itu adalah pilihan. Mungkin Anda sering mendengar “quote” tsb. Saat Anda menginjak kepala 3 memang sudah sepatutnya Anda lebih dewasa termasuk dalam mengelola keuangan.

Walaupun sebetulnya perencanaan keuangan dan memulai investasi sudah dimulai sejak dini, namun tak ada kata terlambat. Bila Anda sebelumnya masih sering kumpul dengan teman untuk party, nongkrong, maupun traveling maka sekarang sudah saatnya Anda mulai memikirkan masa depan Anda. Anda tak mau donk di hari tua Anda masih harus susah-susah mengais rejeki? Untuk itu, Anda harus lebih cermat memilah mana kebutuhan dan mana keinginan. Bila sudah demikian maka 7 hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an pun bukanlah tak mungkin.

Beberapa hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an diantaranya adalah kepemilikan properti, sudah aktif berinvestasi, menyiapkan dana pensiun, dll. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan CaraInvestasiBisnis.com berikut ini ..

hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an

Perencanaan Keuangan di Usia 30 (source: womenintheblack.com.au)

Hal Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Usia 30an Agar Lebih Nyaman

Berikut ini adalah beberapa hal yang semestinya dimiliki oleh Anda yang sudah mulai menginjak kepala 3, yaitu:

  1. Sudah Mandiri Finansial

Hal pertama yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an adalah mandiri secara finansial artinya untuk membiayai kehidupan Anda pribadi dan keluarga Anda, Anda sudah tidak bergantung lagi pada orang lain untuk membiayai kehidupan Anda dan keluarga Anda. Idealnya, saat menginjak kepala 3, Anda sudah memiliki sumber penghasilan yang mapan. Bagi Anda pekerja, idealnya Anda sudah menjadi karyawan tetap, syukur-syukur bila Anda dapat mengejar level manajer. Bagi Anda yang masih merasa “kurang”, cobalah untuk menambah sumber penghasilan baru misalnya dengan berwirausaha / berbisnis.

  1. Punya Kebiasaan Mengelola Uang yang Baik

Bijak dan cerdas dalam mengelola uang merupakan hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an berikutnya. Pada tahap ini Anda sudah dapat mengalokasikan porsi penghasilan dan pengeluaran Anda. Anda dapat mengaturnya dengan investasi 10-20%, untuk kebutuhan hidup 40%, untuk hiburan / liburan 10%, dll.

  1. Memiliki Tabungan

Punya tabungan merupakan hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an. Bukan besarnya penghasilan Anda yang akan membuat Anda siap menghadapi masa depan namun bagaimana Anda mengelolanya! Banyak kok teman-teman yang memiliki penghasilan lumayan tapi tetap tak punya tabungan, miris ya … Tabungan bisa dijadikan dana darurat sehingga Anda tak perlu berhutang, namun tabungan juga dapat dijadikan sebagai modal investasi ataupun bisnis.

Baca juga: Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan

  1. Punya Investasi

Hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an adalah investasi. Banyak produk investasi yang dapat dipilih mulai dari investasi emas, saham, properti, reksadana, dll. Namun ingat jangan taruh uang Anda hanya di 1 macam jenis investasi saja karena diversifikasi jauh akan lebih baik untuk menekan risiko investasi dan memaksimalkan keuntungan. Cukup dengan menyisihkan minimal 10% dari penghasilan Anda maka Anda pun sudah dapat memulai investasi tsb.

Baca juga: Memilih Produk Investasi Yang Tepat Untuk Andak Muda (Usia Bawah 30an)

  1. Punya Rumah

Rumah termasuk kebutuhan pokok setiap manusia. Punya rumah pribadi atau apartemen merupakan hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an. Apalagi bila Anda sudah berkeluarga, maka rumah ini merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi.

Banyak pilihan untuk dapat memiliki rumah misalnya secara cash ataupun cicilan bagi Anda dengan penghasilan pas-pasan. Namun ingat, porsi hutang sebaiknya tidak melebihi dari porsi 30% dari penghasilan Anda.

Bagi Anda yang masih single dan tinggal bersama orang tua, membeli rumah pribadi pun tak ada salahnya karena toh rumah pun dapat disewakan sehingga menambah pundi-pundi penghasilan Anda.

Baca juga: Tips Jitu Memiliki Rumah di Usia Muda (Bawah 30an)

  1. Persiapan Pensiun

Hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an adalah mulai memikirkan masa tua yaitu dengan mengikuti program jaminan hari tua dan menyiapkan dana pensiun. Bagi Anda para karyawan di perusahaan bonafid, mengikuti program JHT sudah merupakan salah satu benefit yang diberikan pada karyawannya. Lalu bagaimana bila perusahaan tempat Anda bekerja tidak menyediakannya atau Anda adalah wirausahawan? Tak ada salahnya bila Anda mendaftakan diri secara pribadi.

  1. Punya Asuransi

Hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an yang terakhir adalah memiliki asuransi. Asuransi merupakan bentuk perlindungan terhadap Anda dan orang-orang yang Anda sayangi. Beberapa pilihan asuransi yang sebaiknya dipilih adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi pendidikan untuk anak Anda. Bila kurang sreg dengan asuransi konvensional, Anda pun dapat memilih asuransi syariah.

Tak ada yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, namun dengan adanya asuransi maka Anda dapat meminimalisir risiko / imbas dari musibah yang terjadi pada keluarga Anda.

Itulah 7 hal yang sebaiknya dimiliki saat usia 30an. Tidak ada kata terlambat, yuk mulai sekarang kencangkan ikat pinggang dan mulailah berinvestasi. Semoga bermanfaat ..

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

gaji karyawan usia 30 -investasi bisnis usia 30an -

Tags: Tips Mengelola Uang

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "7 Hal Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Usia 30an, Gaji Jangan Asal Lewat Aja!"

Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
Hati-Hati Berikut Daftar Korban Tertipu Investasi Bodong
Tertipu investasi bodong – Bisnis investasi banyak

Tinggalkan Balasan