3 Tips Jitu Menghindari Belanja Konsumtif Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Tips Jitu Menghindari Belanja Konsumtif – Siapa sih yang tak suka belanja? Eits, jangan salah, hobi shopping tak hanya digandrungi kaum hawa loh karena ternyata hobi belanja ini juga digemari para pria. Apalagi sekarang acara belanja semakin mudah saja dengan banyaknya tawaran belanja online. Cukup dari ponsel dan barang impian Anda pun akan datang ke rumah Anda. Apalagi sebentar lagi ada HarBolNas yang menawarkan banyak promo diskon, ckckck …

Bila ini dibiarkan tentunya akan membahayakan kondisi kesehatan finansial Anda. Boro-boro untuk investasi, banyak yang merasa “Gaji Hanya Numpang Lewat Saja” dan lebih parahnya ada yang sampai terlilit hutang loh! Semoga kondisi tsb tidak terjadi pada Anda, sebaiknya Anda mulai cermat dan bijak dalam mengelola uang Anda. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini CaraInvestasiBisnis.com akan mengulas tips jitu menghindari belanja konsumtif, bagaimana cara mengatasi kebiasaan belanja yang berlebihan, dan bagaimana cara agar gaji tidak cepat habis atau numpang lewat saja.

Tips jitu menghindari belanja konsumtif

Baca juga: 7 Hal Yang Sebaiknya Dimiliki Saat Usia 30an, Gaji Jangan Asal Lewat Saja!

Tips Jitu Menghindari Belanja Konsumtif

Tak perlu dipungkiri banyak para penjual yang menggunakan kata-kata yang dapat menghipnotis calon pembeli sehingga para pembeli merasa tertarik untuk membelinya. Nah untuk mengatasi bujukan para penjual, maka Anda sebaiknya tidak terburu-buru dalam membeli sesuatu, pikirkan baik dan buruknya terlebih dahulu.

Untuk membantu Anda, berikut ini adalah 3 tips jitu menghindari belanja konsumtif dan 3 cara mencegah pemborosan uang karena hobi berbelanja …

Segera Alokasikan Gaji Anda

Sesaat setelah gajian, segera alokasikan penghasilan Anda sesuai pos-pos yang telah direncanakan. Jangan campurkan uang untuk investasi dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. ATM yang digunakan untuk belanja sebaiknya berisi uang sesuai budget yang direncanakan. Cara ini merupakan tips jitu menghindari belanja konsumtif karena jumlah uang di ATM terbatas sehingga menghindari pemborosan uang Anda.

Baca juga: Tips Menabung Efektif Walaupun Penghasilan Pas-Pasan

Bawa Uang Cash Secukupnya Saja

Saat Anda akan bepergian, sebaiknya bawa uang tunai / cash secukupnya saja untuk keperluan transportasi dan kebutuhan lainnya yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Dengan demikian saat Anda tertarik untuk berbelanja maka Anda diharuskan untuk mencari ATM terlebih dahulu. Tips jitu menghindari belanja konsumtif ini sangat efektif terutama untuk mencegah belanja yang memerlukan uang tunai.

Baca juga: Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Usaha

Jawab Pertanyaan Ini Sebelum Berbelanja!

Adanya promo diskon, sales letter ataupun rayuan maut dari para penjual memang merupakan strategi pemasaran penjual untuk menarik pembeli untuk segela membeli produk tsb. Nah tips jitu menghindari belanja konsumtif yang terakhir adalah sebelum Anda memutuskan untuk membelinya sebaiknya jawab pertanyaan ini dulu …

  1. Apakah Anda memiliki rencana untuk membelinya? Jangan pernah membeli barang yang tidak ada dalam rencana kebutuhan Anda.
  2. Apakah Anda memiliki cukup uang untuk membelinya? Usahakan untuk tidak menggunakan kartu kredit!
  3. Apakah produk tsb merupakan keinginan atau kebutuhan? Hindari belanja hanya untuk keinginan semata! Apakah memang produk tsb “must have” atau hanya “nice to have“?
  4. Apakah ada bahayanya bila tidak membelinya? Misalnya ban mobil Anda sudah botak sehingga bila tidak membeli ban baru akan membahayakan keselamatan berkendara Anda, maka dalam kasus ini membeli ban adalah kebutuhan dan harus dibeli.
  5. Apakah ada produk lain yang sama namun lebih ekonomis? Misalnya dengan pilihan merek lainnya dengan spesifikasi yang sama namun harganya lebih murah.
  6. Apakah ada cara membeli produk ini yang lebih ekonomis? Bila toko sebelah menawarkan diskon atau program trade in (tukar tambah barang lama dengan barang baru) maka why not? Atau bila ada fasilitas cicilan tanpa bunga juga dapat Anda pilih.
  7. Apakah bisa ditunda? Apakah membeli produk tsb harus hari ini atau bulan ini?
  8. Apakah produk tsb dapat menghasilkan lebih banyak uang? Misalnya membeli sepeda motor baru untuk mengganti sepeda motor lama Anda yang sering mogok sehingga dengan membeli sepeda motor ini dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja.
  9. Apakah dapat memberikan manfaat permanen atau hanya sesaat? Bila hanya sesaat sebaiknya dipikirkan 2 kali atau berkali-kali.

Itulah 3 tips jitu menghindari belanja konsumtif agar gaji tak hanya numpang lewat saja. Semoga dengan tips di atas, Anda semakin bijak dalam mengelola uang Anda dan terhindar dari pemborosan. Semoga bermanfaat ..

Загрузка...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

cara MENCEGAH shoping -cara tidak konsumtif -kiat-kiat agar tidak konsumtif -

Tags: Tips Mengelola Uang

author
Penulis: 
Ani - Farmasis yang pernah bekerja di level managerial di sebuah industri PMA sebelum akhirnya memutuskan bekerja di rumah, memiliki minat di bidang kesehatan, bisnis, dan investasi.

Posting Terkait "3 Tips Jitu Menghindari Belanja Konsumtif Agar Gaji Tidak Cepat Habis"

Belajar dari Pengalaman, 5 Penyebab Teh Sariwangi Bangkrut
Teh Sariwangi merupakan salah satu produk yang
Cara Mengajukan KPR di Bank BTN agar Disetujui
Cara mengajukan KPR di Bank BTN agar
Background Pendidikan Pendiri Start Up di Indonesia yang Menginspirasi
Background pendidikan pendiri start up di Indonesia
Daftar Pilihan Investasi Yang Cocok Untuk Gaji 2 Jutaan
Investasi yang cocok untuk gaji 2 jutaan
  1. author

    Akhmad Share2 tahun agoBalas

    wah membantu sekali bagi saya yang berpenghasilan minim nih, makasih gan…

Tinggalkan Balasan