Cara Bermain Saham Online untuk Pemula Agar Terhindar dari Kerugian

Bermain saham online sekarang sudah menjadi bagian gaya hidup. Berbagai kemudahan yang ditawarkan melalui aplikasi investasi saham online dari perusahaan yang dipilih, memperbesar kemungkinan untuk memperoleh keuntungan. Intinya semua orang dapat berinvestasi dana dalam bentuk saham secara online dengan catatan tahu seluk-beluknya.

ads
gambar saham online

gambar saham online

Sponsor

Cara bermain saham untuk pemula mungkin sedikit membingungkan. Kesan sekilas yang ditangkap, bermain saham online dapat memberi keuntungan berlipat ganda dan sebaliknya resiko kerugiannya juga sangat besar. Oleh sebab itu sebelum memutuskan memulai investasi saham, ada baiknya kita kenali pengertian saham dalam arti yang sebenarnya.

Definisi sederhananya, saham merupakan bukti penanaman modal pada sebuah perusahaan atau perseroan terbatas. Jadi bisa dibilang saham adalah suatu alat bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha.

Baca juga: Cara Investasi Saham Online Untuk Keuntungan Maksimal

Cara Investasi dan Transaksi Dalam Bermain Saham Online

Sebelum melakukan investasi saham pada suatu perusahaan, sebagai investor kita harus yakin dengan tingkat profitabilitas finansial dari perusahaan tersebut. Setelah benar-benar yakin, kita hanya butuh beberapa cara investasi dan transaksi  dalam bermain saham online seperti berikut ini.

saham online

saham online

  • Mempersiapkan Dana

Sekarang dana yang dibutuhkan untuk investasi saham tidak sebesar beberapa tahun lalu. Bahkan dengan modal dibawah 5 juta kita sudah bisa bermain saham online. Malah banyak juga broker (pialang) yang menyediakan rekening khusus untuk investor yang bisa dibuka dengan modal awal Rp. 100 ribu. Ini berlaku sejak beberapa waktu lalu pemerintah menetapkan harga jual beli saham minimum per-lot adalah 100 lembar. Maka dengan sendirinya saham-saham bisa dibeli denga dana relatif rendah.

  • Memilih Broker

Bagi investor pemula, memilih broker merupakan salah satu bagian terpenting sebelum bermain saham online. Berdasarkan data pada situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), saat ini terdapat kurang lebih 115 broker atau pialang saham. Disini kita bisa memilih salah satunya sebagai perantara atau mitra kerja untuk menemukan mana saham yang sekiranya paling menguntungkan.

Meskipun dengan karakteristik masing-masing namun secara umum seorang broker terkenal memiliki akses informasi serta paham dengan seluk-beluk pasar. Banyak juga broker yang terkenal karena berani menawarkan modal awal paling rendah untuk bermain saham online.

  • Mendaftar ke Broker Saham

Setelah mendapatkan broker dari informasi di BEI atau forum online lainnya, kita bisa langsung melakukan pendaftaran ke broker melalui telepon atau email. Sebagai investor pemula kita akan mendapatkan banyak bimbingan dan penjelasan lebih rinci terkait cara belajar investasi saham ataupun cara bermain saham online yang efektif lewat broker yang sudah kita pilih sebagai perantara.

Baca juga: Bisnis Saham Online: Kiat Sukses Bermain Saham untuk Pemula

Pengetahuan terkait investasi dan pergerakan pasar modal merupakan hal krusial yang harus kita gali sebanyak mungkin, apalagi posisi kita baru investor pemula. Kita tidak perlu terjun ke dunia investasi tanpa pengetahuan yang memadai. Intinya meskipun punya modal dana besar namun jika hanya mengandalkan spekulasi maka sangat rentan dengan kerugian. Jadi kita dituntut cerdas dalam memperhatikan keberagaman serta alasan fluktuasi pasar saat bermain saham online.

ads

Rekomendasi Artikel Lain dari Sponsor:

loading...

Artikel Cara Investasi Bisnis ini dikenal, sbb :

jual beli saham online -cara bermain saham di bursa efek -cara bermain saham untuk pemula -cara main saham online pemula -main saham online -main saham pemula -cara bermain saham pemula -bermain saham untuk pemula -cara tanam saham online -cara bermain saham online bagi pemula -

Tags: bagaimana Investasi saham online bagaimana memulai saham online berbisnis saham online Cara Investasi cara memulai saham online investasi saham online saham online Tips Trik

Posting Terkait "Cara Bermain Saham Online untuk Pemula Agar Terhindar dari Kerugian"

Mengenal Indeks Saham: Apa Itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merupakan salah
Cara Investasi Saham Syariah dan Apa Bedanya Dengan Saham Konvensional
Investasi saham syariah merupakan salah satu solusi
  1. author

    didik7 bulan agoBalas

    Kok gak di ajarin caranya…gimana caranya tau broker yang bener dari bei

    • author

      carainvestasibisnis6 bulan agoBalas

      Halo Mas Didik, betul sekali memilih broker itu memang gampang-gampang susah. Kita sebagai investor memang harus jeli dalam memilih. Walaupun history tidak bisa menjadi jaminan apa yg akan terjadi di masa depan, namun menurut saya ini merupakan salah satu cara terbaik saat ini yg dapat dilakukan. Caranya dengan memperhatikan track record dari broker tsb. Insya Allah nanti akan kita bahas lebih detil mengenai cara memilih broker saham ini di artikel selanjutnya .. Salam sukses!

  2. author

    gadai bpkb2 bulan agoBalas

    Kalau untuk pemula kira2 mulai dari mana kira2?

    • author

      carainvestasibisnis2 bulan agoBalas

      Dari niat mas 🙂 selanjutnya ikuti langkah-langkah cara bermain saham online untuk pemula seperti yg diuraikan di atas. Salam sukses!

Tinggalkan pesan "Cara Bermain Saham Online untuk Pemula Agar Terhindar dari Kerugian"