5 Cara Join Bisnis Online Shop atau Reseller yang Termudah

Cara join bisnis online shop – Di jaman serba digital seperti sekarang ini, memiliki bisnis online shop (toko online) paling menggiurkan. Pasalnya banyak yang sukses berkat berjualan melalui online shop. Di antara sekian banyak kategori daftar jualan online yang menjanjikan, ternyata gabung bisnis online fashion lebih banyak diminati. Lalu bagaimana cara memulai bisnis online shop baju atau produk lainnya?

Banyak yang tergiur untuk segera memulai jualan online ini namun ujung-ujungnya terbentur dengan masalah stok produk dan modal. Bisakah jualan online tanpa modal dan stok barang?

Jawabannya tentu saja bisa! Anda tinggal melakukan kerjasama bisnis online dengan para produsen ataupun distributor. Kini online shop yang sudah besar pun membuka peluang yang lebar bagi para reseller yang ingin bergabung dengan online shopnya tersebut. Hal itu dikarenakan bisnis yang memiliki banyak jaringan akan lebih kuat dibandingkan dengan bisnis tunggal tanpa memiliki jaringan.

Misalnya saja target omzet online shop 10 juta per bulannya, jika dilakukan seorang diri mencapai target sekian adalah hal yang berat. Oleh sebab itulah online shop banyak yang membangun bisnis sistem jaringan, caranya dengan membuka peluang menjadi reseller atau dropshipper. Sebagai gambaran target 10 juta, reseller A dalam sebulan berhasil menjual 2 juta, begitu pula reseller B, C, dan D. Dengan demikian target 10 juta bisa tercapai dalam sebulan.

Bahkan tak hanya itu, mereka pun biasanya memberikan pelatihan mengenai cara memulai bisnis online dari nol hingga tips-tips meningkatkan penjualan produknya. Lalu bagaimana cara kerja reseller online shop ini?

Buat Anda yang ingin berbisnis online, Anda bisa join ke online shop tersebut yang mana sistemnya adalah PO atau Pre Order atau proses pemesanan ke supplier setelah ada yang beli ke lapak Anda. Atau bila modal mencukupi, Anda pun dapat menyetok beberapa barang untuk mempercepat pengiriman.

Lalu bagaimana cara daftar jadi reseller online shop? Yuk simak ulasannya berikut ini …

Langkah Mudah Cara Join Bisnis Online Shop

Nah bagi yang berminat untuk menjadi reseller ada, beberapa cara gabung bisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan.

Mencari Bisnis Online Terpercaya

toko online

toko online

Cara join bisnis online shop yang pertama adalah Anda bisa mencari toko online yang terpercaya. Anda juga harus tahu kualitas produk yang dijual oleh online shop tersebut. Semakin lengkap dan bagus produk yang dijual maka akan semakin bagus untuk Anda yang ingin bergabung. Usahakan memilih toko online terpercaya, online shop yang sudah berkembang dan sukses sebab tidak akan mudah bangkrut dan sistemnya sudah jelas.

Anda pun dapat mencari supplier dari marketplace. Biasanya marketplace ini sudah memiliki fitur pengiriman dropship. Bila Anda memilih supplier yang ada di marketplace, misalnya daftar dropship Tokopedia untuk berjualan di Shopee. Maka pilihlah toko / pelapak yang sudah memiliki rating penilaian tinggi baik dari segi kualitas produk, pengiriman, maupun balasan diskusi (chat).

Pilih Sesuai dengan Kondisi

Cara usaha online yang menguntungkan yang harus diperhatikan selanjutnya adalah pilihlah sesuai dengan kondisi Anda. Misalnya Anda memiliki modal yang terbatas atau bahkan tidak ada modal sama sekali. Pilihlah online shop yang memberikan kesempatan menjadi reseller yang tanpa harus stock barang (dropshipper) dan tanpa membayar biaya pendaftaran. Banyak kok yang menawarkan daftar reseller gratis.

Selain itu Anda juga bisa memilih online shop yang tanpa harus ada target penjualan setiap bulan. Memang target itu penting dalam mencapai bisnis, namun target yang ideal adalah yang Anda tentukan sendiri bukan ditentukan oleh orang lain, yang mudah diraih bukan yang jauh diawang-awang. Bahasa bisnisnya adalah objektif dan measurable.

Pahami Syarat dan Ketentuan Berlaku

Setiap online shop memiliki peraturan dan kebijakannya masing-masing. Sebelum memutuskan bergabung dan daftar bisnis online, pastikan Anda pahami dan baca syarat menjadi reseller dan ketentuan yang berlaku. Jika ada poin yang kurang jelas Anda bisa bertanya ke pemilik online shop tersebut.

Daftar Jadi Reseller Online Shop

kerjasama toko online

kerjasama toko online

Untuk bergabung dengan bisnis online shop bisa dengan melakukan pendaftaran pada online shop tersebut. Biasanya Anda disuruh untuk mengisi nama lengkap, nomor KTP, nomor Hp yang bisa dihubungi, dan lain-lain.

Setiap pendaftaran yang berhasil dilakukan Anda akan mendapatkan ID reseller yang mana akan memudahkan supplier untuk mengetahui data diri Anda. Pendaftaran untuk mendapatkan ID reseller ini sudah diberlakukan di beberapa toko online yang ada di Indonesia yang mana sudah memiliki puluhan atau bahkan ratusan reseller. Supplier tidak mungkin mengingat nama satu per satu resellernya sehingga diberlakukan sistem ini.

Namun bila Anda menjadi reseller di market place seperti menjadi dropshipper di Tokopedia seperti yang dijelaskan diatas biasanya tidak memerlukan pendaftaran.

Harus Memiliki Online Shop

Cara join bisnis online shop selanjutnya adalah Anda harus memiliki online shop / toko online. Online shop ini cara mutlak bagi Anda untuk bergabung dengan bisnis online shop. Online shop ini dapat berupa web ataupun toko di marketplace atau setidaknya berupa medial sosial yang digunakan sebagai tempat share info produk dan tempat penjualan. Misalnya Anda dapat gabung bisnis online shop dengan cara jualan online di facebook.

Ada beberapa online shop yang mewajibkan bagi resellernya untuk memiliki online shop tersendiri sehingga penjual secara offline (konvensional) tidak bisa bergabung menjadi reseller. Minimal Anda harus memiliki online shop di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Anda harus menyertakan link online shop yang dimiliki tersebut.

Keuntungan Berbisnis Online dengan Menjadi Reseller Online Shop

keuntungan bisnis online

keuntungan bisnis online

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis online ini, terutama dengan cara join bisnis online shop milik orang lain atau menjadi reseller. Bisnis dengan cara ini sangat mudah dilakukan terutama bagi pemula sekalipun.

Simak keuntungan yang bisa didapatkan dengan join bisnis online shop:

  1. Tidak harus memiliki produk sendiri.
  2. Tidak perlu stock produk sehingga Anda bisa langsung jualan.
  3. Tidak harus membuka toko offline yang membuat modal membengkak.
  4. Pembeli lebih luas tidak terbatas pada daerah tertentu.

Meski saat ini kesempatan untuk join bisnis online shop terbuka lebar, Anda harus bersikap selektif. Selain Anda tahu cara join bisnis online shop, juga harus tahu kebijakan apa saja yang diberlakukan sehingga Anda akan tahu sistem dari online shop tersebut.

Nah setelah mengetahui cara join bisnis online shop dengan menjadi reseller ataupun dropshipper, langkah selanjutnya adalah aktif promosi dan melakukan penjualan online. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …

Загрузка...

Tags: Cara join bisnis online shop Cara join bisnis online shop 2018 Cara join bisnis online shop dengan mudah Cara join bisnis online shop terbaik

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar