3 Cara Menjadi Reseller di Shopee 2019 Paling Mudah

Cara menjadi reseller di Shopee – Shopee menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.  Meski tergolong baru namun nyatanya Shopee ini mampu bersaing dengan marketplace besar yang sebelumnya sudah ada seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Hal yang membuat masyarakat menggandrungi Shopee karena program gratis ongkirnya yang masih bisa dirasakan sampai sekarang. Meski minimum pembelanjaan meningkat mulai dari 50 ribu rupiah menjadi 90 dan 150 ribu rupiah tergantung jasa ekspedisi yang dipilih banyak masyarakat yang berterimakasih dengan marketplace satu ini karena bisa berbelanja tanpa harus memikirkan ongkos kirim.

Dengan program ini, Anda tidak hanya bisa memanfaatkan Shopee sebagai marketplace untuk berbelanja saja namun juga bisa dimanfaatkan dalam hal bisnis salah satunya adalah dengan menjadi reseller di Shopee. Anda bisa menjual kembali produk yang ditawarkan oleh penjual di Shopee kemudian bisa dijual lagi dengan cara dropship. Selain itu kelebihan menjadi reseller di Shopee ini sangat mudah sekali karena tanpa harus meminta izin ke empunya toko maupun harus melakukan pendaftaran sehingga sangat praktis. Bagi Anda yang tertarik simak cara menjadi reseller di Shopee berikut ini:

Memiliki Akun Shopee

Akun Shopee

Akun Shopee

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menjadi reseller ini adalah pastikan jika Anda memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Anda bisa menginstal aplikasinya kemudian melakukan  pendaftaran dan ikuti saja langkah-langkahnya. Hal yang harus Anda ketahui saat melakukan pendaftaran ini adalah satu nomor yang Anda gunakan hanya bisa digunakan untuk satu kali akun saja, sehingga meskipun Anda berganti smartphone namun tetap menggunakan nomor yang sama tetap tidak akan bisa melakukan pendaftaran. Nomor inti penting karena Shopee akan melakukan verifikasi lewat nomor handphone dan juga melalui email.

Pilih Supplier

Cara menjadi reseller di Shopee selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah pilihlah supplier yang menyediakan barang dengan harga yang miring. Anda bisa membaca keterangan pada deskripsi toko tersebut apakah memberlakukan harga grosiran atau eceran. Selain itu pilihlah toko yang memiliki performa bagus.

Pilih Supplier

Pilih Supplier

Performa ini bisa terlihat dari bintang yang mereka dapatkan dimana semakin banyak bintang yang didapatkan maka semakin bagus. Untuk Shopee ini jumlah bintang terbaik adalah 5 namun jarang ada toko yang memiliki bintang 5 ini. Rata-rata toko dengan performa baik memiliki bintang 4.7, 4.8, dan juga 4.9. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika toko banyak yang mengejar bintang, sehingga jika memberikan penilaian bintang tiga atau bintang dua terhadap toko tersebut akan membuat rating menjadi anjlok.

Selain dari bintang Anda bisa memilih supplier yang persentase chat dibalasnya lebih dari 70% yang menandakan bahwa seller tersebut fast response, selain itu pilih yang total pembatalan atau pengembalian kurang dari 5%, tingkat pembatalan dan juga tingkat pengembalian kurang dari 2.5%.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya akan lebih baik jika Anda memilih toko star seller karena sudah terpercaya. Jika tidak ada logo star sellernya sebaiknya Anda gunakan untuk keperluan belanja barang pribadi tidak untuk dijual kembali. Hampir semua star seller sudah memiliki gratis ongkos kirim sehingga hal ini akan menguntungkan Anda. Meski Shopee tidak memiliki aturan khusus untuk menjadi reseller, namun akan lebih baik jika Anda membuat perjanjian atau kesepakatan untuk menjadi reseller atau dropshiper di toko tersebut.

Pilih Produk

Pilih produk di shopee

Pilih produk di shopee

Anda bisa memilih produk yang ditawarkan oleh toko tersebut. Ada baiknya jika Anda memilih produk yang dijual secara grosiran dan juga eceran. Pilih semua produk yang konsumen inginkan, kemudian lihat produk yang ada di keranjang belanja Anda. Lakukanlah checkout, nah pada saat checkout inilah Anda bisa mengisikan alamat dan juga nama penerima dengan alamat konsumen Anda, setelah itu Anda bisa mengaktifkan kirim sebagai dropshiper, jika Anda mengaktifkan fitur ini kolom nama pengirim dan nomor telepon pengirim di bawahnya akan diaktifkan namun jika tidak diaktifkan kedua kolom tersebut akan mati. Anda bisa mengisi nama pengirim dengan nama toko online Anda, setelah itu cantumkan pula nomor Anda yang bisa dihubungi.

Akan sangat fatal jika Anda lupa untuk mengaktifkan tombol dropshiper alasannya adalah paket akan dikirimkan ke alamat penerima namun atas nama toko supplier. Hal ini akan sangat fatal karena bisa membuat konsumen justru berbelanja di supplier tidak di toko Anda. Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah subsidi ongkos kirim dan juga jasa ekspedisi yang dipilih. Subsidi yang ditanggung oleh Shopee adalah 20 ribu selebihnya harus Anda tanggung sendiri. Setelah semua kolom sudah benar lakukan klik buat pesanan setelah itu lakukan transfer 24 jam setelah pesanan dibuat. Jika tidak melakukan transfer pada waktu yang telah ditentukan akan membuat pesanan dibatalkan secara otomatis.

Kini Shopee tidak hanya menjadi solusi untuk belanja kebutuhan pribadi saja, namun juga menjadi solusi bagi Anda yang ingin berbisnis online. Tanpa perlu melakukan stock barang, Anda bisa berjualan menggunakan Shopee dengan cara dropship atau reseller. Lakukan beberapa cara menjadi reseller di Shopee seperti yang dijelaskan di atas untuk bisa melakukan pembelian dan juga pengiriman barang dengan cara dropship.

Загрузка...

Tags: Cara menjadi reseller di Shopee Cara menjadi reseller di Shopee 2019 tips menjadi reseller di Shopee

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar