Contoh Bisnis Kuliner Paling Sukses di Indonesia dan Dunia

Bisnis kuliner adalah salah satu peluang usaha yang berprospek cerah. Besarnya pangsa pasar dan jumlah konsumen yang terus meningkat membuat beberap orang serius menggeluti bisnis ini. Dari sekian banyak pelaku bisnis kuliner di Indonesia telah ada beberapa orang yang dianggap sukses. Berikut adalah daftar contoh bisnis kuliner paling sukses di Indonesia. Saking suksesnya, beberapa diantaranya sudah mendunia.

Es Teler 77

Es Teler 77

Es Teler 77

Sebenarnya, es teler merupakan salah satu kuliner yang telah lama populer dan disukai masyarakat. Akan tetapi, di tangan Ibu Munriati yang dibantu oleh suaminya beserta anak dan menantunya, es teler justru semakin digemari. Usaha berkonsep kedai yang dimulai pada tahun 1987 kemudian diberi nama Es Teler 77. Setelah berjalan beberapa tahun dan telah dirasa sukses, Ibu Munriati mencoba mengembangkan usahanya dengan konsep waralaba.

Tanpa disangka, keputusan yang diambil oleh dirinya ini justru membuat cabang Es Teler 77 tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Setelah populer di dalam negeri, Ibu Munriati mencoba peruntungan untuk memperkenalkan bisnis es telernya ke mancanegara. Hasilnya, usaha Es Teller 77 mendapatkan respon yang positif di beberapa negara seperti India, Australia, Malaysia dan juga Singapura.

Roti Unyil

Kuliner khas Bogor yang satu ini juga termasuk ke dalam kategori bisnis sukses dan disukai banyak orang. Roti yang unik dan menarik ini merupakan bisnis kuliner yang dirintis oleh kakak beradik yaitu Hendra Saputra Hawidjaja dan Herliyanti Hawidjaja.

Roti Unyil

Roti Unyil

Roti Unyil atau juga dikenal dengan nama Roti Venus ini didirikan pada tahun 1992. Sampai sekarang keberadaan Roti Unyil selalu menjadi buruan sebagai oleh-oleh khas Bogor. Bagi Anda yang ingin merasakan kelezatannya bisa mengunjugi tokonya di Ruko V Point Jalan Padjajaran kota Bogor.

Justmine

justmine pisang ijo

justmine pisang ijo

Justmine merupakan sajian kuliner pisang ijo khas Makassar. Justmine memang bukan merupakan bisnis kuliner pisang ijo yang pertama. Akan tetapi, bisnis yang dirintis oleh Riezka Rahmatiana ini menghadirkan varian menu beragam. Melalui kerja kerasnya, wanita kelahiran 26 Maret 1986 ini telah mampu menjual sekitar 500 porsi pisang ijo hanya dari satu outlet saja. Kini, bisnis yang merupakan plesetan dari nama bunga Jasmine ini telah dikembangkan oleh Riezka dengan konsep waralaba.

Keripik Maicih

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Keripik Maicih. Ya, keripik yang terkenal dengan level kepedasannya ini merupakan contoh bisnis kuliner paling sukses di Indonesia. Keripik hasil ide kreatif Reza Nurhilman ini memang sangat unik dan menarik. Aspek unik dan menarik dari Keripik Maicih terletak pada level rasa pedas yang berbeda.

Keripik Maicih

Keripik Maicih

Selain itu, lokasi pemasaran produk yang selalu berpindah-pindah juga membuat banyak konsumen menyukainya. Kini, dengan produk kuliner keripik yang terinspirasi dari sang nenek ini, Reza telah mampu meraup omzet hingga miliaran rupiah per bulannya.

Lele Lela

Bisnis kuliner yang sukses berikutnya adalah Lele Lela milik Rangga Umara. Kesuksesan bisnis ini tidak hanya di pasar dalam negeri tetapi juga mancanegara. Pada awalnya, ide bisnis ini memang terinspirasi dari usaha pecel lele kaki lima. Namun, sang pemilik yaitu Rangga menginginkan sebuah usaha warung pecel lele yang lebih berkelas dan modern.

Lele Lela

Akhirnya, dengan perjuangan keras dan pantang menyerah, Rangga berhasil menjadikan Lele Lela sebagai kuliner yang digemari banyak orang. Sampai sekarang, bisnis yang dirintis sejak 2006 lalu ini telah mempunyai 50 outlet di beberapa kota besar Indonesia. Tak hanya itu, usaha Lele Lela juga melakukan ekspansi dengan membuka cabang di Malaysia dan Singapura. Kini, setelah bisnisnya sukses sang pemilik diperkirakan bisa meraih omzet hingga miliaran rupiah per bulannya.

Teh Kempot

Sekilas dilihat dari namanya yang unik dan menarik, produk ini memang sudah cukup menjual. Teh Kempot merupakan brand minuman yang dirintis oleh Victor Giovan. Teh ini memiliki komposisi berupa susu, cincau, buah dan juga sinom. Dari kombinasi bahan ini terciptalah teh yogurt yang ternyata disukai oleh banyak orang.

Teh Kempot

Teh Kempot

Sekarang, Gio telah memiliki 11 outlet yang dikelola secara mandiri. Selain itu, ada juga 17 outlet Teh Kempot yang dikelola dengan sistem waralaba. Dengan outlet sebanyak itu, tidak mengherankan apabila pemuda yang merintis usahanya sejak SMA mampu menghasilkan omzet puluhan juta per bulannya.

Berbisnis di bidang kuliner ialah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana tidak? Jangkauan pasar dari usaha ini cukup besar dan luas karena semakin hari jumlah konsumen juga terus bertambah. Akan tetapi, perlu dipertimbangkan juga bahwa pelaku bisnis kuliner juga tidak sedikit.

Dengan demikian, Anda harus membuat spesifikasi sajian kuliner yang ingin dijual kepada konsumen. Tanpa adanya karakteristik tertentu, maka bisnis Anda akan berpotensi cepat gulung tikar. Apabila bingung, beberapa contoh bisnis kuliner paling sukses di Indonesia tersebut mungkin bisa menjadi referensi Anda.

 

Загрузка...

Tags: contoh bisnis kuliner paling sukses di Indonesia contoh bisnis kuliner paling sukses di Indonesia 2019

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar