7 Cara Menjadi Reseller di Bukalapak 2019

Cara menjadi reseller di Bukalapak – Bukalapak menjadi perusahaan startup Unicorn yang menjadi kebanggaan Indonesia pasalnya tidak sema perusahaan startup bisa menyabet gelar Unicorn tersebut. Bukalapak ini pun memiliki beragam program yang menarik seperti Mitra Bukalapak sehingga warung kelontong kecil bisa bekerja sama dengan Bukalapak terutama dalam hal pembelian barang kebutuhan warung kelontongnya. Selain membuka mitra Bukalapak, Anda yang melirik bisnis pun bisa menjadi reseller yang mana menjual berbagai macam yang dijual di Bukalapak. Reseller ini menjadi bisnis yang menguntungkan karena bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga atau karyawan karena mudah dan tidak harus stok barang. Bagi Anda yang ingin menjadi reseller di Bukalapak, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Membuat Akun

Cara menjadi reseller di Bukalapak pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat akun di Bukalapak terlebih dahulu. Pendaftaran akun ini bisa dengan melalui aplikasi atau melalui website karena tersedia dalam dua platform sehingga sangat fleksibel. Untuk melakukan pendaftaran berbasis website Anda bisa mengakses link ini. Anda juga harus memiliki akun promosi untuk berjualan di Bukalapak seperti Facebook, Google+, Messenger atau bisa juga melalui situs atau toko online khusus.

Menentukan Target Produk

Cara selanjutnya adalah dengan menentukan target produk. Anda harus login ke akun Bukalapak terlebih dahulu kemudian bisa menentukan produk yang akan Anda jual. Hal yang harus Anda ingat di sini adalah jangan fokus pada banyak segmen terlebih dahulu tapi fokuslah pada segmen produk yang Anda yakini bisa dijual dengan baik.

Menentukan Seller

Seller Bukalapak

Seller Bukalapak

Cara menjadi reseller di Bukalapak yang bisa dilakukan adalah Anda harus menentukan supplier yang menjadi penyedia produk yang Anda butuhkan. Diharapkan Anda menentukan seller atau penyedia produk yang terpercaya dimana memiliki reputasi bagus.  Anda bisa melihat apakah seller tersebut aktif membuka akun Bukalapaknya atau tidak caranya dengan melihat last login, cek pula stock atau ketersediaan barang yang dimiliki oleh toko atau seller tersebut.

Menghubungi Penyedia Produk

Bisnis Dropship

Bisnis Dropship

Langkah ini sangat penting karena Anda harus meminta persetujuan dari seller untuk bisa menjalankan sistem dropship ini. Dengan dropship itu tandanya Anda akan menjual barang-barang yang dijual oleh seller ini atas nama Anda sendiri.  Usahakan pihak yang akan dijadikan sebagai supplier ini aktif dalam menjawab pesan sehingga komunikasi bisa berjalan dengan lancar. Jika tidak bisa berkomunikasi dengan lancar tentunya hal ini akan menjadi kendala tersendiri bagi Anda karena suplai barang juga tidak akan berjalan dengan lancar.

Iklan Produk

Setelah Anda mendapatkan persetujuan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengiklankan produk. Anda bisa menjual barang tersebut di lapak Anda atau melalui sosial media yang Anda miliki. Mulailah untuk mengambil foto berbagai macam produk yang akan dijual kemudian kuasai spesifikasi serta review produk tersebut. Buatlah iklan dengan lebih detail supaya pembeli tidak bingung dengan produk Anda. Pastikan pula seller yang dijadikan sebagai supplier tersebut memiliki barang dengan kualitas yang bagus karena Anda akan menjual barang atau produknya tanpa harus melihat dan menyentuhnya terlebih dahulu.

Konfirmasi Transaksi

Point konfirmasi transaksi ini sangat penting karena jika langkah ini salah tidak menutup kemungkinan buyer atau pembeli mengetahui jika Anda memberlakukan sistem dropship. Tentunya agar tidak mengurangi reputasi toko Anda buatlah konfirmasi kepada seller atau penjual untuk mengirimkan paket yang dibeli konsumen atas nama toko online Anda dan juga kontak Anda. Jika supplier lalai maka fatal akibatnya karena bisa saja menggunakan nama atas nama toko online supplier itu sendiri.

Menentukan Harga Jual

Banyak reseller yang bingung untuk menentukan harga jual. Memang menentukan harga jual ini sangat penting karena kemahalan sedikit saja akan membuat pembeli mencari barang di toko lain yang lebih murah. Terlebih lagi Anda merupakan penjual tangan kedua yang mana mendapatkan harga tidak dari produsennya secara langsung.  Selama ini banyak reseller yang menjual harga dengan harga beli ditambahkan dengan harga menurutnya sendiri sehingga terjadilah harga jual. Padahal dengan menentukan harga tersebut sangat rawan untuk terkena kerugian dan ketidakstabilan harga.

jual product bukalapak

jual product bukalapak

Untuk bisa menentukan harga jual Anda harus melihat harga kompetitor terlebih dahulu jangan sampai harga jual yang diberlakukan ini melebihi dari harga kompetitor yang mengakibatkan konsumen tidak mau membeli. Untuk menentukan harga jual ini Anda bisa menghitung biaya operasional dalam sebulan terlebih dahulu, misalnya setiap hari ada penjualan maka Anda bisa membaginya dengan 30. Misal biaya operasional dalam sebulan adalah 90 ribu rupiah maka dalam sehari 3 ribu rupiah. Untuk reseller pemula agar tidak mengalami kebangkrutan margin yang diberlakukan sebesar 20% sehingga jika harga dari supplier 100 ribu marginnya 20 ribu sehingga harga jual per barangnya sebesar 100 ribu + 20 ribu + 3 ribu = 123 ribu untuk satu barang.  Dengan memberlakukan harga jual seperti itu Anda tidak akan mengalami kerugian.

Demikianlah beberapa cara menjadi reseller di Bukalapak yang bisa Anda coba, semoga informasi ini bermanfaat.

Загрузка...

Tags: Cara menjadi reseller di Bukalapak tips menjadi reseller di Bukalapak

author
Penulis: 
    Senang menulis dan sangat tertarik dengan isu-isu seputar dunia investasi, dunia bisnis, dan dunia asuransi.

    Berikan komentar